Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

boolgerAvatar border
TS
boolger
Stop Pembakaran Hutan, Jangan Usir Kami dari Rimba
Stop Pembakaran Hutan, Jangan Usir Kami dari Rimba

“Terusir dari Rimba” bercerita tentang Duma 19 tahun seorang gadis rimba yang berasal dari suku Boruru yaitu suku yang mendiami area hutan Sumatera yang hidup secara nomaden, harus berjuang untuk menepati janjinya supaya bisa mengabulkan keinginan sang ibu yang ingin melihatnya untuk segera menikah. Sebelumnya ia telah terlanjur terikat janji dihadapan bunga Torusa yang oleh suku tersebut dikeramatkan. Dan janjinya tersebut yaitu ia tidak akan menikah terlebih dulu sebelum ia menemukan kembali bunga tersebut dalam keadaan mekar sempurna dan membawanya ke hadapan Obiru (ketua adat suku Boruru). Namun pembukaan dan pembakaran hutan untuk lahan perkebunan kelapa sawit yang dilakukan orang-orang kota membuat bunga tersebut menjadi langka dan sulit ditemukan sementara itu dirinya harus berpacu dengan waktu untuk segera menikah sebelum usianya melewati angka 20 tahun supaya ia terhindar dari hukuman adat berupa pengusiran.

Selain masalah sulitnya menemukan bunga Torusa, ia juga dihadapkan dengan kegalauan cinta akibat munculnya laki-laki lain selain calon suaminya yang telah berhasil mencuri hatinya. Laki-laki tersebut bernama Anton. Kisah cinta Duma dan Anton semakin rumit dikarenakan terbentur masalah perbedaan Suku, Agama, Ras dan Golongan. Ia yang hanya seorang gadis rimba tidak mungkin bisa bersatu dengan Anton, anak dari seorang pengusaha perkebunan kelapa sawit yang kaya raya dan berasal dari kota yang juga telah dijodohkan dengan seorang perempuan pilihan ayahnya.

Kenapa Duma Diusir?
Bagaimana nasib suku Boruru setelah hutannya hancur lebur terbakar?
Sudikah keluarga Anton menerima Duma?
Apakah sang ibu bisa melihat Duma menikah?

Sebagai nilai tambah, pada beberapa bab terselip petuah-petuah bijak untuk semua orang baik itu anak-anak, remaja dan orang dewasa seperti (jangan pernah membangkang orang tua, pentingnya melestarikan lingkungan, jangan terlalu pilih-pilih jodoh dan jangan memaksakan kehendak kepada anak) sesuai cerita. Sehingga selain asyik membaca, pembaca juga mendapat tambahan ilmu tentang pelajaran hidup.


Naskah Novel "Terusir dari Rimba" saat ini masih diajukan ke salah satu penerbit. Mohon doannya supaya novel ini diterima penerbit dan bisa diterbitkan. Amin
0
1.2K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan