wuyie014Avatar border
TS
wuyie014
Lintasi 3 negara dengan motor bebek'nya gan... mantabb....
Jiwa peturing sejati seorang Luqita Aswara tak hanya teruji sebatas jarak Purwakarta sampai Pulau Kalimantan saja. Dia akhirnya berani jalani turing selama 10 hari di Malaysia dan Brunei Darussalam. Walaupun sebenarnya Yukie (sapaan akrab) awalnya hanya ingin sampai di perbatasan negara Indonesia-Malaysia.

"Awalnya saya hanya ingin sampai di perbatasan negara. Saya ingin tahu ada hal apa saja yang berada di perbatasan negara," cerita Yukie saat singgah di redaksi SPORTKU.com.

Sebelum sampai di perbatasan negara, Yukie bisa menikmati keindahan pemandangan. Dia menyusuri jalan Pantai Utara Kalimantan Barat sampai dengan Sambas lalu masuk ke Singkawang, Sungai Pinyuh, Ngabang, Sosok, Tanjung, Kembayan, Beduai, Balai Karangan dan berakhir di PLN (Pos Lintas Negara) daerah Entikong.

"Selama perjalanan 4 hari tersebut banyak pelajaran menarik. Komunitas bikers, adat dan kebudayaan masyarakat lokal beserta pariwisatanya bisa saya nikmati sekaligus. Dan yang cukup masih kuat yaitu soal adat dan budaya yang bisa berdampingan dengan aturan pemerintah," ceritanya.

Tepat tanggal 17 Februari 2014, Yukie masuk ke perbatasan negara Indonesia-Malaysia, langsung menuju Kuching Sarawak-Malaysia. "Sayang karena terbentur regulasi, saya masuk tanpa bisa membawa motor pribadi saya," keluhnya.

Tapi Yukie cukup sumringah ketika Tay Motors menyediakan sebuah unit Yamaha Lagenda 115Z FI dan akomodasi lengkap. Sampai di Tay Motors Yukie juga langsung disergap media lokal yaitu The Borneo Post untuk interview seputar Jelajah Negeri ini.

Perjalanan Yukie ini bisa terwujud berkat seorang temannya, Nurasiman Simon yang berasal dari Malaysia. Dia yang mengakomodir kelanjutan perjalanan Yukie serta menemaninya selama turing di Malaysia. Dengan total 10 hari perjalanan banyak banget poin yang didapat.

"Salah satunya mengenai dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan dengan matang. Bukan hanya untuk diri tapi dokumen untuk kendaraan juga. Cara masuk ke setiap pos perbatasan negara, bea cukai, surat izin mengemudi di luar negeri dan keragaman adat budaya dua negara pastinya," bilang Yukie.

Perjalanan di Malaysia Timur & Brunei Darussalam, dengan total perjalanan Sarawak, Sabah, Labuan & Brunei Darussalam adalah 4000km.

Tanggal 31 Maret 2014, selesai sudah explorasi JELAJAH NEGERI VI 2014 di Kalimantan Barat, Malaysia & Brunei Darussalam sepanjang 5.722km melintasi di 3 Negara.

"Sebenarnya masih banyak tempat-tempat yang belum diekplorasi," ujar Yukie. Rasa ingin tahu yang tinggi dari seorang Yukie, yang awalnya hanya ingin turing sebatas sampai di perbatasan negara, berujung cerita lain. Cerita yang sangat berharga pastinya bro...
Spoiler for foto 1:

Spoiler for foto 2:

Spoiler for foto 3:

Spoiler for foto 4:

Spoiler for foto5:

Spoiler for foto 5:



sumber
0
4.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan