Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GPO2AAvatar border
TS
GPO2A
Survei: PKS partai Islam paling tidak disuka
Kasus korupsi yang menjerat elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepertinya berdampak signifikan terhadap citra partai Islam itu. Bahkan, dari lima partai berideologi/berbasis massa Islam peserta Pemilu 2014, PKS adalah yang paling kurang disukai pemilih.

Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) yang dirilis di Jakarta, Minggu (24/11), menunjukkan hanya 30,5 persen responden yang menyukai PKS. Tertinggi disuka adalah PPP dengan 45,8 persen, kemudian PKB 44,1 persen, PAN 40,7 persen dan PBB 35,8 persen.

Hal ini sejalan dengan sentimen negatif yang diterima PKS lewat pemberitaan media. Sepanjang Mei-Oktober 2013, sebanyak 33,23 persen pemberitaan media di lima media cetak nasional dan 21,48 persen di media online, memberitakan negatif partai yang dipimpin Anis Matta itu.

Soal loyalitas pendukung, PKS juga paling lemah dibanding empat partai Islam yang lain. Hanya 36,4 persen responden yang memilih PKS pada Pemilu 2009 akan memilih lagi partai yang sama pada 2014. Sementara itu, loyalitas pendukung tertinggi adalah PPP dengan 64,7 persen, kemudian PAN 54,2 persen, PKB 50,1 persen, dan PBB 40,1 persen.

Pemilih mengambang (swing voters) di PKS, menurut survei, juga yang paling banyak dengan 53,8 persen. Selanjutnya swing voters terendah di PBB 44,5 persen, PAN 40,9 persen, PPP 32,5 persen, dan PKB 27,5 persen.

Direktur Eksekutif LSN, Umar S Bakry, mengatakan jika PKS mau meningkatkan citra positifnya, maka partai tersebut harus lepas dulu dari jeratan kasus korupsi.

"Bagaimana menghilangkan lilitan korupsi di tubuh mereka. Kalau isu korupsi itu sudah harus berkurang, dengan sendirinya kepercayaan simpatisan juga akan tumbuh," kata Umar.

Survei ini mengambil sampel sebanyak 1.240 responden dengan teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling), margin of error +/- 2.8 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

http://m.merdeka.com/politik/survei-...k-disukai.html

berita bohong tdk mungkin ini
emoticon-Mad (S)
0
3.6K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan