Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

flowluxiaAvatar border
TS
flowluxia
4 Tips Elegan untuk Preparation Resign dari Kantor


Berkarier di kantor itu emang keras dan ngga mudah, kadang lobby bisa ngalahin prestasi. Kadang konflik sederhana bisa ngancurin kerja keras kita bertahun-tahun.

Tapi yang pasti gan, itulah namanya hidup. Kadang enak kadang ngga. Kadang bergelombang macem bulu, kadang juga lurus macem bulu. Anyway, cepet amat ya nyambungya jadi saru -_-)

Lucunya adalah beberapa orang ada yg udah dari awal ngga sreg sama kerjaannya, pengen resign, tapi ngga resign-resign juga sampai sekarang. Dengan alasan ngga tau caranya, dan ngga punya cukup confidence, meskipun uda tau caranya.

Tapi tetep yaaaa, apa pun itu alasan agan, kalo udah ngga betah, ngerasa stuck di kator dan mau resign, mengundurkan dirilah dengan cerdas dan elegan supaya tetap ninggalin kesan positif di antara temen2 kerja maupun pak buk bos kita.

Bilang, aja…
Do: Siapkan alasan yang paling masuk akal dan jujur. Seandainya kita nggak cocok dengan bos, gaji nggak sebanding lagi dengan biaya hidup, bahkan sudah mendapat tawaran kerja di tempat lain? Tinggal bilang, kok. Kalau kita memang berprestasi bukannya mustahil si bos bakal mencarikan ‘solusi’ untuk mempertahankan karyawannya.
Don’t: Mengancam mundur dengan sejuta alasan supaya nominal gaji bertambah atau naik jabatan, sih, sama sekali nggak keren. Mending kalau ditahan, gimana kalau ternyata bos menerima pengunduran diri kita dengan senang hati? Bisa-bisa kita telanjur keluar tanpa pekerjaan, tuh!

Lakukan satu per satu
Do: Setelah memberitahu alasannya, segera siapkan surat pengunduran diri yang ditujukan kepada atasan langsung. Maksudnya supaya bos ingat dan punya cukup waktu buat mencari pengganti diri kita. Siapkan juga tembusannya untuk bagian HRD hingga pemilik perusahaan—biasanya tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.
Don’t: Buru-buru menolak tawaran dari bos karena sudah nggak betah bekerja di situ. Coba pikirkan dulu kalau kita memang belum mendapat pekerjaan baru. Kalau situasi nggak berubah juga, silakan berburu pekerjaan baru. Lebih aman, dong!

Ikut aturan
Do: Urus semua hak yang kita dapatkan dari perusahaan sambil menunggu hari terakhir bekerja (biasanya satu bulan dari tanggal yang tertera di surat pengunduran diri). Mulai dari Jamsostek, ‘tabungan’ pensiun, atau asuransi atas nama kita. Kalau ada sesi interview ikuti sebagai formalitas, bukan ajang curhat, ya!
Don’t: Mengambil properti kantor sebagai suvenir—please, deh! Semua barang di kantor yang kita pakai sejak awal bekerja harus dikembalikan utuh dan dalam keadaan baik. Seminggu setelah resign masih dikejar-kejar oleh sekretaris kantor hanya untuk mengembalikan gunting? Reputasi kita bisa hancur, ah.

Sebelum cabut
Do: Bereskan semua proyek atau pekerjaan yang kita tangani langsung sebelum hari terakhir kerja. Kalau memang sudah ada pengganti, sebaiknya kita ajari dia secara garis besarnya saja. Berguna banget, nih, kalau kita nggak mau berurusan lagi dengan kantor lama, he he…
Don’t: Pergi begitu saja dan meninggalkan setumpuk kerjaan yang tidak terselesaikan sama saja mencari musuh. Ingat, kan, pepatah: Datang tampak muka, pulang tampak punggung?

Kalau dulu kita datang ke kantor secara baik-baik, saat keluar pun harus berbaik-baik. Ucapkan terima kasih dan bina hubungan bisnis yang profesional setelah keluar dari situ, siapa tahu suatu hari kantor baru kita bakal bekerja sama dengan mereka.

Itu tips-tipsnya, bagaimana jadi pengen resign? Untuk poin ke-2 agaknya memang harus diperhatiin banget dan memang itu yang paling susah. Tapi kalo tetep pengen mengundurkan diri dengan elegan silakan ikuti baik2 tips di atas.

Selain 4 tips itu, ane mau ngasi tau cara resign yang brilliant. tapi ini bener2 butuh confidence tinggi sih. Hahaha. bingung jadinya harus nulis di bagian Do atau bagian Don’t. Tapi ngga ada ruginya sih untuk disimak.

Cekidot videonya :



Nah, kerennya adalah setelah dia resign, nama dia jadi booming seantero Youtube, dia dapet job yang lebih bagus. Bahkan masuk ke dalam Youtube Rewind : 2013. AWESOME banget kan?!



Oya, btw kalo mau resign pastiin dulu kamu ngga diputusin sama pacar ya. Kan kasian aja, kalo uda ngga punya kerjaan, pacar pun tak ada. Bahahahaha.

BUKAAAA DONG GAAAAAAN~
Spoiler for asik-asik:


agan yang kece dan budiman jangan lupa bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh flowluxia 26-03-2014 07:11
0
3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan