GhozyllaAvatar border
TS
Ghozylla
Skenario : Awal penciptaan dari sebuah film.


With a good script, a director can produce a masterpiece. With the same script, a mediocre director can produce a passable film. But with a bad script, even a good director can’t possibly make a good film. (Akira Kurosawa)

artinya kurang lebih gini gan,

Dengan script (skenario) yang bagus, seorang director (sutradara) bisa menciptakan sebuah masterpiece. Dengan script yang sama, seorang director yang biasa saja bisa menciptakan film yang kurang lebih sama. Tapi dengan script yang buruk bahkan seorang director yang bagus sekalipun takkan bisa membuat film yang bagus. (Akira Kurosawa)

Nah, selain ngebahas film ada baiknya juga kalau kita bahas bagaimana film yang baik dan bagus itu lahir. Akira Kurosawa seorang sutradara asal dari jepang yang cukup legendaris. Dari perkataannya tersebut dapat kita simpulkan kalau sebuah film yang bagus berawal dari script/skenario yang bagus juga. Sebenernya skenario itu apa sih...



Pengertian mengenai Screenplay atau Skenario menurut Syd Field dalam bukunya The Foundations of Screenwriting adalah :

”A screenplay is a story told with pictures, in dialogue and description, and placed within the context of dramatic structure. A screenplay is a noun – it is about a person, or persons, in a place or places, doing his or her or their thing. All screenplays execute this basic premise. The person is the character, and and doing his or her thing is the action. (1994:8).

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa skenario itu adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan urut-urutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog, yang disusun dalam konteks struktur dramatik. Seorang penulis skenario dituntut untuk mampu menerjemahkan setiap kalimat dalam naskahnya menjadi sebuah gambaran imajinasi visual yang dibatasi oleh format pandang layar bioskop atau televisi. Adapun fungsi dari skenario adalah untuk digunakan sebagai petunjuk kerja dalam pembuatan film.

Ane juga gy belajar nih buat bikin skenario yang bagus. Buat agan-agan yang juga lagi belajar atau pengen tau lebih banyak yuk sharing dimari....

Bangkitkan perfilman Indonesia..!!!
emoticon-I Love Indonesia

*maaf kalo threadnya masih ancur, emoticon-Hammer (S)
0
19.7K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan