achaytheaAvatar border
TS
achaythea
Ciburial : Desa Melek IT di Kabupaten Bandung , Jawa Barat
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Desa Ciburial adalah desa di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Luas wilayah Desa Ciburial adalah 599,612 Hektare, dengan jumlah penduduk 12.141 jiwa (Desember tahun 2013).

Desa Ciburial merupakan desa yang berada di ujung Utara dari wilayah Kabupaten Bandung, dan berbatasan langsung dengan Kotamadya Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Desa Ciburial terdiri dari 3 Dusun, 12 RW, dan 51 RT. Pada tahun 2011 melalui Keputusan Bupati Bandung Nomor 556.42/Kep.71-Dispopar/2011 tentang Penetapan Desa Wisata di Wilayah Kabupaten Bandung, Desa Ciburial ditetapkan sebagai salah satu dari 10 Desa Wisata di Kabupaten Bandung.

Website Desa Ciburial
Desa Ciburial, salah satu desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mempunyai website desa sebagai media informasi bagi warga Desa Ciburial.

Website yang beralamat di desaciburial[dot]com (awal peluncuran tahun 2009, sekarang beralamat di www.ciburial.desa.id) tersebut merupakan bagian dari media informasi yang dibuat dan dikelola secara mandiri oleh warga Desa Ciburial.
Spoiler for Penampakan:

Pemanfaatan Media Sosial
Warga Desa Ciburial juga memanfaatkan media sosial (facebook) sebagai media beriteraksi, promosi, dan berbagi informasi.

Melalui media sosial, halaman facebook (www.facebok.com/Desa.Ciburial) warga Desa Ciburial berbagi informasi mengenai apa yang terjadi di Desa Ciburial.

Selain halaman facebook, warga Desa Ciburial juga membuat grup (forum diskusi) di grup facebook (Desa Ciburial Facebookers).

Selain memanfaatkan facebook, warga Desa Ciburial juga memanfaatkan media sosial twitter untuk berbagi informasi seputar Desa Ciburial khususnya dan dunia perdesaan umumnya dengan masyarakat luas.

Untuk dokumentasi kegiatan Desa Ciburial berupa video, masyarakat Desa Ciburial juga memanfaatkan media sosial YouTube sebagai fasilitas publikasi dan dokumentasi video kegiatan.
Spoiler for Penampakan:


Aplikasi Mitra Desa
Penggunaan aplikasi Mitra Desa (http://data.ciburial.desa.id) dalam upaya Tata Kelola Sumber Daya Desa Mengacu pada Profil Desa: Data Dasar Desa, Data Sumber Daya Manusia, Data Kelembagaan Desa, dan Data Kemajuan Desa.

Aplikasi Mitra Desa dikembangkan bersama dengan para penggiat Gerakan Desa Membangun (GDM). Aplikasi ini dikembangkan sebagai alat bantu tata kelola pemerintahan desa dan pendataan warga desa.

Beberapa fitur dari aplikasi Mitra Desa adalah sebagai berikut:
  1. Mengolah data keluarga
  2. Mengolah data individu penduduk
  3. Mengolah data peristiwa kependudukan (lahir, nikah/cerai, perubahan KK, mati, pindah/datang)
  4. Mengolah data biodata penduduk (primer, sekunder, tersier)
  5. Mengolah data dasar keluarga
  6. Mengolah data dasar wilayah desa
  7. Formulasi profil desa (dependensi: penduduk, keluarga, wilayah)
  8. Statistik Kependudukan (menurut pendidikan, pekerjaan, agama, status perkimpoian, status tinggal, golongan darah, piramida penduduk)
  9. Data Agregat bisa dipanggil oleh aplikasi pihak ketiga dengan menggunakan modul API

Spoiler for Penampakan::

Server Mandiri
Pemerintah Desa Ciburial juga telah memiliki server sendiri (tahun 2013).

Server milik Desa Ciburial yang dinamai “Ciburial Cyber Village” ini didanai dari APBDesa Tahun Anggaran 2013.

Melalui server ini, siapapun (yang memiliki akses) dan kapanpun, serta dimanapun, data-data / aplikasi yang dipasang di Server ini bisa diakses 24 jam tanpa libur.

Aplikasi yang dipasang di server milik Desa Ciburial bersifat terbuka (Open Source), hal ini sesuai dengan prinsip open source itu sendiri (yang dianut) di Desa Ciburial, yaitu mudah, murah, halal, dan barokah.
Spoiler for Halaman Muka Ciburial Cyber Village:

Spoiler for Perpustakaan Desa::

Spoiler for Konferensi Desa Online Indonesia:
.
Spoiler for Bonus Video: Selayang Pandang Desa Ciburial::

Spoiler for Bonus Video: Ciburial Festival Part 1:



Diubah oleh achaythea 16-05-2014 14:48
0
3.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan