Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

boolgerAvatar border
TS
boolger
Persaingan Indonesian Idol 2014 VS Dangdut Academy Indosiar
Persaingan dua stasiun TV swasta yaitu RCTI dan Indosiar dalam menyuguhkan program ajang pencarian bakat memang sudah berlangsung dari dulu. Indosiar yang merupakan pelopor ajang pencarian bakat di Indonesia dengan Akademi Fantasi Indosiar sukses besar di awal penayangannya hingga ajang AFI diteruskan beberapa episode. Hal tersebut membuat Indosiar semakin bersinar tanpa ada yang mengalahkan.

Namun melihat kesuksesan tersebut RCTI akhirnya mengadakan sebuah kompetisi bernyanyi yang diadopsi dari amerika yang diberi nama Indonesian Idol. Indonesian Idol musim pertama seakan-akan menjadi bayang-bayang bagi ajang AFI di Indosiar. Yang lambat laun kesuksesannya berpindah ke ajang Indoensian Idol.

Hal tersebut seakan menjadi tamparan bagi pihak Indosiar yang sudah sangat berpengalaman menciptakan ajang pencarian bakat yang mampu menyedot animo penonton di seluruh Indonesia seperti AFI, Mamamia, Stardut, Dangdut in, dan The Voice.

Namun pada akhirnya di awal tahun 2014 Indosiar harus rela menyerahkan tahta sebagai stasiun TV yang mampu sukses besar dalam mengadakan ajang pencarian bakat ke tangan RCTI dengan programnya yaitu Indonesian Idol dan X Factor. Hal tersebut terbukti dengan jatuhnya rating ajang New AFI 2013 yang merupakan lanjutan dari episode AFI sebelumnya oleh ajang Indonesian Idol 2014.


New AFI 2013 yang telah tayang lebih awal beberapa bulan dari Indonesian Idol 2014. Namun acara ini seolah langsung terbenam di pertengahan acaranya karena kalah bersaing dengan acara Indonesian Idol 2014. Memang dari awal diadakannya New AFI 2013, rating acaranya tergolong biasa saja. Hal ini terlihat dengan tidak begitu hebohnya topic pembicaraan tentang acara ini di Internet. Dengan berbagai kontroversi yang muncul di acara New AFI 2013 ini, acara ini perlahan mulai kurang disukai penonton.

Indonesian Idol dan AFI pasti memiliki kontroversi di acaranya masing-masing, kini persoalannya bagaimana tim kreatif memanfaatkan hal negatif tersebut menjadi hal positif. Kontroversi bisa memberi efek untuk mendongkrak rating dari sebuah acara, akan tetapi dapat juga meredupkan rating acara tersebut. Tim kreatif acara harus jeli dan pintar memanfaatkan sebuah kontroversi agar hal tersebut bisa mendongkrak rating dari acaranya.


RCTI untuk sementara ada di atas Angin. Acara Indonesian Idol 2014 begitu menggema di awal dan mampu meluluh lantahkan acara New AFI 2013 sehingga tidak bergaung sedikitpun sampai final.

Faktanya memang di masa sekarang ini, acara-acara pencarian bakat dari RCTI lebih disukai penonton Indonesia. Oleh sebab itu tim kreatif dari pencarian bakat di TV lain harus membuat terobosan baru dengan menciptakan ide-ide brilian maupun yang tergolong gila-gilaan sekalipun. Indonesian Idol dan Akademi Fantasi Indosiar (AFI) sebenarnya sama-sama dilatarbelakangi bisnis, jadi bagaimanapun juga ada keputusan-keputusan di acara TV tersebut yang menuai kontroversi yang sebenarnya itu dirancang untuk menyelamatkan bisnis dunia hiburan tersebut. Penonton harus menerima hal tersebut walaupun kadang mengecewakan.

Kesuksesan Indonesian Idol mendapat perhatian penonton Indonesia tidak lepas dari para kontestannya yang bagus-bagus serta kontroversi.
Salah satunya adalah Nowela yang memiliki keunikan suara dan Virzha yang memiliki suara mirip once mantan vocalis dewa serta Sarah (kontestan berjilbab).

Disisi ini seharusnya Indonesian Idol 2014 jeli melihat adanya kontroversi melalui kontestan bernama Sarah yang disebut-sebut menyaingi Fatin (juara ajang X Factor di RCTI yang sukses besar pada tayangan perdanya).

Tidak sedikit orang yang berpandangan bahwa di Indonesian Idol 2014 akan terjadi persaingan ulangan antara dua kontestan seperti di ajang x factor yaitu Novita Dewi dan Fatin Sidqia Lubi.
Ya,,,Nowella dan Sarah bisa jadi disebut-sebut sebagai magnet Indoensian Idol 2014 serupa dengan X factor.

Namun kekecewaan bagi para penonton Indonesia kepada ajang Indonesian Idol 2014 mulai terasa. Hal tersebut dikarenakan di ajang tersebut banyak kontestan yang memiliki kualitas lebih sudah tersisih di awal-awal seperti contohnya Yunita dan Sarah. Sehingga kini acaranya sudah mendapatkan 6 besar, Indoensian Idol yang pada awal-awal penayangannya diprediksi akan sukses besar kehilangan gregetnya.

Disisi lain Indosiar menggebrak dengan menyuguhkan acara pencarian bakat bertema Dangdut yang langsung meluncur ke rating 1 acara TV di Indonesia. Acara tersebut bernama Dangdut Academy Indosiar.


Ditengah-tengah kekecewaan penonton Indonesia akan persaingan dan kontroversi di Indonesian Idol 2014 yang terasa semakin kesini semakin kurang, Indosiar kembali mengangkat Dangdut (musik asli Indonesia) sebagai ajang pencarian bakat untuk menenggelamkan ajang Indonesian Idol 2014 yang sebelumnya telah menenggelamkan acara New AFI 2013.

Dan hal tersebut nampaknya sukses besar.Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya penonton yang hadir melihat acara tersebut langsung di studio.

Gambar dibawah ini yang bisa menjelaskannya secarra details maksud tulisan diatas.

Penonton Indonesian Idol 2014



Silahkan badningkan dengan Penonton Dangdut Academy Indosiar




Indosiar menandingkan ajang Dangdut Academy Indosiar dengan mengangkat kembali musik asli indonesia dengan Indonesian Idol 2014 nya RCTI yang rata-rata kontestannya menyanyikan lagu-lagu inggris yang menjadikan sok ke barat-baratan bagi sebagian penonton yang kontra acara tersebut.
Dan nampaknya strategi Indosiar itu sangat tepat. Ajang Indonesian Idol 2014 yang sebelumnya mampu menenggelamkan acara New AFI 2013 nyatanya tidak berdaya melawan Dangdut Academy Indosiar.


Well,,,Memang kesuksesan suatu acara itu harus didukung dengan banyak faktor. Kejayaan suatu acara tidak akan bertahan lama kalau acara tersebut tidak memiliki kontroversi dan daya tarik yang lebih bagi penonton.

Sekian ulasan dari Saya.

Nah supaya afdol saya sertakan data statistik kedua pesaing.



JURI

Juri Indonesian Idol 2014


VS

Juri Dangdut Academy Indosiar



Zaskia Gotik kemudian diganti oleh




HOST

Indonesian Idol 2014



VS

Dangdut Academy Indosiar



CALON JUARA (Menurut Feeling Saya yak)

Indonesian Idol 2014



VS

Dangdut Academy Indosiar




Terimakasih sudah berkungjung mohon di emoticon-Blue Guy Cendol (L)
:rating

Diubah oleh boolger 09-04-2014 06:51
0
12.6K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan