bismialifAvatar border
TS
bismialif
[tasawuff] Pakaian SUNAN KALIJOGO YAITU ONTOKUSUMO


Pakaian Sunan Kalijogo

Sunan Kalijogo itu mempunyai pakaian yang namanya Klambi ontokusumo, dan sekarang pakaian itu disimpan di makamnya Sunan Kalijogo di kadilangu ( DEMAK ) . Dan setiap bulan besar ( dzulhijah ) klambi ontokusumo ittu dikarak atau dikirab dari Kadilangu menuju Masjid Demak , dan pada waktu itu rausan bahkan ribuan orang akan berdatangan untuk mencari barokah sebab klambi ontokusumo akan dicuci.

menurut ceritera untuk mencuci baju Ontokusumo itu hanya diraba-raba saja kemudian minyaknya akan jadi rebutan masyarakat setempat .

Siapa KALIJOGO itu .

Ketika jaman brawijaya terakhir , ada seorang yg bernama Raden Sahur atau Muhammad Sahur itu silsilahnya keatas sampai pada shohabat Nabi Ibnu Abbas . dan raden Sahur ini diangkat oleh Brawijaya dijadikan Bupati didaerah Wilotikno yakni daerah Tuban

dan Bupati inilah mempunyai anak laki2laki yg bernama LUKOJOYO , seorang perampok, penjudi , mbegal, dan bergelimang dengan kegelapan, tidak ada seorang pun yang mampu untuk mengatasi kenakalan LUKOJOYO, bahkan dia menghimpun perampok2 yg ada dan mengankat dirinya sbagai pemimpin.

Sehingga pemerintah waktu itu merasa gelisah atas tindakan LUKOJOYO, sampai kenakalan nya didengar oleh Sayyid Ibrohim Makhdum ( SUNAN Bonang ) bin Sayyid ALi rahmatullah ( SUNAN Ampel ), dengan kemapuan Sunan Bonang yg mengguasai ilmu bashiroh maka Sunan Bonang berusaha menaklukan si LUKOJOYO.

sehingga dengan kemampuan sunan Bonang dengan menaklukan lukojoyo dengan kesukaan lukojoyo yaitu materi yg berupa emas , maka nyamar si Sunan dengan serbannya di beri butiran emas sehingga lukojoyo tertarik untuk merampoknya.

Singkat ceritera ketika sunan Bonang di rampok oleh LUKOJOYO, maka lukojoyo ditunjuukan oleh Sunan Bonang bahwa pohon ental yg ada dibelakang itu menjadi EMAS , maka pohon itu berubah menjadi emas dan buahnya bergelantungan jadi emas, saat itu lukojoyo lari kepohon tersebut dan digoyang2 pohon tersebut maka buah pohon ental jatuh semua ketanah, saat itu LUKOJOYO baru ingat akan orang tua tadi yg mampu merubah











bersambung .....................
Diubah oleh bismialif 13-06-2013 14:05
1
70K
290
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan