mebisoAvatar border
TS
mebiso
10 Alasan Kenapa Pebisnis Online Harus Membuka Toko di Dunia Nyata
Hai agan - agan, nih ada lagi artikel Mebiso yang menarik banget buat yang udah punya bisnis online emoticon-Big Grin


10 Alasan Kenapa Pebisnis Online Harus Membuka Toko di Dunia Nyata




Khusus bagi anda pebisnis online yang memulai bisnis di Internet, apakah anda sudah terpikir untuk membuka toko di dunia nyata? Atau justru anda berpikir, “buat apa?” Maka 10 alasan berikut mungkin bisa merubah pandangan anda tentang proses jualan online yang maksimal.

1. Kepercayaan
Toko yang berwujud di dunia nyata dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli anda. Mereka tahu bahwa toko anda bukan abal-abal dan tiba-tiba menghilang jika ada transaksi yang bermasalah. Dan akan lebih terpercaya lagi apabila toko anda dilengkapi nomor telepon area lokal.

2. Perluasan Market
Melalui toko di dunia nyata, berarti terbukanya jalur baru untuk pemasukan anda. Contohnya jika ada toko online yang membuka toko di dekat rumah anda, saya yakin anda tidak akan melakukan transaksi secara online lagi untuk kebutuhan yang sudah dijual di dekat rumah anda. Anda mungkin lebih memilih datang ke toko tersebut, pegang barang secara langsung, dan kembali ke rumah dengan membawa barang yang anda inginkan. Karena hal ini memang jauh lebih cepat daripada menunggu jasa pengiriman barang.

3. Memudahkan Pelayanan
cukup dengan datang ke toko anda, pelanggan akan sangat mudah melakukan retur barang, klaim garansi, minta panduan produk, dan lain-lain. Mereka tidak perlu menunggu beberapa hari untuk diproses. Pelayanan after sales anda jadi yang terbaik di mata pelanggan. Meski toko online melakukan hal serupa, apakah bisa mengalahkan kecepatan dan kemudahan pelayanan di toko offline?

4. Sebagai Media Iklan
Apabila toko offline anda berada di pinggir jalan, secara tidak langsung anda sudah memperkenalkan produk anda ke pengguna jalan. Metode iklan dengan cara seperti ini jauh lebih murah dibandingkan dengan memasang baliho di pinggir jalan raya (mahalnya sampai ratusan juta).

5. Lebih Menarik Pengunjung
Dari beberapa sisi, toko offline bisa jadi lebih menarik. Misalnya anda seorang wanita yang gemar berbelanja baju, anda masuk ke sebuah butik atau toko baju, anda bisa memilih baju sesuai selera, dan mencobanya di ruang ganti meskipun anda tidak membelinya. Atau anda seorang pria yang menggilai perkembangan teknologi, anda masuk ke toko elektronik, melihat display elektronik secara langsung, ada bisa mencoba produk tersebut, langsung memilih dan membeli, dan jika ada yang cacat, toko tersebut akan langsung menukarnya dengan barang yang sama dari gudangnya. Apakah ini bisa dilakukan jika anda mengunjungi toko online?

6. Menarik Investor
Sebuah toko yang terpercaya biasanya selalu didatangi oleh investor atau diajak kerjasama oleh pihak lain. Toko offline yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan pihak lain karena toko anda terlihat selalu ramai dikunjungi. Pihak investor bisa melakukan survey terhadap usaha yang anda jalankan.

7. Membentuk Ciri Khas
Toko online pada umumnya sama. Ada daftar produk, keranjang belanjaan, opsi cara pembayaran dan jasa pengiriman barang. Yang beda biasanya hanya pada templatenya saja. Nah toko offline bisa berbeda-beda. Anda bisa menciptakan tren sendiri di toko anda dan membuat toko anda benar-benar berbeda. Misalnya dengan cara memilih penjaga yang cantik, atau membuat suasana toko baju anda seperti sebuah goa yang liar. Semuanya dibatasi luasnya imajinasi, kreatifitas, dan tentu saja budget anda.

8. Membuat Acara yang Interaktif
Event-event yang menarik dapat memikat calon pelanggan. Misalnya lomba band di halaman parkiran toko alat musik anda, atau lomba mewarna di depan toko alat tulis, atau bisa juga memberikan fasilitas permainan anak-anak di toko peralatan balita. Atau bisa berupa diskon untuk setiap pembelian produk tertentu dengan membawa kartu member toko anda. Semuanya sangat mungkin dilakukan di toko offline.

9. Memperluas Bisnis
Produk sebuah toko online pada umumnya hanyalah berupa barang. Namun di toko offline anda, anda dapat menawarkan jasa pula. Tidak jarang sebuah toko kecil di ujung gang yang awalnya hanya menjual baju, dikunjungi banyak orang, bisnis mereka kemudian berkembang jadi menerima pemesanan baju pengantin, baju wisuda, dan yang lainnya. Atau sebuah toko elektronik yang kemudian membuka lahan bisnis baru berupa jasa service/perbaikan alat-alat elektronik.

10. Lebih Mudah Mengenal Pelanggan
Dengan toko offline, anda bisa bertatap muka dengan pengunjung anda dan di saat seperti itu, anda dapat dengan mudah meneliti karakter dan kebiasaan mereka. Dari sini, anda bisa tahu apa yang mereka inginkan, dan strategi market anda berikutnya akan tepat sasaran.

Dengan memiliki toko offline, bukan berarti anda menutup toko online anda, dan begitu pula sebaliknya. Keduanya adalah kegiatan yang saling komplementer dan dapat berjalan dan berkembang secara beriringan. Jadi, berikutnya, mari memilih lokasi bisnis yang tepat bagi toko offline anda. Semoga sukses ;-)

Baca juga:


Quote:


Sumber - sumber nih emoticon-Big GrinMediabisnisonline
0
1.9K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan