MukaKelingAvatar border
TS
MukaKeling
[Share] Tips Trik Membuat Stop Motion
Wah, belakangan ini saya baru melihat ada film-film pendek yang isinya tentang potongan gambar yang saling berhubungan. Ternyata film ini ada namanya sendiri, dan menggunakan cara yang berbeda dari teknikfilm pada umumnya. Film jenis ini namanya adalah film Stop Motion.

Film Stop Motion merupakan film yang cara pembuatannya dengan menggunakan berbagai potongan gambar yang saling berhubungan dengan gambar lainnya. Sekarang udah banyak sekali film-film stop motion yang ada di Youtube.

Cara pembuatan film stop motion ini kini mulai menjadi trend masyarakat pecinta film. Selain pembuatannya mudah, pembuatan film stopmotion ini hanya menghabiskan sedikit biaya saja, sehingga jauh lebih murah dibandingkan dengan pembuatan film biasa pada umumnya.

Untuk membuat film Stop Motion, kita hanya membutuhkan beberapa peralatan yang terbilang cukup mudah untuk dijangkau. Kita bisa menggunakan kamera SLR, tripod dan yang pastinya adalah komputer atau laptop.

Kita bisa menggunakan kamera sederhana, namun apabila kita mempunyai kamera SLR malah lebih bagus. Kalau tripod fungsinya hanya untuk menyangga kamera aja agar bisa tetap fokus, jadi framenya nggak goyang atauberubah-ubah. Tanpa tripod juga nggak jadi masalah sih, cuma hasilnya nanti agak goyang, yah nggak sebagus tripod tapi lumayan.

Quote:


Sedangkan komputer atau laptop pasti udah tau sendiri kan fungsinya buat apa. Jadi dari gambar yang kita ambil dari kamera, nanti diedit sendiri deh di komputer kita. Software buat edit gambar jadi film ada banyak,di Windows sendiri juga udah langsung nyediain, kita bisa langsung menggunakan aplikasi Windows Movie Maker, adobe premier dll

Cara Membuat Video Stop Motion

stop motion mungkin bisa saya bilang salah satu konsep teknik dan visual dari motion grafis dan animasi, stop motion yaitu pembuatan sebuah animasi dengan menggunakan camera foto dan mengcapture object frame by frame sehingga timbul sebuah pergerakan dari in between foto2 tersebut. ini merupakan teknik animasi sederhana yang bisa kita lakukan dan buat tanpa harus banyak belajar software komputer, kitapun bisa membuat visual 3d, 2d, atau reelShoot dengan stop motion.

walaupun teknik ini terkesan sangat konvensional dan murahan, tapi gak kayak gitu sebenrnya, semuanya tergantung bagaimana kita melakukan eksekusi, konsep cerita dan daya kreasi kita. untuk lebih lanjutnya yuk kita liat gimana tips sederhana cara pembuatan animasi stop motion

Quote:


Selamat Mencoba gan emoticon-Smilie
tata604
tata604 memberi reputasi
1
69.3K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan