joenwicakAvatar border
TS
joenwicak
# INFO # Mengapa Saya Cepat Menjadi Lelah
Newbie mohon ijin share :

Mengapa Saya Cepat Menjadi Lelah ?

Apakah normal jika saya merasa lelah sepanjang hari ?
Jika Agan sibuk , stress dan kurang tidur maka agan pasti merasa lelah , hal yang umum terjadi dewasa ini. Namun jika kelelahan itu berlangsung sepanjang hari maka itu tidak normal .
Mulailah dengan melakukan chek-up kondisi kesehatan agan , karena rasa lelah berkepanjangan merupakan idikator adanya penyakit yang ada di tubuh agan , contohnya penderita diabetes akan mudah merasa lelah , lapar dan haus , ataupun kekurangan vitamin tertentu / anemia .
Jika ternyata agan sehat –sehat saja , sebenarnya apakah yang menyebabkan energy agan menjadi cepat habis sehingga mudah merasa lelah , jawabannya ada beberapa penyebab :
Stress
Penyebab utama masalah kelelahan adalah stress , orang yang tertekan karena pekerjaan , target , hutang , ketakutan dan kecemasan seperti kehilangan pekerjaan , masalah rumah tangga , takut kehilangan orang yang dicintai , etc , akan susah tidur sehingga badan menjadi tidak fit .
Depresi
Para Ahli menyatakan bahwa orang yang mengalami depresi / kesedihan / keputusasaan akan cenderung kehilangan semangat juang , perasaan ini jelas akan mengakibatkan tubuh merasa lelah dan kalah .
Makanan dan Minuman tidak sehat
Hal ini jelas terlihat dari prinsip “ garbage in –garbage out “ sampah masuk maka sampah pula yang keluar .Contohnya bila agan terbiasa mabuk alcohol pada petang hari maka pada saat agan tidur tubuh akan berusaha keras mengeluarkan hal-hal yang bersifat racun sehingga agan tidak mendapatkan tidur yang nyaman dan bangun dalam keadaan capek .
Bekerja atau Berolahraga terlalu keras .
Jika Agan tidak terbiasa lembur , lalu lembur , atau agan melakukan olahraga setelah lama tidak berolahraga maka esok hari agan akan bangun dengan kondisi tubuh yang capek , lelah dan pegal.

Hal-hal diatas merupakan penyebab capek secara umum , untuk mengatasinya maka evaluasilah gaya hidup anda selama ini , apakah saya bekerja terlalu keras , jika ya rekreasi dan usahakan mendapatkan tidur yang berkualitas ; apakah saya stress ? , jika ya tenangkan pikiran anda : apakah saya depresi ? jika ya dekatkanlah diri anda kepada TUHAN dan yakini bahwa apa yang sudah terjadi tidak melebihi kekuatan anda ; apakah saya bekerja terlalu keras ? jika ya maka persiapkanlah diri anda :


1. Berolahragalah secara bertahap dan rutin
Orang yang rutin berolahraga akan fit badannya dan tidur nyeyak , jika anda ingin berolahraga , mulailah secara bertahap , olahraga pada pagi hari seperti push-up , sit-up crunch serta jogging dengan durasi 15-30 menit setiap hari selama 4/5 hari seminggu akan membuat tubuh anda fit dan bugar .
2. Isilah tubuh anda dengan makanan yang sehat .
Cobalah untuk mengurangi gula ,konsumsi gula berlebih dapat membuat anda gemuk , lambat dan terkena diabetes . Makan makanan sehat seperti sayuran , buah-buahan , protein dan serat . Minum air putih segelas tiap dua sampai empat jam untuk mencegah dehidrasi . Hindari zat adiktif seperti kaffein dan alcohol yang menyebabkan anda susah tidur .
3. Bersihkan kamar anda
Pasti anda heran apa hubungannya antara kamar yang bersih dengan capek , hubungannya adalah , kamar yang bersih akan membuat tidur anda lebih higienis dan nyaman sehingga anda bisa optimal beristirahat dan bangun dengan kondisi tubuh fresh .
4. Berjemurlah sebentar di pagi hari
Berjemur sekitar lima belas menit pada pagi hari untuk menangkap energi cahaya pagi dapat menaikan level energy tubuh anda .
5. Minum vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh anda
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tubuh merasa lelah , minumlah vitamin sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter anda .

Sebagian besar masalah mengapa tubuh anda mudah merasa capek sepanjang hari adalah karena gaya hidup yang tidak sehat , karena itu solusinya adalah mengubah gaya hidup karena gaya hidup yang sehat akan meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas anda .Terimakasih



Referensi :
http://www.nhs.uk/Livewell/tiredness...m-I-tired.aspx
http://www.webmd.com/women/guide/why...fatigue?page=2
http://upwave.com/sleep/feeling-tired-all-the-time
pengalaman pribadi TS

Semoga Info yang Ane Share dapat bermanfaat bagi agan sekalian
maaf kalo repost
Mohon jangan emoticon-Mad (S) dan emoticon-Blue Guy Bata (S) ya Gan
Kalo berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) hehehehe
Diubah oleh joenwicak 05-04-2014 04:49
0
1.9K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan