mi54alAvatar border
TS
mi54al
Karyawan BCA tak puas kerja 20 tahun hanya digaji Rp 7 juta
Serikat Pekerja (SP) BCA Bersatu mengeluhkan sistem pengupahan yang diberlakukan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Lembaga perbankan swasta terbesar di Indonesia dinilai memberikan upah kepada karyawan regulernya jauh lebih rendah dibandingkan bank lain.

"Karyawan yang sudah kerja 15 sampai 20 tahun hanya diupah Rp 7 juta. Mana adil itu," ujar anggota SP BCA Bersatu Hadrianus di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), Jakarta, Senin (24/3).

Hadrianus mengeluhkan tidak adanya mekanisme penaikan pangkat. Menurut dia, hal itu tidak berbeda dengan buruh pabrik.

"Setelah bekerja selama 15 tahun, karyawan eselon 7 tidak mengalami kenaikan eselon. Sama kayak kerja di pabrik. Masuk jadi buruh, keluar tetap jadi buruh," ungkap dia.

Padahal, menurut dia, bekerja di BCA merupakan bentuk pertaruhan karir. Sehingga, menurut dia, jika karir karyawan tidak meningkat dengan masa kerja yang terbilang lama, maka hal itu patut dipertanyakan.

"Perusahaan sesungguhnya tidak mampu mengembangkan sumber daya manusianya," terang Hadrianus.

Lebih lanjut Hadrianus juga melihat, pelatihan untuk peningkatan kualitas karyawan BCA tidak dijalankan sesuai tujuannya sebagai jalur peningkatan karir. Dia menuturkan, banyak karyawan yang ternyata tidak mendapat promosi jabatan meski telah mengikuti training pratama BCA.

"Training pratama BCA adalah program penjenjangan karir. Jika tujuannya bukan untuk penjenjangan karir, sebaiknya dihapuskan atau diikutsertakan dalam training reguler saja," ucapnya.



0
28.3K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan