indokatalogAvatar border
TS
indokatalog
Bagaimana Cara Menjaga Reputasi Bisnis Toko Online Anda
Bagaimana Cara Menjaga Reputasi Bisnis Toko Online Anda


Toko Online adalah salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan. Dengan perkembangan Internet di masa sekarang, bisnis online menjadi salah satu ladang basah untuk mereka yang ingin merambah dunia Interpreneur. Salah satu hal yang harus dijaga dalam bisnis online adalah reputasi dari brand bisnis online kita. Karena Internet merupakan sebuah media yang digunakan siapapun dengan mudah maka reputasi begitu penting.

Reputasi sebuah toko online menjadi hidup dan matinya toko tersebut. Reputasi baik dapat membuat toko itu melejit sangat luar biasa. Sebaliknya reputasi buruk bisa menghancurkan toko itu dengan cepat. Atau lebih buruk dari reputasi buruk adalah toko itu tidak didatangi dan terlupakan sama sekali. Dengan demikian kita harus menjaga brand toko online kita agar mampu bertahan di dunia online yang tidak pandang bulu.

Banyak cara yang digunakan untuk menaikkan reputasi toko. Mulai dari iklan hingga menggunakan berbagai perhitungan google. Sayangnya kita harus memperhatikan bahwa, reputasi yang baik tapi dibarengi oleh pelayanan yang buruk itu sama saja dengan bunuh diri. Kepercayaan adalah kunci dari bertahannya toko onlie tersebut. Banyaknya pengunjung memang baik tapi peningkatan kualitas baik produk maupun pelayanan adalah hal yang harus selalu dikejar.

Inilah beberapa tips dan trik menjaga reputasi toko online anda.

1. Jaga kualitas, jangan hanya mencari kepopuleran semata.

Perlu diingat bahwa kualitas adalah yang dicari bukan sekedar nama saja. Nama yang sangat terkenal dan dibarengi kualitas yang buruk hanya akan menuju ke bunuh diri. Kepercayaan konsumen bisa langsung hilang begitu mereka merasa dikhianati. Dengan mudah berita buruk menyebar dari forum ke forum dan mulut ke mulut. Cepat atau lambat reputasi kembali ke nol, bahkan negatif. Jika sudah begitu sangat sulit mengambil alih kepercayaan konsumen.

Kepercayaan hanya bisa didapat dari kejujuran dan pelayanan. Jangan menjanjikan lebih tinggi daripada yang dapat diberikan. Berikan penjelasan yang jelas, misalnya syarat dan ketentuan dan kapan barang bisa dikirim. Memberi janji berlebihan bisa membuat kita di cap pembohong.

2. Aktif meningkatkan reputasi.

Internet adalah hal yang sangat cepat berubah. Dalam hitungan jam atau menit semuanya bisa berganti. Begitu juga adalah popularitas. Teruslah aktif dan tanpa henti menawarkan produk-produk anda. Hal ini harus dilakukan dengan cerdas, promosi berlebihan dan tidak mengena malah akan menjadikan calon pembeli antipati terhadap toko anda. Internet adalah media yang unik. Terkadang tanpa melakukan apapun karena kualitas sesuatu bisa menyebar bagai api, tapi kadang juga tenggelam tanpa pernah dikenal.

Gunakan gambar-gambar yang menarik dan pelajarilah promosi-promosi dari web yang sudah ada. Pahami hal-hal viral dan yang menarik calon pembeli. Pelajari promosi yang berhasil kemudian terapkan jika hal itu bisa membantu promosi anda. Ini semua tergantung pada produk anda, dimanakah anda akan melakukan promosi dari produk anda.

Mungkin iklan dengan gadis-gadis cantik sebagai sampulnya bisa menjadi pilihan anda, iklan semacam ini sukses untuk game. Anda juga bisa memilih untuk iklan dengan bombardir tweet yang lucu-lucu. Atau anda bisa menggunakan jaringan facebook atau forum-forum. Atau menggunakan SEO yang baik untuk menaikkan situs anda di pencarian google. Youtube? Semuanya tergantung pada produk yang anda tawarkan dan kecerdasan anda memanfaatkan media.

Yang menjadi poin penting adalah bagaimana secara aktif meningkatkan reputasi toko online anda. Tapi jangan lupa mengenai kualitas dan pelayanan, penyebaran secara viral atau dari mulut ke mulut atau tweet ke tweet adalah lebih utama dan lebih mengena. Review yang baik dari konsumen yang puas sangat membantu.

3. Bergeraklah dengan cepat.

Kali ini adalah bagaimana memadamkan api dengan cepat. Sebisa mungkin kita tidak ingin ada konsumen yang tidak puas. Sebaiknya harus cepat mengatasi masalah yang ditimbulkan dari hal ini. Dengan cara aktif kita harus tahu perkembangan reputasi kita di pandangan konsumen. Sebuah review yang buruk bisa berbahaya untuk reputasi toko online kita.

Bukan berarti bahwa review buruk itu selalu buruk, namun itu bisa jadi poin penting bagi kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Jika kita memang menjalankan bisnis dengan jujur dan bukan aksi penipuan tentu saja kita butuh masukan. Namun demikian kita juga harus memperhatikan apakah ini kesalahan konsumen atau produsen. Jika itu kesalahan kita bisa jadi kita minta maaf dan meminta supaya review buruk itu dihapuskan.

Tentu saja logikanya seluruh review buruk sebaiknya segera dihilangkan. Ini tindakan yang sangat rasional dan memang bisa menggunakan berbagai upaya. Namun demikian tindakan yang terlalu agresif bisa menyebabkan pelanggan membenci toko kita. Apalagi jika kita bergerak di bidang produk niche atau pasar khusus. Jaringan pecinta barang-barang semacam itu terbatas, dan ada solidaritas yang kuat. Usaha menghilangkan review buruk secara agresif bisa dipandang sebagai kejahatan yang lebih besar terhadap komunitas.

Apapun review itu, kita harus memperhitungkan dampaknya secara cepat. Tentu saja kita bisa melawannya dengan memberi lebih banyak review positif dari pelanggan yang puas. Supaya perbandingannya jauh lebih besar dan mengaburkan review negatif. Sayangnya kekuatan review bersumber pada kapital popularitas orang tersebut. Karena itulah harus lebih berhati-hati menangani klien yang terkenal. Tentu saja jangan lupa mengenai fokus terhadap kualitas dan pelayanan, review buruk bisa sangat diminimalisir sejak awal.

SUMBER
Diubah oleh indokatalog 08-05-2014 03:56
0
1.5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan