indokatalogAvatar border
TS
indokatalog
Cara Menarik Pelanggan Ke Toko Online Anda
Cara Menarik Pelanggan Ke Toko Online Anda


Salah hal paling penting dalam mengelola toko Online anda adalah menarik pelanggan. Bagaimana anda bisa menarik perhatian pelanggan hingga akhirnya bisa membeli barang yang ditawarkan di toko online milik anda. Tentu saja hal ini amat sangat penting, apalagi di bisnis internet dimana perebutan perhatian terjadi di mana-mana. Siapa yang bisa merebut perhatian pelanggan dialah yang akan menang.

Toko online tidak bisa berbuat banyak jika dia tidak bisa menarik perhatian pelanggan. Walaupun memiliki pelayanan dan produk yang bagus apabila tidak dikenal oleh konsumen maka hal itu juga tidak terlalu berguna. Apalagi di bisnis internet dimana jual-beli ada pada level global, maka usaha menarik perhatian juga bersifat global.

Ini adalah beberapa tips dan trik untuk dapat menarik pelanggan ke toko internet kita dan kemudian membeli barang kita.

1. Bangun Website Anda.

Website adalah toko anda. Website yang baik adalah toko yang baik. Semakin baik tokonya maka akan semakin menambah kepercayaan konsumen dan menarik konsumen. Karena itulah selain meningkatkan produk ada baiknya anda memperhatikan tampilan dan fungsi dari website anda. Website yang jelek dan tidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan konsumen lari dari toko anda.

Dengan demikian anda harus membangun tampilan website anda dengan cantik. Cantik bukan berarti harus dengan warna-warni, namun cantik juga bisa berarti sederhana. Semua tergantung dengan produk yang anda jual dan konsumen yang anda tuju. Jika anda mengincar wanita muda, website yang imut dengan penuh pink cukup bagus. Sebaliknya web untuk pria eksekutif bisa dibangun dengan gaya yang elegan.

Selain cantik web anda juga harus bekerja dengan baik. Web yang cantik namun lambat bila dibuka jauh lebih buruk dengan tampilan biasa saja yang cepat. Toko online anda bukan hanya sekedar tampilan semata, namun juga fungsionalitas. Hal ini harus diutamakan dalam membangun toko online anda.

2. Perkenalkan Toko Online anda.

Untuk memperkenalkan toko online ada banyak sekali cara, namun mungkin yang pertamakali akan saya perkenalkan adalah google. Buatlah toko online anda mudah ditemukan di google, jangan buat web anda terkubur di bawah berbagai alamat lain. Anda mungkin bisa menambah dengan beriklan di google supaya toko online anda mudah ditemukan.
Cara lain adalah dengan beriklan di website lain. Ini adalah cara yang cukup mudah dan ortodoks. Anda bisa memilih untuk beriklan di website yang terkenal macam Youtube atau yang lainnya. Atau anda juga bisa memilih untuk beriklan di tempat yang sesuai dengan produk anda seperti blog atau yang lainnya. Tentu saja ini tergantung pada produk yang anda jual dan sasaran iklan. Anda bisa memasukkan iklan untuk anak muda di tempat situs games dan komik. Jika anda menjual baju perempuan anda bisa beriklan di situs majalah remaja dan lain sebagainya.

Dan jangan batasi beriklan hanya di internet saja. Anda bisa beriklan di luar internet seperti koran dan majalah. Bisa juga anda beriklan di event-event tertentu.

Selain menggunakan media iklan secara konvensional anda juga bisa berjualan di jejaring sosial. Cara ini gratis dan mudah. Syaratnya anda harus cerdas menggunakan media dan memahami jejaring sosial yang anda gunakan. Posting secara berkala dan bersikaplah ramah dan sopan kepada siapapun yang berkomentar. Kadang anda juga selain posting foto jualan, anda juga bisa memasukkan konten-konten yang menarik. Kuncinya pahamilah media yang anda gunakan.

Anda juga bisa menggunakan media email untuk mempromosikan produk anda. Anda bisa mengirim mengenai produk baru dan informasi mengenai produk anda. Yang perlu diperhatikan adalah meminta terlebih dahulu persetujuan pengguna atau email anda akan dicap sebagai spam. Anda juga bisa menjual barang anda melalui situs e-commerce yang lain. Cara sederhana seperti hadiah dan diskon juga berguna.

3. Pelayanan.

Pelayanan adalah salah satu hal paling utama di bisnis dalam media apapun. Dengan meningkatkan pelayanan anda akan mendapatkan promosi dari mulut ke mulut. Ini adalah jenis promosi yang paling bagus. Karena itulah sebaiknya anda meningkatkan pelayanan anda kepada customer. Customer yang puas adalah iklan yang paling baik.

Bersikap ramah dan kooperatif merupakan salah satu bentuk pelayanan. Yang lain adalah jujur, tepat waktu dan informatif. Anda juga bisa menambah pelayanan di web anda dengan berbagai alat dan bantuan Dengan membangun kepercayaan di tiap pelanggan itu artinya anda menciptakan jaringan. Dari mulut ke mulut jaringan ini dapat membesar.

4. Buatlah hubungan kedekatan dengan pelanggan.

Ini adalah tips terakhir namun juga merupakan tips yang sangat penting. Buatlah hubungan kedekatan dengan pelanggan. Tips ini adalah tips yang sangat penting bagi tips-tips lain di atas. Membuat hubungan kedekatan dengan pelanggan adalah bahwa Toko Online anda mampu membuat keterikatan emosional dengan pelanggan.

Apa maksudnya ini. Maksudnya adalah bahwa toko online anda sebaiknya merepresentasi dan memiliki kedekatan emosi dengan kustomer atau calon kustomer anda. Hal ini mulai dari tampilan situs. Bagaimana anda merancang tampilan situs. Bagaimana anda beriklan. Bagaimana pelayanan anda.

Dengan kata lain bangunlah kepribadian toko online anda. Dengan membangun kepribadian anda membuat toko Online Anda diingat dan mudah disebarluaskan. Hal ini juga membuat anda dengan mudah menyebarkan toko online anda di niche yang dituju oleh anda.

SUMBER
0
1.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan