Reza101Avatar border
TS
Reza101
TIPS NEGOSIASI DAN MENGHITUNG GAJI


Selamat siang gan, ane mau sedikit share tentang tips negosiasi gaji sekaligus melengkapi postingan dengan topik yang sama disini.

Setelah melewati rangkaian proses rekrutmen terutama menjelang final interview, kita sudah harus siap untuk memberikan informasi berapa gaji yang diinginkan. Untuk fresh grad atau entry level terutama untuk posisi-posisi trainee (ODP, MT, PCPM, MDP, IG, PPS, GMAP, dll) mungkin proses ini lebih mudah karena perusahaan biasanya sudah punya standar baku dimana semua calon karyawan (yang direkrut dalam jumlah besar) akan diberikan gaji yang relatif sama. Untuk yang sudah punya pengalaman, antara lain 1-3 tahun, apalagi untuk posisi yang sama, proses negosiasi gaji ini penting karena disamping menetapkan jumlah uang yang akan dibayarkan oleh perusahaan, juga bisa jadi dasar perusahaan dalam memberikan grade/levelering (apakah manager, senior manager, AVP, VP, dst) dan tunjangan lainnya (kesehatan, pendidikan, pinjaman rumah, dsb). Berikut sedikit share dari ane gan:

1. Benchmarking Gaji
Cari informasi mengenai standar gaji perusahaan atau posisi yang agan lamar. Selain dari teman atau senior, agan bisa cari informasi tersebut melalui forum2 seperti Dunia Kerja di Kaskus atau salary survey misalnya dari Kelly Services atau Robert Walters.
Kalau ane pribadi lebih seneng informasi dari temen atau senior gan, buat yang freshgrad informasi dari kaskus juga ampuh. Kalau tidak ada informasi yang lebih baik, survey2 di atas bisa bermanfaat buat patokan.

2. Buat Standar Minimum
Perkirakan minimum gaji yang ingin agan dapatkan dari pekerjaan. Hitung2nya bisa dari informasi yang kita kumpulkan atau berapa uang yang kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan, membeli investasi, asuransi, dsb. Tapi ingat jangan sampaikan pertimbangan ini ke pewawancara, cukup simpan di kepala kita: "pak saya minta gaji 1,5 juta soalnya 500rb untuk mana, 500rb untuk ongkos, dan 500rb untuk tabungan" emoticon-Bingung (S)
Adanya standar minimum ini bermanfaat agar agan tidak langsung menolak begitu diberikan gaji di bawah standar, karena bisa saja pewawancara memberikan tawaran berikut yang lebih baik.

3. Tawarkan Performance Based Pay
Kalau perusahaan menyatakan tidak sanggup memberikan gaji sesuai permintaan agan saat pewawancara bilang "hanya ini yang dapat kami tawarkan saat ini", untuk posisi tertentu apalagi marketing, agan bisa menego dan bilang bahwa kita terbuka untuk performance based bonus. Usahakan nego ini sudah disepakati sejak kontrak awal agar tidak ada dispute kedepannya. Oh ya, ini juga terbuka untuk grade, misalkan agan direkrut sebagai manager, agan bisa nego untuk menetapkan sejumlah syarat dimana pada saat performance agan bagus perusahaan akan menaikkan grade (otomatis gaji juga) agan misalnya jadi senior manager atau AVP.

4. Jangan Terpaku Sama Uang
Selain uang, ada beberapa fasilitas yang bisa menjadi penambah gaji, misalkan tunjangan kesehatan (sekarang sehari masuk RS aja bisa 1-2 juta loh gan), tunjangan pendidikan (beasiswa s2 bisa bernilai 100-300 juta), pinjaman rumah dengan bunga rendah (hitung saja bunga bank dikurangi bunga yang ditawarkan perusahaan dikali harga rumah berapa emoticon-Smilie ), dsb.

Sekian sedikit share dari ane gan, mohon cendolnya kalau berkenan biar ane makin semangat nambahin thread nya emoticon-Smilie
emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

Bersambung: 5 Tips & cara mengkonversi gaji antar perusahaan emoticon-Smilie
0
49.7K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan