japebAvatar border
TS
japeb
2015, orang Malay dan ASEAN bebas bekerja di Indonesia. Siapkah kita?
Malem agan-agan sekalian..

Mumpung kaskus lagi pada rame-ramenya, ane pengen ngebahas hal penting yang menjadi tantangan/bencana buat kita di tahun depan, yaitu AFTA.



Apa itu AFTA?
AFTA yang merupakan akronim dari ASEAN Free Trade Area sejatinya merupakan kesepakatan dari negara-negara di ASEAN untuk membentuk sebuah kawasan bebas perdagangan (semacam di Uni Eropa). Tujuannya sih agar bisa meningkatkan daya saing ekonomi kawasan ASEAN di dunia. Harapannya, kalau yang namanya AFTA ini sukses, asean bisa menjadi kawasan basis produksi didunia seperti yang sudah ada sekarang ini yaitu China.

AFTA ini gaungnya masih kecil di Indonesia dan cenderung diabaikan. Apalagi beritanya ditutupi sama pemilu, pencitraan capres, dan berita-berita domestik lainnya..

Padahal.... efek AFTA sangat sangat sangat gedhe buat negara kita, karena dari beberapa point kesepakatan, ada dua yang menarik. Apa itu?

Spoiler for Tenaga Kerja:


Spoiler for Perdagangan:


Eits, tapi jangan berfikir pesimistis melulu. Secara perekonomian kita masih dapat kans untuk bersaing dengan negara-negara tetangga. Terlebih kita masih memiliki SDA melimpah dan ditambah dengan pariwisata yang terus dikembangkan. emoticon-I Love Indonesia (S)

Namun, berkaca berita-berita saat ini, inilah kondisi Sumberdaya Manusia Indonesia saat ini..

Spoiler for Kondisi Buruh:


Spoiler for Generasi Muda:



Nah, dengan kondisi seperti ini, siapkah kita untuk berkompetisi dengan tenaga kerja dari negara tetangga?

=======================================================
UPDATE


Bagaimana posisi SDM Indonesia di ASEAN?

Melihat komen agan-agan, banyak juga yang bilang kalau AFTA ASEAN merupakan peluang, ada juga yang bilang ini merupakan bencana. As usual, pro dan kontra. Namun, ada baiknya kita sejenak melihat bagaimana posisi/peringkat SDM kita di ASEAN..

Peringkat kualitas SDM dapat diukur melalui Human Development Index (HDI), parameter numerik yang diukur dari beberapa parameter: Pendidikan, angka harapan hidup, serta pendapatan nasional.Pengukuran HDI dilakukan oleh United Nations Development Program (UNDP). Secara umum, peringkat Indonesia di ASEAN adalah sebagai berikut (tahun 2013).

Spoiler for Posisi SDM Indonesia:


Yup, kita sangat amat sangat tertinggal. Kita secara angka masih kalah dengan Brunei, Malaysia, Thailand, Singapura, dan juga Philipina. Padahal kita sudah Pede dapat menyaingi mereka. Secara dunia kita masih peringkat 121. Philipina, sebagai rival terberat kita, memiliki kedudukan 114 (terpaut 7 negara!). Belum lagi kalau dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura. Jadi selama ini bagi kita yang selalu teriak Ganyang Malaysia, ada baiknya bercermin, bagaimana kualitas individu kita dibanding mereka. Bagi yang selalu bilang, Singapura negara kecil, dikencingin juga tenggelam, harap bercermin, SDM mereka peringkat 30 dunia!, jauh-jauh lebih baik, seperti beda dunia.

Lantas, dengan fakta ini, bagaimana sikap Indonesia?


Komentar Agan-Agan


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Kunjungi Thread ane lainnya gan.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Teknik Belajar Efektif & Kesalahan Awam (Khusus Buat Pelajar dan Mahasiswa)
Office Boy Dijebak Anak Menteri jadi Tersangka Korupsi
Diubah oleh japeb 03-05-2014 10:09
0
8.5K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan