Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dualheartAvatar border
TS
dualheart
Tahukah agan mengenai donor organ?
Tahukah agan mengenai donor organ?
Donor bukan hanya dapat dilakukan untuk darah, namun juga dapat dilakukan pada organ tubuh. Layanan transplantasi organ (dikenal masyarakat sebagai cangkok organ) sudah lama dijalankan di dunia kedokteran, termasuk di Indonesia. Di Indonesia telah dijalankan cangkok kornea, cangkok ginjal, sumsum tulang, dan belakangan ini sudah dimulai cangkok hati. Di luar negeri juga telah dilakukan transplantasi jantung, pankreas, dan juga organ tubuh lain. Terapi cangkok organ telah berhasil meningkatkan kualitas hidup penderita dan menyelamatkan pasien dari ancaman kematian. Penderita gagal ginjal terminal, misalnya, memerlukan hemodialisa yang terus-menerus. Jika dilakukan cangkok ginjal, kualitas hidupnya akan lebih baik.

Cangkok kornea dan ginjal sudah populer di kalangan masyarakat. Cukup banyak anggota masyarakat yang mendaftar menjadi donor kornea. Namun, kebutuhan kornea di Indonesia cukup tinggi, karena itu kita masih mendatangkan kornea dari negara lain, misalnya Sri Lanka. Sudah lama para pelopor cangkok ginjal mengimpikan agar di Indonesia, ginjal yang akan dicangkokkan dapat dari donor yang meninggal (meninggal batang otak). Telah dilakukan pendekatan dengan kalangan agama dan sebenarnya sudah cukup lama kalangan agama mendukung gagasan ini. Sekarang tinggallah bagaimana mengajak masyarakat untuk menyumbangkan ginjalnya jika mereka meninggal nanti.Layanan transplantasi organ (dikenal masyarakat sebagai cangkok organ) sudah lama dijalankan di dunia kedokteran, termasuk di Indonesia. Di Indonesia telah dijalankan cangkok kornea, cangkok ginjal, sumsum tulang, dan belakangan ini sudah dimulai cangkok hati. Terapi cangkok organ telah berhasil meningkatkan kualitas hidup penderita dan menyelamatkan pasien dari ancaman kematian.

Untuk donor organ tubuh dapat digunakan orang yang masih hidup dan orang mati (cadaver). Namun, biasanya donor organ dilakukan pada penyumbang organ setelah ia meninggal. Saat pertamakali orang dinyatakan meninggal atau yang disebut kematian somatis, secara klinis dianggap mati karena tidak ada fungsi napas. Namun, belum berarti semua sel dalam tubuhnya mati. Tergantung dari kemampuan organ tersebut tahan dengan tidak adanya oksigen. Makin tahan organ tersebut dengan tidak adanya oksigen maka makin lama kematian seluler-nya.

Kornea mata dan darah langka dapat digunakan dengan batas waktu 6 jam setelah kematian somatik. Jantung dapat digunakan dengan batas waktu 1 jam dari kematian somatik. Ginjal dengan batas waktu 45 menit dari kematian somatik, dan transplantasi hati hanya 15 menit setelah kematian somatik. Bahkan sekarang ini ada bagian tubuh seperti selaput otak dan tendor di otot dapat berfungsi beberapa jam setelah kematian somatik Waktu kematian selulernya bisa panjang sampai 10 jam. Selaput otak bisa digunakan untuk genderang telinga yang robek sehingga dapat membantu penderita tuli (bukan tuli bawaan). Dewasa ini sudah banyak yayasan di Indonesia yang membantu donor organ, seperti Yayasan Ginjal Indonesia (Yagina), Yayasan Mata, dan lain-lain. Yayasan tersebut membantu melakukan penyuluhan juga pendampingan jika diperlukan. Yayasan ini akan membantu jika seseorang bersedia menyumbangkan organ tubuhnya untuk menolong orang lain. Jadi jika ada anggota masyarakat berniat suci menyumbangkan organ tubuhnya dapat menghubungi yayasan yang berkaitan atau juga dapat menghubungi rumah sakit khusus yang menangani kasus yang berkaitan.
Tahukah agan mengenai donor organ?

Sorry ya gan, ane masih oon banget ttg kaskus, apalagi ngethread. Makasih buat yang udh baca
Diubah oleh dualheart 11-04-2014 08:23
0
4.2K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan