Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

oki28rypaAvatar border
TS
oki28rypa
PARTAI SAPI DITAKUTI GA:PDIP, Gerindra dan Golkar Diminta Jangan Koalisi 'Dagang Sapi
PARTAI SAPI DITAKUTI GA:PDIP, Gerindra dan Golkar Diminta Jangan Koalisi 'Dagang Sapi
Jakarta - Munculnya penghitungan cepat (quick count) sementara hasil Pemilu legislatif 2014 sudah bisa untuk menggambarkan langkah ke depan untuk koalisi. Tak ada satu pun partai politik yang tak perlu koalisi mengingat tidak ada yang dapat suara mayoritas.

Tiga partai yang berhasil mencapai suara di atas 10 persen namun di bawah 20 persen, yaitu PDI Perjuangan, Golkar, dan Gerindra diingatkan untuk tak asal menggandeng mitra koalisi dengan partai papan tengah untuk memuluskan langkah calon presidennya masing-masing.

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Arie Dwipayana, menekankan semua partai politik harus mengevaluasi bentuk koalisi yang pernah dilakukan pada Pemilu 2004 dan 2009 lalu. Koalisi jangan hanya didasari pada pragmatisme kekuasaan. "Itu tidak membuat pemerintahan yang efektif," kata Arie saat berbincang dengan detikcom, Kamis (10/4/2014).

Arie mengatakan koalisi yang dibutuhkan saat ini adalah yang didasarkan pada platform ideologis dan juga platform kebijakan partai. Hal ini bertujuan untuk membangun pemerintahan yang kuat dan efektif. "Misalnya kalau PDIP ingin membangun sistem presidensial yang kuat maka harus percaya diri," ujarnya.

Jadi, Arie menegaskan, politik "dagang sapi" atau juga politik transaksional harus dihindari karena kalau hanya didasari pada kepentingan sesaat guna mencari keuntungan maka tidak akan bisa membentuk pemerintahan yang efektif dan kuat. "Harus dipikirkan untuk membangun koalisi yang permanen," ujar Arie menegaskan.
hahaaaa partai sapi gak laku gannnn.....
nona212
nona212 memberi reputasi
1
1K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan