Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

flinttimAvatar border
TS
flinttim
Apa Keuntungan Menerapkan E-Learning?
E-learning merupakan sistem pembelajaran secara virtual sehingga guru maupun siswa tidak perlu bertatap muka secara langsung, serta dapat berkomunikasi setiap saat dan dimana saja. Dengan adanya E-Learning ini akan mempermudah guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar karena lebih fleksibel dari segi waktu dan tempat. E-learning adalah istilah yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi.





Materi E-Learning sebenarnya tidak harus didistribusikan secara on-line, bisa juga distribusi secara off-line dengan media CD/DVD. Sehingga siswa yang tidak memiliki akses internet tetap dapat menikmati teknologi E-learning ini sebagai media pembelajaran.

Apa keuntungan menggunakan E-learning?

7 keuntungan E-Learning:

1.Cepat, mudah dan efisien

Dapatkah Anda bayangkan betapa dimudahkannya pengajar bila Ms. Word di manfaatkan sebagai media distribusi untuk catatan, tugas sekolah, tugas rumah, bahkan ulangan harian dibandingkan mereka masing -masing harus mencatat ulang dari papan tulis? Cara ini telah banyak digunakan oleh pengajar di luar sana.

2.Kapasitas & konsisten

E-learning meningkatkan fokus siswa untuk menangkap pesan dari materi yang disampaikan oleh pengajar dengan tingkat pemerataan penyampaian materi yang lebih tinggi.

3.Tingkat daya tangkap lebih tinggi

Tingkat daya tangkap siswa terhadap pesan yang disampaikan lebih tinggi karena mengkombinasikan 3 tipe cara belajar anak yaitu, visual, auditory dan kinestetik. Untuk lebih jelas mengenai 3 tipe belajar anak silahkan baca juga artikel Kenali 3 Cara Belajar Anak berikut ini: http://www.kesekolah.com/solusi-pend...ajar-anak.html

4.Efektivitas waktu & biaya

Dengan E-learning Anda dapat menciptakan kelas digital yang dimana pengajar atau siswa tidak perlu secara fisik menghadiri kelas diwaktu tertentu. Demikian Anda dapat menghemat waktu dan biaya Anda dari biaya travel yang mahal yang diperlukan untuk menghadiri kelas. Selain itu siswa dapat memutar ulang pengajaran guru yang telah direkam dalam bentuk audio maupun video, dengan adanya rekaman audio atau video tersebut guru tidak perlu lagi menjelaskan ulang bila ada siswa yang bertanya.

5.Aktivitas belajar yang terukur

Jika Anda menggunakan LMS atau learning management system, dengan mudah Anda dapat mengetahui kegiatan belajar siswa Anda melalui report yang lengkap

6.Environmental friendliness

Contoh sederhana teknologi ramah lingkungan yang sering kita gunakan adalah dokumen PDF. Dengan Adobe PDF ini kita dapat menyimpan data dalam bentuk format file yang dapat dicetak suatu saat jika memang dibutuhkan, sehingga penggunaan kertas yang tidak diperlukan dapat dikurangi.

7.Flexibility

E-learning memungkinkan siswa belajar dengan fleksibilitas kapanpun dimanapun mereka mau.

Sumber: Kesekolah.com
0
1.6K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan