idayrus.storeAvatar border
TS
idayrus.store
Proteksi Area VS Proteksi Harga (Think Like Ur Costumer)
Harga dan Area merupakan perbincangan yang sangat sensitif bagi pelaku bisnis ke bisnis (B2B).
Biasanya kostumer B2B menginginkan proteksi area dari prinsipelnya.

Contoh kasus : Prinsipel (produsen) aksesoris HP melakukan kerjasama dengan distributornya memproteksi area distribusi Roxy yang artinya dalam area roxy hanya boleh ada 1 distributor dan distributor dari luar area roxy tidak boleh memasarkan produk sejenis dalam area Roxy.

Terdengar cukup fair. Tetapi kalau dilihat dari sisi marketing ini adalah permasalahan yang cukup serius.
Quote:


Quote:


Quote:



Dari kasus diatas dapat disimpulkan bahwa kebijakan protect area dalam B2B bukanlah sebuah keputusan yang tepat, lalu baiknya bagaimana ?
Proteksi area bukan tidak diperlukan tetapi masih terlalu dini maka proteksi harga bisa jadi solusi yang pas. Untuk menguji kebijakan protect price saya melakukan survei ke pasar dan bertanya kepada para pemain besar yang telah berpengalaman, biasanya apa yang mereka harapkan agar bisnis dapat berjalan lancar.
Sebagian besar para sesepuh tersebut paling pertama menyebutkan proteksi harga, lalu berikutnya mereka menyebutkan support promosi dari prinsipel dan mensarankan untuk memberikan insentif tambahan ke mereka bila mencapai target penjualan.

Bagaimana rules-rules untuk proteksi harga ?
Quote:







Tentang TS :
Suryadi Willim, merupakan seorang marketer yang berguru dengan London School Of Public Relation jurusan Marketing Communication.
Awal karirnya penulis berprofesi sebagai pembawa acara di beberapa event informal hingga formal selama kurang lebih 2 tahun, setelah itu melanjutkan karir pada bidang marketing di bidang produk interior. Saat ini (Mei,2014) sebagai marketer sejati tergabung dengan perusahaan produsen elektronik raksasa asal Tiongkok sejak November 2013.
0
1.9K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan