Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MRaviPutraAvatar border
TS
MRaviPutra
Otak otak Khas kepulauan Riau






Quote:



Spoiler for otak2:



Proses Pembakaran Otak-Otak Dengan Bara ApiBerbeda dengan otak-otak dari tiga daerah diatas, di Tanjungpinang, otak-otak selain terbuat dari jenis ikan seperti tengiri, kakap, atau ikan-ikan lainnya yang berdaging putih, otak-otak bisa juga terbuat dari sotong atau yang lebih akrab kita kenal dengan cumi-cumi. Sebagai salah satu daerah penghasil sea food karena letak kota Tanjungpinang yang didominasi oleh lautan, maka berbagai jenis ikan atau sotong yang digunakan sebagai bahan dasar otak-otak tersebut merupakan tangkapan langsung dari laut kota Tanjungpinang. emoticon-I Love Indonesia (S)

Ini foto proses pembuatanya


Spoiler for proses bakar:



Dalam pembuatannya, ikan atau cumi digiling hingga halus dan dicampur dengan berbagai rempah-rempah sebagai bumbu penyedap. Gilingan ikan atau cumi yang sudah dibumbui tersebut kemudian dicampur dengan santan kental serta telur dan diaduk hingga merata. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan menggunakan daun kelapa yang masing-masing sisi ujungnya dijepit, bisa dengan lidi, atau bisa juga dengan menggunakan stapler. Adonan yang sudah dibungkus tersebut kemudian dibakar dengan menggunakan bara api hingga matang.
Ketika hendak memakannya, bisa kita rasakan aroma bumbu yang menyengat kuat setelah bungkusan daun kelapa dibuka. emoticon-Malu (S)Karena tidak menggunakan tepung sebagai campuran dalam adonan, maka aroma dan rasa khas ikan atau cumi dari otak-otak tersebut sangat terasa di lidah. Makan satu bungkus otak-otak tidak mungkin cukup, mengingat porsi yang disajikan pada tiap bungkus daun kelapanya memang sangat sedikit. Tak heran juga bila harga otak-otak Tanjungpinang ini sangat murah, yaitu Rp 500,- untuk otak-otak berbahan dasar ikan, dan Rp 1000,- untuk otak-otak berbahan dasar cumi murni, ataupun campuran ikan dan cumi. enak banget dimakan saat nongkrong bareng temen2 kaskuser gan emoticon-I Love Kaskus (S) ,otak2 ada yang dibakar juga ada yang digoreng gan, kalo yang goreng 1nya 2000rupiah gan dikota ane emoticon-Sundul Gan (S)

Untuk menemukannya pun tidak lah sulit. Begitu menginjakkan kaki di kota Tanjungpinang, kita bisa langsung menemukan otak-otak tepat di pintu pelabuhan penyeberangan Sri Bintan. Selain itu, bisa juga kita temukan di jalan-jalan pelantar menuju pelabuhan-pelabuhan lainnya seperti pelabuhan Pelantar II. Atau di daerah penghasil otak-otak yang paling terkenal di Tanjungpinang yaitu daerah Kawal, kawasan pantai sekitaran pulau Bintan.


seperti biasa biar ga penasaran gimana ,ane kasi bocoran resep otak2nya ni gan emoticon-Kiss


Otak-Otak Ikan Tanjung Pinang Versi 2
Resep dari pedagang otak-otak di Tanjung Pinang

Untuk + 30 otak-otak

Bahan:
- 300 gram daging ikan berwarna putih, bisa menggunakan selar, layur, kembung. Pisahkan daging dan tulangnya. Haluskan dagingnya.
- 2 ekor cumi-cumi ukuran sedang, bersihkan dan cincang agak kasar
- 50 gram kelapa muda parut
- 1 sendok makan tepung sagu atau tapioka
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- beberapa lembar janur lengkap dengan lidinya, potong-potong sepanjang 20 cm.
- 3 lembar daun jeruk purut, rajang halus

Bumbu dihaluskan, saya masukkan semua bahan ke dalam blender:
- 10 butir cabai merah keriting
- 5 butir cabai rawit merah
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 2 sendok teh ketumbar
- 1 ruas jahe
- 2 ruas kunyit
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 1/2 sendok teh jintan
- 1 ruas lengkuas, iris-iris

Cara membuat:
Siangi ikan, buang kepala, duri dan kulitnya. Masukkan daging ikan dan semua bumbu yang dihaluskan ke dalam blender. Proses hingga halus.

Tuangkan daging ikan ke dalam mangkuk, tambahkan cumi-cumi yang dicincang, kelapa parut, tepung tapioka, garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata dan cicipi rasanya.

Isikan sekitar 1 sendok makan adonan ke dalam salah satu pelepah daun kelapa, tutup dengan daun kelapa lainnya sehingga adonan ikan berada di dalam daun. Semat kedua ujungnya dengan steples.

Bakar otak-otak diatas bara atau pemanggang kawat yang diletakkan di atas kompor hingga permukaan daun kecoklatan dan otak-otak matang. Angkat dan sajikan.



demikian lah sharing kuliner versi kota ane lagi gan emoticon-Kiss

jangan lupa untuk emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L) untuk ane gan


Buat temen2 yang berada di tanjung pinang dan sekitarnya


Spoiler for buka:
emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh MRaviPutra 23-04-2014 02:53
0
34.9K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan