Adinia08Avatar border
TS
Adinia08
Bagaimana sebaiknya Seller di FJB menghadapi Buyer Hit and Run ?
Bagaimana sebaiknya Seller di FBJ menghadapi Buyer Hit and Run ?

Bismillahirahman nirohim

Thread ini adalah thread pertama ane gan, sudah beberapa tahun bergelut di kaskus dan Alhamdulillah baru saja naik grade dari Newbie ke Kaskuser. Thread ini ane buat via mobile Telephone sehingga Mohon maaf apabila Thread ane berkesan seadanya dan miskin variasi.

Thread ini ane buat akibat puncak kegelisahan dan kekesalan ane selama berkutat di FJB, baik sebagai Buyer tapi lebih khusus lagi ane di posisi sebagai Seller. Mungkin sebagian besar agan2 yg biasa mangkal dan buka lapak di FJB pernah mengalami, dan mungkin kita bisa berbagi, bagaimana sebaiknya kita di posisi sebagai Seller yang baik ke pada Buyer ataupun di posisi sebaliknya.

Istilah Hit and Run mungkin sangat sering kita dengar, Julukan ini biasanya di alamatkan kepada Buyer yang meng-Hold/mem-Booked/memesan suatu barang kepada Seller dan biasanya di sertai janji dan "kepastian" akan di bayarnya barang tersebut dalam tempo waktu yang telah di sepakati, biasanya malah sebelumnya di sertai Negosiasi yang alot, lobbying tingkat tinggi ( Istilah agak ane Lebaykan), dan janji-janji penuh kepastian dari si Buyer kepada Seller, agar barang bisa dia Hold sepenuhnya dan tentunya bisa mendapat Harga yang paling Reasonable bagi dia.

Bagi seorang Seller tentu sisi (+) nya adalah barang dia sudah berpeluang laku dengan sudah deal nya masalah harga dengan yang meng-Hold. Namun sisi (-) nya tentu seller kehilangan peluang lain (yang bisa jadi lebih baik) karena barang yang dia jual meskipun ada tawaran lain yang masuk terpaksa dia tolak, karena terlanjur Deal kepada si peng-Hold barang.

Bagi Buyer (Hold man) tentu nilai (+) yang dia dapat, karena dengan meng- Hold barang dia sudah bisa mendapatkan apa yang dia inginkan, sementara dia bisa menahan Budget yang ada untuk peruntukan lain, serta ada waktu bagi dia buat mencari budget baru guna membayar barang yang dia Hold.
Sedangkan sisi (-) nya bagi si Buyer (Hold man) tentu jika si seller gak bisa menjaga komitmen, barang yang sudah di Hold dan biasanya kan barang huntingan yang di idam-idamkan di jual kepada Buyer lain padahal belum terlampaui tenggang waktu yang sudah di sepakati, dan juga tidak ada pembatalan dari si Peng-Hold barang.

Mungkin dari sekian contoh narasi di atas kelihatan sekali kalo menjaga Komitmen, menjaga kejujuran dan janji, baik sebagai Seller maupun Buyer sangat penting di dalam kita berjual beli, utamanya di FJB Kaskus kita tercinta ini

Kembali ke tema asal, bagaimana sebaiknya kita sebagi Seller menghadapi Buyer Hit and Run ? Nawar dengan penuh kegigihan, merayu dengan berbagai cara, minta keringan dan tenggang waktu, minta detail photo barang, minta di siapin packingannya, ngirimkan nama dan alamat lkp dan minta No rek kita ( kalo gak pake Rekber), eh giliran semua sudah Deal, terkadang boro-boro ngabari dan minta cancel, sebagian malah bagai hilang di telan bumi, sementara barang dagangan Seller tertahan karena di Hold td.

Ini ada salah satu kata mutiara di lapak ane :

Sekedar saran aja,,yang ngrasa gak boleh marah lho ya?? -_-

Bwt yg Hobi Hold trs run alias kabur,suka lupa ato pura2 lupa, bicara dan janji setinggi langhit TAPI tidak mampu mengambil pesenan tanpa Pemberitahuan/Alasan sebelumnya. Sebaiknya gak usah sok komen Hold di aplotan si Seller atau via sms, WA or Tlp.
Cukup situ bwt status " membutuhkan sumbangan Diecast + dilampiri surat keterangan Tidak Mampu dr RT dan RW "
Guah yakin bnyk Seller yg bakal kasihan dan akan menyumbangan sebagian barangnya..

Demikian caraku menghadapi Buyer nakal yang biasa Hit and Run, itu caraku, bagaimana cara anda ?

Silahkan di share gan pengalamannya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa mengajarkan kita lebih baik lagi dalam berjual beli, amiea...

Wassalam

Bantu di Rate ya gan, dan kalo berkenan ngasih cendol, dan moga gak ada yang batain, amien...
0
4.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan