efeluceAvatar border
TS
efeluce
Thread pendek tentang Rokok
Assalamu'alaikum agan agan semuanya.. emoticon-Matabelo

melihat beberapa thread tentang pro rokok, ane juga mau bikin short thread rokok juga emoticon-Hammer2



Disini ane ga bermaksud nyumpahin para perokok, memusuhi mereka, ngehina mereka.. daripada ane bikin thread yang isinya kaya gitu mending ane educate people about tobacco.. mungkin udah banyak thread tentang rokok, tapi ga apalah gan mari kita ulas sedikit.. bagi yang mmo kopas thread silakan, makin banyak thread sangat membantu malahan.. emoticon-Malu (S)


siapa yang ga kenal rokok? bahkan anak kecil pun tahu, bahkan ikut mempraktekkan rokok.. kayanya ane ga perlu mendeskripsikan rokok kaya apa kaya tinjauan pustaka karya ilmiah.. emoticon-Malu (S) udah pada tahu semua..

dari semua kandungan rokok yang terkandung didalamnya terdapat 4000 zat berbahaya bagi manusia.. mulai dari nikotine, benzene, cadmium, tar, formaldehyde (formaline), arsenik, dan banyak lagi (basi, udah ga asing lagi).. yang jelas semua senyawa ini tidak akan tertera dalam bungkus rokok.. karena tidak akan muat!! emoticon-Hammer2 ane heran dulu banyak makanan dengan formalin kok pada marah marah, sedangkan rokok yang mengandung formaline kok orang orang ga ada yang marah marah?

Banyak pendapat kaskuser yang bilang rokok itu tidak sehat (tidak salah gan), ada juga yang bilang siapa bilang rokok itu bikin miskin/jadi sakit? buktinya kakek ane ampe tua perokok berat tetep sehat sehat aja tuh.. (yah memang ada gan yang begitu, tidak dipungkiri)..

Memang gan rokok ga membunuh secara instan seperti mati karena ditabarak kereta malam cepat.. emoticon-Hammer2, dan dengan merokok bukan berarti pasti mati karena rokok atau pasti kena penyakit berat yang diakibatkan merokok.. ngga gan..! siapa tahu abis ngrokok kesrempet truk.. semua ga ada yang tahu kecuali yang maha satu yang diatas gan.. emoticon-Malu (S) tapi ane yakin dengan pasti rokok dalam keadaan menyala itu ga baik bagi mata.. bukti cepatnya, coba agan nyalain rokok agan, trus bagian rokok yang menyala colokin ke kornea mata agan selama 1 menit.. dijamin pasti rusak emoticon-Hammer2 #becanda gan, jangan dipraktekin.. (don't try this at home or anywhere).. tapi dari hampir semua penelitian gan hampir semua penelitian membuktikan dengan merokok akan meningkatkan resiko berbagai penyakit mulai dari jantung, diabetes, kanker, dan PPOK.. walau orang yang ga merokok pun bisa terkena penyakit itu juga gan.. tapi dengan merokok sekali lagi meningkatkan resiko penyakit.. bukan berarti pasti terkena penyakit..

ane analogikan seperti ini aja.. dari sekian banyak agan pasti banyak penggemar game.. dan pasti tahu item item dengan berbagai stats nya.. misal item A "increase damage 20%", sedangkan item rare B "increase Damage 70%", jadi beda presentase nya gan.. sama gan dengan merokok juga akan meningkatkan presentase resiko terkena penyakit penyakit ini dibanding orang yang tidak merokok.. ane pengen meluruskan persepsi orang orang gan.. makanya tetap ada orang yang perokok berat yang masih sehat.. tapi itupun hanya 1 atau 2 yang orang sehat yang merokok diantara ratusan ribu orang perokok yang terkena penyakit penyakit ini.. jadi apakah anda ingin mengandalkan contoh yang 1 atau 2 orang sehat ini untuk merokok dibandingkan ratusan ribu lainnya yang sakit akibat rokok? The choice is yours..

dari segi kandungannya gan, yang jelas tertera kandungannya yang tertulis nikotine dan tar.. ane ga bahas nikotine deh gan, rata rata udah pada tahu.. ane dikit bahas tentang tar.. kalau agan tau tar merupakan zat komposisi untuk membuat jalan raya A.K aspal jalan.. memang komposisinya sedikit di rokok, tapi tinggal agan tinggal berapa kali merokok dalam sehari? ya tinggal itung sendiri yah gan kandungannya tar tiap rokok kan beda beda, ya tinggal itung berapa mg tar nya kali jumlah batang rokok yang anda hisap selama ini.. tar ini akan diendapkan di paru (akumulasi), dan beberapa akan diserap dalam darah dan susah sekali untuk dikeluarkan dari tubuh. dan tar ini mempunyai sifat karsinogenik alias dapat menyebabkan kanker.. mungkin video dibawah ini akan sedikit membantu

Spoiler for tar hitam kaya aspal:


ane ga bahas penyakit serem serem kaya jantung, diabetes atau kanker, ribet gan.. ane bahas satu ini aja deh.. PPOK aja deh..

PPOK
PPOK (penyakit Kronis Obstruktif Paru) penyebab penyakit ini bisa karena asap rokok atau Alpha1-antitrypsin deficiency.. ane jelasin singkatnya gan, asap rokok itu merupakan noxious stimuli, saat asap rokok masuk ke dalam paru akan menyebabkan peradangan (tidak langsung parah, tapi bersifat akumulasi) saat terjadi inflamasi di paru akan terjadi neutrophil influx (menghasilkan metalloproteinase) dan banyak tertumpuk polymorphonuclear leukocyte dan macrophage.. sel sel itu mengeluarkan elastase yang akan merusak sel sel paru, normalnya akan dinetralkan oleh antiprotease, tetapi ketika antiprotease ini tidak mampu menetralkan elastase yang makin banyak, maka makin lama sel paru (alveoli brokhiolus dll) akan rusak.. normalnya pada brokhus paru itu akan terus memproduksi mukus (cairan kaya lendir tipis untuk membersihkan jalan nafas) dan terdapat (ciliar) vili vili kecil yang bergerak mendorong mukus keluar, ketika sering terpapar asap rokok vili vili ini juga akan rusak jadi transport mukus juga terganggu, dan glandula penghasil mukusnya juga ikut terjadi hiperplasia (membesar), dan dinding bronkhus menebal.. alhasil mukus tertimbun semua.. pada jangka proses panjang hal ini akan menyebabkan penyakit bronkhitis.. dan jika sampe lama gan jadi bronkhitis kronis, dan ketika kerusakan sudah terjadi pada semua alveolus, maka elastisitas alveolus akan berkurang dan recoil juga berkurang, sehingga ketika alveolus mengembang(menghirup udara), alveoli ini akan susah untuk mengecil pada saat ekspirasi (menghembuskan nafas), alhasil para pengidap PPOK ini akan merasa sesak sekali, bisa menarik nafas tetapi akan susah sekali untuk mengeluarkan bahkan sampai mengejan ngejan untuk mengeluarkan nafas.. (emphysema) gabungan bronkhitis kronis dan emphysema ini yang disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronis gan.. memang belum menyebabkan meninggal gan, tenang penyakit ini bisa diobati tapi tak bisa disembuhkan kecuali paru anda diganti dengan yang baru..emoticon-Hammer2cuma agan bisa bayangkan tersiksanya kondisi seperti itu, dan kondisi itu akan bisa mengakibatkan banyak komplikasi.. bisa jantung menjadi Cor pulmo Chronicum.. itu bayangan singkat yang bisa ane jelasin gan, ane mohon maaf belum bisa menjelaskan detail satu persatu proses penyakit yang diakibatkan rokok.. karena prosesnya cukup kompleks gan.. semoga hal ini bisa jadi pertimbangan..

mungkin video ini sedikit membantu
Spoiler for COPD alias PPOK:


ini contoh hasil otopsi paru orang yang perokok dan non perokok
Spoiler for perbedaan paru tidak perokok dan perokok:


ini short video tentang berapa harga nyawa agan..
Spoiler for rokok? berapa harga nyawa agan?:


Tobacco Fact (sumber WHO)
Tobacco kills up to half of its users.
Tobacco kills nearly 6 million people each year. More than five million of those deaths are the result of direct tobacco use while more than 600 000 are the result of non-smokers being exposed to second-hand smoke. Unless urgent action is taken, the annual death toll could rise to more than eight million by 2030.
Nearly 80% of the world's one billion smokers live in low- and middle-income countries.
Consumption of tobacco products is increasing globally, though it is decreasing in some high-income and upper middle-income countries.

In 2002 COPD was thefifth leading cause of death (sumber WHO)

Spoiler for sumber lain:


terimakasih buat agan agan yang membaca dengan serius.. emoticon-Malu (S)

Don't Let be That Day (the day when you have this disease and nearly death) Become the First Day that You Realize You Have to Stop Smoke Cigarette..
Diubah oleh efeluce 19-04-2014 05:33
0
3.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan