jieverhoevenAvatar border
TS
jieverhoeven
5 Hal yang Harus Kamu Tinggalin Sebelum Masuk Dunia Kuliah


Nggak terasa Ujian Nasional udah di depan mata. Akhirnya selama tiga tahun kepala kamu dijejelin sama pelajaran sekolah yang bikin otak ngebul, kamu bakal melepas seragam putih abu-abu dalam satu langkah lagi. Semangat!

Eh tapi ada yang harus kamu tau, setelah lulus sekolah kamu akan dihadapkan dengan kehidupan baru, yaitu dunia kuliah, yang konon disebut-sebut gerbang menuju dunianya orang dewasa.

Dalam dunia baru ini, banyak hal yang harus kamu prioritaskan untuk dilakuin, untuk itu kamu mau nggak mau harus ninggalin hal-hal lama yang sering kamu lakuin. Ini semua supaya kamu bisa masuk dan beradaptasi dunia perkuliahan.


Tongkrongan Nggak Jelas
Saat sekolah, sebagian dari kamu pasti punya temen atau katakanlah geng yang biasa nongkrong pas pulang sekolah. Entah di kantin, di lapangan, di warkop, atau di dalem sumur, yang jelas sepulang sekolah kamu langsung nongkrong sama mereka.

Perlu kamu ketahui, saat memasuki dunia kuliah kamu bakal sibuk banget. Mulai dari belajar, ngerjain tugas kuliah yang terus beranak-pinak membelah diri, ngikutin organisasi kampus, sampe ikut demo kenaikan harga pecel ayam.

Nah, kalo tongkrongan kamu ngalor ngidul atau nggak jelas apa yang dibahas mending ditinggalin, cari tongkrongan lain yang bisa memberi hal positif buat diri kamu.



Hobi yang Nggak Bermanfaat
Manusia mana yang nggak punya hobi? Nyonya Meener aja sebelum nyiptain berbagai jenis jamu pasti punya hobi. Kayak gue misalnya yang dulu anak warnet, sekarang gue udah ninggalin jauh-jauh yang namanya komputer, dan sekarang fokus sama penelitian sambel pecel ayam kuliah dan kerja.

Kalo kamu punya hobi yang sekiranya nggak bermanfaat, ngabisin duit atau malah merugikan, tinggalin aja daripada ngabisin waktu, atau cari hobi baru yang lebih bermanfaat.



Pola Pikir Labil
Semakin kita beranjak dewasa, kita bakal menghadapi hal-hal baru yang membutuhkan pikiran dewasa juga. Kalo pola pikir kamu masih kayak anak TK yang suka nangis meraung-raung pas nggak dapet apa yang dipenginin, kamu harus banget ubah pola pikir kamu.

Mulailah belajar untuk mengatur diri dan waktu dan juga menerima keadaan. Change your mind, not your self.


Harus punya sikap, mau A ya A, mau B ya B. Jangan di antara A dan B.

Hubungan yang Nggak Dewasa
Sebetulnya hubungan yang baik itu hubungan yang bisa menuntun kamu jadi lebih dewasa. Tapi sering banget gue liat orang yang pacaran malah kayak anak kecil yang gak karuan ngambek dan dramanya.

Hubungan kayak gitu yang bikin pikiran dan waktu kamu tersita. Yang ada nanti kuliah kamu keteter, nilai jelek, dan ngecewain orang tua kamu. Gue bukan nyuruh kamu mutusin pacar kamu lho. Tapi percaya deh, pas kuliah nanti kamu bakal bertemu dan kenal sama orang yang dewasa, yang bisa nuntun kamu menjadi lebih baik.



Tinggalin Sekolah
Pas kuliah nanti, janganlah kamu kuliah sambil sekolah. Jangan.

Ya namanya juga menghadapi dunia baru, mau nggak mau udah pasti harus ada yang harus ditinggalin. Semua kan demi masa depan, pikirkan hal itu dari sekarang. Semoga kamu-kamu lulus dengan hasil yang memuaskan dan masuk perguruan tinggi yang baik.


Untuk agan-agan yang baik hati jangan lupa di emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan emoticon-Rate 5 Star
dan komengnya yee gan emoticon-Kiss
0
3.9K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan