Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bulpenkuAvatar border
TS
bulpenku
Siang Ini, ada Gerhana Matahari Cincin gan
Fenomena astronomi menarik kedua di tahun 2014 berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada hari ini, Selasa (29/4/2014) sekitar pukul 13.14 WIB dan jalurnya berada di kawasa Antartika Kutub Selatan.



Meski demikian, momen gerhana matahari sebagian (GMS) tetap bisa diamati di kawasan Australia dan sebagian kecil wilayah Indonesia.

Menurut data dari Hakim Malasan, satu diantara tim Observatorium Bosscha, beberapa daerah di Indonesia yang bisa mengamati gerhana matahari sebagian adalah di Kupang, NTT (1,8%), Mataram, NTB (0,6%) dan Denpasar, Bali (0,6%).

Di Kupang GMS mulai terjadi pukul 13.50 WIB, dan berakhir pukul 14.47 WIB. Di Mataram, GMS mulai pukul 13.48 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB. Sedangkan di Denpasar, GMS mulai pukul 13.46 WIB dan berakhir pukul 14.29 WIB.

Sementara itu, menurut Ahmad Bisri, Prakirawan BMKG Juanda, beberapa wilayah Jatim di bagian selatan seperti Pacitan bisa mengamati persitiwa langka ini hanya beberapa menit. "Sedangkan kota Surabaya tidak bisa mengamati gerhana matahari sebagian itu," kata dia pada suarasurabaya.net.

Untuk itu, ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengamati peristiwa Gerhana Matahari yang akan terjadi hari ini disarankan melalui video streaming atau secara online saja.

Sumur

Nanti ane update gan fotonya emoticon-2 Jempol

[YOUTUBE]



Diubah oleh bulpenku 29-04-2014 05:11
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan