Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mactomAvatar border
TS
mactom
Cara Membuat SIM Internasional
Berkendara lintas negara adalah opsi yang cukup digandrungi para traveler saat ini. Tapi sebelum itu, Anda perlu mengantongi SIM Internasional yang berlaku di semua negara. Proses pembuatannya tidaklah sulit.

Secara regional, Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia memang berlaku juga di negara-negara Asia Tenggara. Tapi jika ingin berkendara di luar wilayah itu, Anda wajib mengantongi SIM Internasional atau International Driving Permit.

SIM Internasional diterbitkan dalam bentuk kartu dan buku seukuran paspor. Keduanya harus dibawa bersamaan saat Anda berkendara di luar negeri. SIM ini juga berlaku untuk mengatasi kesulitan sepanjang berkendara. Bahkan, di lebih dari 200 negara, Anda tak bisa menyewa mobil jika tak mengantongi SIM Internasional!

Sama seperti di Indonesia, SIM Internasional juga terbagi jadi 5 golongan. Yang paling banyak digunakan oleh para traveler adalah Golongan A (untuk sepeda motor) dan Golongan B (untuk mobil dengan maksimal 8 penumpang).

Membuat SIM Internasional tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa dokumen persyaratan. Mengutip situs TMC Polda Metro Jaya,berikut 5 langkah membuat SIM Internasional:

Spoiler for Langkah Pertama:


Spoiler for Langkah Kedua:


Spoiler for Langkah Ketiga:


Spoiler for Langkah Keempat:


Spoiler for Langkah Kelima:


SIM Internasional berlaku untuk 3 tahun. Jika tidak mengantre, proses pembuatan SIM Internasional bisa selesai dalam waktu 20 menit,, kalo bener2 ga ada antrean sama sekali ya gan..emoticon-Ngakak

Nah, tidak sulit kan membuat SIM Internasional? Dengan mengantongi SIM ini, Anda bisa mengikuti jejak para traveler yang sebelumnya berkeliling dunia mengendarai motor atau mobil.


Quote:


Quote:


Spoiler for komen dari suhu-suhu:
Diubah oleh mactom 17-04-2014 11:08
0
5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan