chaseungwonAvatar border
TS
chaseungwon
Sedikit Informasi Gan, Apa Gunanya Sensor O2 Pada Motor Sekarang, Contoh Vixion, CBR


Sepedamotor saat ini menghadapi banyak peraturan yang harus dipatuhi agar sepedamotor tersebut dapat dijual kepada masyarakat umum, tidak lagi seperti dahulu, pernah terjadi dahulu produsen saling berlomba membuat sepedamotor tercepat, yang dapat dijual kepada umum, sekarang sudah tidak bisa lagi, sepedamotor dibatasi kecepatan maksimalnya. Demikian juga dengan faktor emisi atau polusi yang dihasilkan harus dibatasi, racun hasil pembakaran mesin yang keluar dari ujung knalpot harus rendah sebelum dilepas ke-udara bebas. CO, NOx, adalah beberapa racun yang keluar dari hasil pembakaran BBM dengan Udara, secara teori BBM dapat dibakar sempurna, jika perbandingan berat Udara:BBM = 14,7:1 namun mesin tidak selalu dapat berjalan baik pada kondisi ini, misalnya saat mesin dingin, akselerasi, perlu perbandingan yang lebih kaya, maka pada model karburator ada CHOKE (cuk-memperkaya AFR saat mesin dingin), sedangkan untuk menghasilkan tenaga maksimal perbandingan AFR 12,8~13:1. – Air Fuel Ratio -

O2 sensor adalah alat yang dapat mendeteksi kadar oksigen yang melewatinya, dengan karakteristik ini O2 sensor dipakai oleh produsen sepedamotor untuk membaca kadar oksigen yang terkandung dalam gas buang, memberi informasi kepada Kontrol Unit Injeksi (ECU) mengatur debit BBM yang diinjeksikan kedalam ruang bakar supaya gas buang masih sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, Indonesia saat ini menggunakan standar uji EURO 2 dengan metode test ECE R40.

O2 sensor dibagi menjadi 2 macam yaitu:
- Narrow Band, hanya dapat mengukur rasio 14,7:1, tegangan 0~1 volt, ciri fisiknya mempunyai 2 (3) kabel menuju ECU, digunakan untuk kontrol emisi.
- Wide Band, dapat mengukur rasio campuran kaya atau miskin, tegangan 0~5 volt, ciri fisiknya mempunyai 5 (6) kabel menuju ECU, digunakan untuk setting ECU Map maksimal.

Sumber : http://bengkelsepedamotor.wordpress....k-sepedamotor/


Quote:


Diubah oleh chaseungwon 16-04-2014 02:42
ramadhan.idhan
ramadhan.idhan memberi reputasi
1
11.8K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan