AlpanSlankissmeAvatar border
TS
AlpanSlankissme
Susahnya Mendapatkan Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran
Selamat Pagi Kaskuser!

Setelah sekian lama ane jadi seorang 'silent reader', Akhirnya ane mendapat hidayah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak .. Ane gatel banget gan, pengen ngebahas sekaligus nge'share pengalaman ane soal susahnya ngedapetin Tiket Kereta Api buat Lebaran. Dramatis gan ceritanya, silahkan disimak!

Sebelumnya Ane mau ngasih tau ke agan2 sekalian, Ane udah dari dulu menjadi Pelanggan setia Kereta Api, bisa dibilang Pencinta Kereta Api 'GARIS KERAS' lah emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Dari ane masih kecil, ane udah dibiasain sama orangtua buat naik kereta api, katanya kalau naik kereta api itu lebih aman, nyaman, cepat, dan murah dibanding yg lain. dan sampai sekarang jadi kebiasaan dah, kalau mudik yaa lebih afdol naik kereta api. Pokoknya buat ane, Mudik itu yaa, naik kereta api. kalau naik moda transportasi lain (Pesawat, Mobil, Motor, dll) berasa kaya bukan mudik gan, tapi jalan-jalan (rekreasi). Ahh Apa ini cuma sugesti ane aja gan? emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Oke ane mulai Ceritanya gan...
Ane sama saudara sepupu ane (Selanjutnya ane panggil Si Joo) . Berniat mau Pulang kampung bareng. Dan Menurut Berita yg ane dapet, kalau untuk pemesanan tiket kereta api itu bisa dipesan dari jauh2 hari (H-90) dan bisa melalui sistem online Melalui Website Remi PT. KAI, Mitra Resmi dan Agen-agen Lainnya, Lengkapnya ada di Pict Ini gan,.
Hampir sama kaya tahun lalu sih gan, tapi tahun ini lebih banyak lagi Mitra Resmi PT. KAI-nya gan.
Nah.. niatnya ane mau berangkat tgl 25/26 Juli 2014. Sebelum memesan tiket, Siangnya Ane udah siapin Pulsa yg banyak buat Pesan tiket via nelpon ke CS PT.KAI, Juga Buat mengakses internet melalui website PT. KAI, dan Mitra resminya, Macam Tiket.com. Kemudian ane juga udah download Aplikasi Paditrain buat jaga2 kalau nanti pas nelpon CS PT. KAI Sibuk dan Meng'akses ke websitenya juga Lemot. jadi bisa pake alternatif Aplikasi ini. Lalu, Gak itu aja gan, Ane udah siapin motor taruh diluar, cadangan terakhir, kalau lewat telpon, website, dan Aplikasi Paditrain Gak bisa juga, Ane siap Ngacir Ke Mini market (indomaret/Alfamart,Sevel, dll) emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2

Jadi Ane Punya 4 Cara buat ngedapetin Tiket Kereta Gan, Tapi 4 Cara ini Masih lebih sedikit sih, dibanding cara buat ngedapetin hati sang Gebetan emoticon-Hammer2
1. via Telpon, 2. via Website, 3. via Aplikasi, 4. via Minimarket.
.... Lalu hari itu pun tiba, Ane & Joo PEDE BANGET bisa dapet tiket kereta Buat tgl 25 juli. emoticon-Cool dan Ane & Joo juga udah siapin Peralatan 'Perang' masing2 buat ngedapetin tiket kereta. Karna harus dipesan tepat pada pukul 00:00 (pas pergantian hari) Maka ane siapin Cemilan dan sejenisnya biar gak ngantuk.
Jam 23:55 Ane & Joo udah mulai coba pake cara ke-1 (Pake Hape Masing2), Ternyata UDAH MULAI SIBUK!!!!! Trus Jam 00:01 Ane & Joo pake cara ke-2 & ke-3, dan Hasilnya JARINGAN LEMOT, GAGAL TERUS. Kemudian selanjutnya ane ulangin cara ke-1,2,3 berkali-kali, tapi tetep Nihil hasil. Berkali-kali ane coba, tapi tetep sama. Ane dan Joo Mulai Kesal dan Was-was takut tiket keburu Habis sama yg lain. Boro-boro buat ngemil, ane kebelet pipis aja, ane tahan. emoticon-Cape d... (S) .
Jam 01:00 Ane dan Joo coba pake cara terakhir (Cara ke-4).
Sesampainya di TKP (Minimarket), ane to the point langsung sama kasirnya, dan si kasir menjawab: "Gak bisa mas, dari tadi juga banyak org pada mau beli tiket kereta, tapi kita gak bisa masuk ke servernya PT. KAI". Lalu ane coba nyari Mini Market yg lain, dan jawaban mereka tetap sama, mereka bilang Gak bisa masuk ke Server-nya PT. KAI. Ane udh coba keluar masuk di lebih dari 10 Mini Market, tapi tetep Gak dapet. emoticon-Cape deeehh
Akhirnya ane & Joo memutuskan buat balik kerumah dan kembali mencoba Pake Cara ke-1 s/d ke-3. Terus ane coba iseng2 liat akun twitter PT. KAI (@KAI121). Ane Pengen tau, apa cuma ane aja yg susah masuk ke website PT. KAI dan Mitra-nya. TERNYATA GAN, dari mentionan yg masuk ke Akunnya PT. KAI, kira2 98% mereka mengeluh karna gak bisa di akses websitenya PT. KAI dan Mitra-nya. Walaupun ada beberapa mention yg masuk, kalau mereka akhirnya bisa dapet tiket kereta, itupun dengan usaha yg sangat ekstra. Lah terus ane gimana? Apa ane kurang Ekstra Usahanya????? Oh Lucky You!
Dan........ Jam 03:00 ane akhirnya bisa masuk ke website PT. KAI, dan Betapa terkejutnya ane & Joo, Melihat ketersediaan kursi kereta yg menuju ke Kampung Ane (Kutoarjo) dari mulai Kereta Harga Promo, Kelas Ekonomi, Kelas Bisnis dan Eksekutif semua menunjukkan Angka 0,0,0 dan 0. emoticon-Mewekemoticon-Mewek
yg ane rasain saat itu gan, Sedih dan Bingung. Bingungnya, Yaa bagaimana bisa itu tiket bisa ludes. jangankan buat isi biodata, buat masuk ke website dan mitra resminya aja kita susah gan, itu dari apa yg ane liat di mentionan yg masuk ke Akun PT. KAI gan. mereka banyak yg bilang susah masuk. Tapi Kenapa Pas bisa masuk tiketnya udah Ludes semua. Logika-nya gini gan, kita buat masuk aja banyak yg gak bisa, terus kenapa itu tiket bisa habis, lah lari kemana tuh Tiket????? Ane mencoba positive thinking sama PT. KAI gan, Tapi yaa Rasanya susah buat Gak Souzon sama Mereka.
Jam 06:00 Ane & Joo Memutuskan buat tidur dan Mencobanya Lagi Besok Malem Buat Keberangkatan tgl 26 Juli...

Kemudian Malemnya Jam 23:00 ane dan Joo udah siap2 lagi. Tapi Mlm ini ane & Joo udah gak se-antusias malem sebelumnya. Yaa gitu lahh gan..
Jam 00:00 Ane & Joo Mulai beraksi lagi,..
Dan kejadiannya masih sama seperti malam sebelumnya...... emoticon-No Hope emoticon-No Hope
Singkat Cerita Jam 06:00 Ane & si Joo memutuskan buat tidur dan Menunggu Kabar berikutnya dari PT. KAI mengenai Kapan Kereta Tambahan bisa mulai dipesan. Harapan buat pulang kampung lebaran tahun ini naik kereta cuma 1 gan, Yaa dari kereta tambahan ini..

> Skip....

H-2 Tiket Kereta tambahan mulai bisa dipesan. Ane Mulai Coba Browsing2 cari tau, pakai cara baru Apalagi buat ngedapetin Tiket Kereta ini gan. Akhirnya ane dapet, *Cling* Lewat Agen Tiket... Kemudian Ane telpon tuh agen (ada 10 agen). dan Ane dapet 1 Agen yg bisa dipercaya, Namanya Agen Juki (Nama Samaran), Tapi tetep aja, Mereka juga gak bisa ngejamin kalau ane bisa dapet tiket dari mereka. Ahh Tak apalah yg penting Ane dpt 1 Cara tambahan. Jadi Kali ini Ane mau pake cara yg kemarin dan ditambah 1 Cara baru ini gan, Total jadi ada 5 Cara.

Hari H buat pemesanan tiket tambahan pun tiba (tgl 15 mei, dinihari), Kali ini entah kenapa Ane Bersemangat lagi gan buat dapetin tiket kereta tambahan ini. yg buat ane semangan adalah: 1. PT KAI ngejual tiketnya bersamaan di 1 hari itu (tgl 15 mei), buat keberangkatan H-7 s/d H+7 Lebaran, beda sama penjualan tiket yg pertama, yaitu buat keberangkatan 1 hari saja yg di buka, kemudian 1 Hari berikutnya bisa dipesan keesokan harinya (Karna Aturan H-90). So peluang buat dapet tiket tambahan ini lebih besar, karna tidak terfokus pada 1 tgl keberangkatan saja. terus yg ke-2. Otomatis Jumlah Calon Pemburu tiket lebih sedikit (harusnya), karna kan mereka sebagian besar sudah dapat tiket di pemesanan yg pertama.

Jam 22:00 Ane berangkat dari rumah menuju Agen, Jam 22:20 Ane sampe disamping gerbang agen. sebelum masuk, Ane & Joo terlibat percakapan sedikit. Kira2 gini isi percakapannya:
Ane: "Gimana nih, Kita masuk terus Daftarin Nama kita? Tapi kan kita juga gak dijamin dapet tiket dari meraka? Masa kita harus menyerahkan nasib kita ditangan mereka"
Joo: "Iya bener juga, gimana kalau kita daftarin nama kita tapi kita tetap usaha sendiri via Online"
Ane: "Lah terus gimana kalau kita dapet tiket dari agen, tapi kita juga dapet dari usaha kita sendiri (Via online, dll)"
Joo: "Lah gpp, ini namanya Perjudian, kalau kita dapet 2 tiket, tinggal kita batalin aja salah satunya, Gpp Rugi Duit angus karna kita batalin. Daripada gak dapet tiket samasekali"
Ane: "Aha.. Ide yg Brilian, Ayo Kita Masuk"
Dan Ternyata Gan Pas ane mau masuk.... Kantor Agen itu TUTUP. emoticon-Cape deeehh *sia-sia ide yg brilian tadi*
yg ada hanya security, dan si security itu bilang, kalau mau daftarin nama buat tiket kereta, paling lambat tadi, jam 21:00. Uhh.,. Gagal Cara yg ke-5 ini. Balik lagi keempat cara sebelumnya.

Jam 23:00 Ane ke salah satu mini market gak jauh dari tempat agen itu. FYI aja gan, Jadi sejarahnya di mini market inilah tahun lalu ane ngedapetin tiket kereta mudik lebaran, kereta tambahan pula sama kaya tahun ini yg mau ane dapetin. Dan ane berharap semoga ini menjadi sebuah De Javu buat ane. Yapp Bisa dapet tiket di tempat yg sama seperti tahun lalu.

Jam 23:30 Ane masuk ke minimarket itu, trus ane tanya ke kasirnya. "Mas ini nanti jam 00:00 bisa pesan tiket kereta kan?" "iya, nanti dicoba ya mas" Jawabnya. "Maksudnya dicoba apa mas?" *Ane Penasaran* "Iya, dicoba aja, soalnya dari kemaren banyak org yg mau mesan tapi gak bisa2, karna server PT. KAI gak bisa di akses" " Yaa, Mudah2an malem ini bisa yaa mas" Ane mencoba meyakinkan mas kasirnya.

Jam 00:01 mas kasir mulai meng'akses PT. KAI dan Jreeeeeng.... TETAP GAGAL! Ane pun gak tinggal diam, dgn hape yg sudah ane full_in baterainya, ane langsung mencoba buat mengulangi Cara Ke-1 s/d Ke-3 (Cara ke-4 Kan emang udah disini). Tapi tetap Nihil Hasil.
Semangat ane pun mulai luntur lagi gan, bayang2 Kegagalan saat Pemesanan Tiket kereta api Part 1 Mulai menghantui.. emoticon-Matabelo
Kemudian datang bapak2 dgn niat yg sama kaya ane. Akhirnya ane mengobrol sama dia, tapi tetap dgn jari memegang hape dan dia pun sama. dia bilang, katanya dia sudah dapet tiket tapi buat arus baliknya aja, sedangkan buat mudik belum. lah ane mau ketawa gan ngedengarnya *speechless* .. Gak lama ada bapak lain yg datang (masih dgn niat yg sama). bapak itu mendengar obrolan kami berdua, dan akhirnya bapak itu ikut ngobrol bersama kami. Nah,. bpk ini lain lagi kasusnya gan, jadi dia udh berhasil booking tiket, tapi gagal di pembayaran. akhirnya pemesanan tiket bapak itu kadaluarsa, karna sudah 1 jam tidak dibayarkan sejak dia selesai membooking. Ane gak bertanya, apa bpk itu tidak mengerti cara membayarnya atau karna memang akses untuk membayar sama susahnya seperti akses ketika kita membooking tiket. tp yg jelas sangat disayangkan sekali, karna proses pembayaran adalah proses terakhir.
10 menit kemudian datang lagi bapak2 kali ini dgn anaknya, dgn tujuan yg sama dgn kami pastinya. Lah,. Kasus bpk ini terbalik sama kasus pada bpk yg pertama,. kalau bpk yg pertama udh dpt tiket buat arus balik, tapi arus mudiknya belum, nah bpk ini udah dpt tiket buat mudik, tapi belum dapet tiket untuk arus baliknya. dan lucunya lagi kebetulan pula tujuan dan waktu keberangkatan mereka pun sama. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak Lumayan lah gan, buat jadi bahan ketawa di suasana yg lagi genting ini. akhirnya salah satu bpk itu bilang (pake bahasa jawa yg udh ane translate ke bhs indo), "yaudah sini tiketmu saya bayarin", "halah.. tiketmu aja sini aku bayarin, dgn harga dobel juga aku mau" . Terus Ane bilang aja, "Gak bisa pak, ini tiket kan harus sesuai (KTP) dgn data pemudiknya".. "Iya saya tahu, org saya cuma bercanda" sahut bpk yg satunya. kemudian bpk itu ketawa bersama. Padahal gan, yg ane liat tadi mereka gak ada tampang bercanda2nya samasekali waktu mau minta bayarin tiket satu sama lain. emoticon-Hammer2
Jam 03:00 Masih sama seperti 3 jam sebelumnya. Kemudian masih ada yg datang Ke minimarket tsb buat membeli tiket dan ada juga yg sudah menyerah Pulang. Ane, Joo & 3 Bpk tadi masih bertahan.
Jam 03:30 Ane, Joo & 3 bpk itu memutuskan untuk bubar pulang ke rumah masing2. Bukan, Bukan karna menyerah, tp karna baterai hape kami semua mulai ngedrop. emoticon-Ngakak Kami masih berusaha & tidak mau meyerah sampai benar2 melihat dgn mata kepala kami sendiri kalau ketersediaan kursi itu memang sudah habis, tp usahanya dirumah masing2 sambil mencharger hape tentunya.
Jam 04:00 Ane sampe Rumah, betapa terkejutnya ane gan melihat gang rumah ane yg seperti 'Kota Mati', Oh SH*T Ternyata Mati Listrik. Baterai ane tinggal 8% dan si Joo hape-nya malah udah mati dari tadi. Ah.. udahlah gak ada harapan lagi ini *dalam hati ane*. sebelum masuk rumah ane & si Joo memutuskan buat makan mie di warkop yg jaraknya 10m dari rumah.
Jam 04:30 Ane & Joo Selesai Makan dan Langsung bergegas Pulang.

[ Jam 04:40 ] INI DIA GAN KLIMAKS-NYA DAN YANG TADI ANE BILANG DRAMATIS! *Capslock Keinjek*

Joo langsung masuk kamar. Ane iseng mencoba lagi Buat Meng'akses Website PT. KAI dan Mitra Resminya, Tp dgn semangat yg sudar Pudar & Hati yg mencoba untuk Legowo karna gak bisa dapet tiket mudik lebaran. Niat ane sih cuma mau ngabisin batre hape ane aja yg saat itu tinggal 5%, Oiya listrik masih mati ya gan..
Dan... Seperti Keajaiban!!!!! Datang disaat yg tidak lagi diharapkan & diwaktu yg kurang Tepat. Ane Berhasil Masuk ke Tiket.com Dgn Lancar, Ane langsung mengisi data-data dan kemudian 'Click Ok'. Waw berhasil, Ane langsung loncat kegirangan. dan sekarang tinggal proses pembayaran melalui ATM (Diberi Waktu 1 Jam Untuk Pembayaran).. Kemudian ane langsung mendapat kiriman melalui Email, berisikan nomor rekening untuk pembayaran, dan kode2 booking lainnya. Ane langsung panggil si Joo Yg udah tertidur, Baterai ane tinggal 3% saat itu. Ane & si Joo langsung lari menuju ATM yg jaraknya sekitar 200 meter dari rumah. Saat itu ane lari kenceng bgt gan, Usain Bolt kalah kali kalau di adu emoticon-Hammer2 Padahal kondisi jalan Gelap gulita. Mungkin ini yg dinamakan 'The Power Of Kepepet'. Tapi gan si Joo Larinya Ketinggalan Jauh, Pelan amat dia, padahal ane udah teriakin buat cepetan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak Kesian dia udah tidur.
Ane Lari Ke ATM BCA, Dan...... Jreeeeng ATM-nya Mati *tepok jidat*
Lalu Ane Lari ke ATM Mandiri yg ada disebrang persis. Kemudian sesampainya di Bilik ATM, Ane Baru sadar ternyata Kartu Ane itu BCA, Nah si Joo yg punya ATM Mandiri. Sial ternyata si Joo Masih Disebrang jalan emoticon-Hammer2 !!
Terus Ane teriakin si Joo dari kejauhan "Woyyy Cepetan Hape gue udah mau mati nih". Sebenernya Ane rada kasian sma dia sih gan, Larinya aja agak sempoyongan emoticon-Ngakak
Kemudian ane buka hape ane, buat masukin ngeliat kode booking dan no rekening pembayaran, Sial saat itu batre tinggal 2%. Ane Langsung bergerak cepat. Tanpa Komando apapun, Ane langsung nyebutin Nomor, Joo yg Input, iyalah soalnya kan dia yg tau no pinnya. emoticon-Hammer2
Dan Berhasil.......
Kemudian ane langsung bergegas pesan tiket untuk arus baliknya, sama seperti memesan pada tiket buat arus mudik, kali ini servernya pun lancar jaya, gak ada lemot2 sedikitpun. Dan Yihiiiiii berhasil, sekarang tinggal pembayaran, dan batre pun berkurang 1%, Sekarang tinggal 1%.
Ane langsung mengulangi langkah seperti tadi. Dan.. Sial Percobaan Pertama gagal. padahal yg tadi langsung berhasil. Terus Ane Coba lagi,,, dan Gagal Membayar untuk yg kedua kalinya.

Kalo gagal terus, keburu mati nih hape, Akhirnya datang bisikan (entah darimana) ane ber'inisiatif buat mencatat kode & No rek pembayaran di tangan. Kebetulan saat itu si Joo Bawa Pulpen. Si Joo Hebat emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Alhamdulillah Ane pun selesai mencatat. Sekarang terserah dah tuh hape kalau mau mati. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Percobaan ketiga langsung berhasil. ane pun langsung teriak Lepas *Sambil Goyang itik* emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Kemudian Ane langsung Menuju Kerumah dgn kepala tegak & Hati Riang Gembira. Pas sampai kerumah, Ternyata rumah udah nyala listriknya emoticon-Hammer2 Ett dahh ngapa gak daritadi woiiiii.. Hahaha Gpp lah yg penting tiket udah ditangan. "Oh Ini baru Klimaks" TAMAT!

Gimana Gan, Capek gan Bacanya, Apalagi ane gan nulisnya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Monggo di share gan, kalau ada yg punya pengalaman serupa tetapi tak sama...

Hmmm.. Ane Baru liat lagi mentionan yg masuk ke Akun @KAI121 Gan, ternyata masih BANYAK aja yaa gan yg belum dapet.. Kalau ente liat Akun @KAI121 ngebalesin mention yg masuk. ente bakal susah ngitung berapa kali dia Bilang "Mohon Maaf". Ane salut Gan sama mereka. Mereka juga menjanjikan akan memperbaiki di kemudian hari agar pelayanan mereka bisa lebih baik kedepannya. Kita Doakan saja mereka. Amin!

Saran Ane buat PT.KAI:
Ane setuju bgt Sama terobosan/Kebijakan yg diambil PT. KAI soal nge'booking tiket bisa dilakukan via Online, Itu sangat memudahkan kita, Jadi Gak desak2an antri tiket di stasiun dan meminimalisir adanya praktek percaloan. Selain Itu Juga biar kita 'Melek Teknologi'. Tapi yaa tolong Diimbangi juga dgn server yg OKE. Server-nya dibagusin (Yang Paling Bagus lah Pokoknya) Biar kejadian susah meng'akses disaat bersamaan kaya gini itu gak bakal terjadi dikemudian hari.

Tapi Apapun itu, Terlepas dari apakah ane tahun ini bisa dapet tiket buat Mudik atau tidak.
Ane Tetap Menjadikan Kereta Api sebagai Moda Transportasi yg Paling Ane Sukai. BRAVO KERETA API INDONESIA!!

[PICT] Tambahan Gan, Ini salah satu alasan Kenapa menurut Ane naik Kereta Api itu Lebih Asik dan Gak ngebosenin dibanding Naik Moda Transportasi Lainnya.
Spoiler for View-nya Seger:


Spoiler for Stasiun Kutoajo:
Diubah oleh AlpanSlankissme 16-05-2014 09:39
0
10.2K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan