mailweAvatar border
TS
mailwe
DASYATNYA SEBUAH UCAPAN Tradisi Unik Meneriaki Pohon Agar Mati


MULUTMU ADALAH HARIMAUMU..mungkin kita pernah dengar pribahasa diatas,,mungkin banyak pula agan2/sista2 pernah dengar KATA2 ADALAH DOA>>>

Ada sebuah teradisi unik di kepulauan Solomon yakni tradisi meneriaki pohon yang besar agar mati dan mudah ditebang.

Masyarakat kepulauan Solomon, yang letaknya di Pasifik Selatan memiliki tradisi yang aneh dan unik dalam membunuh pohon yang besar yang akan mereka tebang, jika ada pohon besar yang sulit ditebang dengan kampak maka pohon tersebut akan diteriaki sambil dihina beramai ramai.

Teriakan yang dilakukan oeleh masyarakayt Solomon kepohon besar ini adalah agar pohon besar tadi cepat mati dan mudah ditebang untuk diambil kayunya.

Ketika ada sebuah pohon besar yang sulit ditebang maka satu orang yang memiliki keberanian tinggi akan menaiki pohon tersebut hinga sampai puncaknya, orang yang berada di puncak ini akan menjadi pemimpin bagi orang yang ada di bawah pohon yang sudah berkumpul untuk meneriaki dan memaki pohon besar tadi.

Nantinya orang yang ada dipuncak pohon ini akan berteriak sekeras kerasnya dengan nada hinaan terhadap pohon besar ini dan akan diikuti oeleh orang orang yang ada di bawah pohon tadi.

Mereka akan menghina dan meneriaki pohon besar ini selama 40 hari secara berturut turut dan hasilnya setelah 40 hari pohon besar dan kokoh ini akan mulai layu dan akhirnya mati setelah mati maka masyarakat akan mudah menumbangkan pohon besar tadi.

Masyarakat Solomon percaya dengan nada makian dan hinaan yang diucapkan dengan keras maka akan perlahan lahan membunuh roh yang ada di dalam mahluk hidup termasuk roh yang ada di dalam pohon besar sekalipun.

Pohon memiliki “ruh” meskipun dia tidak merasakan sakit karena tidak memiliki sistem syaraf. Begitupun manusia yang memiliki ruh, hati, dan pikiran.Seperti Masyarakat kepulauan Solomon, yaitu meneriaki pohon. Hal demikian biasa dilakukan ketika mereka menemukan pohon yang sangat besar dan berakar kuat. Ketika mereka kesulitan untuk menebang pohon tersebut dengan cara biasa. Oleh karena itu, mereka melakukan cara yang menurut mereka tidak pernah gagal, yaitu dengan meneriaki pohon tersebut. Beberapa penduduk yang lebih kuat dan berani akan memanjat ke atas pohon tsb. Kemudian mereka akan berteriak sekuat tenaga pada pohon itu. Mereka lakukan berjam-jam lamanya selama berpuluh-puluh hari dan hasilnya pohon itu lama-lama akan menggugurkan daunnya, layu, dan akhirnya mati.

Filosofi membuat pohon mati dengan meneriakinya ala pulau solomon ini dapat juga terjadi pada seorang guru yang terlalu biasa meneriaki siswanya dengan kata-kata “BODOH”, “LEMOT”, “IDIOT”, dan lain-lain. Siswa kita memiliki hati dan pikiran yang mana ketika dia mendapatkan ejekan dan teriakan negatif, maka hati dan pikiran akan meresponnya. Mereka lambat laun akan memposisikan diri pada apa yang biasa dia dengarkan. Mereka akan menjdai minder, kurang termotivasi, dan merasa dirinya tidak bisa melakukan hal apapun. Hal ini akan membunuh kreativitasnya, bahkan mimpi-mimpinya.

Every child is SPECIAL. Setiap anak terlahir dengan bakat dan kemampuan masing-masing. Tugas guru adalah memukan bakat mereka dan kembangkan potensi mereka. Arahkan dan motivasi mereka untuk meraih mimpi-mimpinya. Schunk (2012) menyatakan bahwa siswa yang merasa percaya diri untuk belajar dan berkinerja baik di sekolah mencari tantangan, berusaha memelajari materi baru, dan bersikap gigih pada tugas yang sulit. Siswa yang termotivasi belajar cenderung mengeluarkan lebih banyak usaha mental selama berlangsungnya aktivitas belajar-mengajar dan menggunakan berbagai strategi kognitif yang diyakininya akan meningkatkan pemelajaran: mengorganisasikan dan menghafal informasi, memotivator level pemahaman dan mengaitkan materi baru dengan pengetahuan sebelumnya.

Mudah2an semua ini bermanfaat bagi kita semua....

Thanks kaskus...

Sumber : Mbah Gugel.... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
15.6K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan