cah_imoethAvatar border
TS
cah_imoeth
apa pendapat agan tentang larangan film NOAH?


permisi agan semua.

pertama, saya mohon maaf kalo thread ini agan rasa geje atau ga penting. tapi menurut saya ini adalah hal yang kritikal.

langsung aja ya...

agan pasti uda denger masalah film NOAH yang lagi rame (walaupun belom keluar). hal ini dikarenakan film ini dilarang dipertunjukkan di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

untuk alasannya, ga perlu ane tulis di sini, karna uda banyak thread serupa yang membahas alasannya. agan-agan bisa baca di link thread di bawah ini:

Quote:


Quote:


Quote:


trailernya ada di sini kalo mau lihat:

Spoiler for trailer:


ane adalah orang Indonesia, beragama Kristen. ane merasa kecewa sekali dengan dilarangnya film ini tayang di Indonesia. bukan karna filmnya jelek, atau karna alasan apapun. alasan ane kecewa adalah:

1. dari awal, film ini adalah film yang DIANGKAT / BERDASARKAN alkitab

Noah is a 2014 American biblical epic film directed by Darren Aronofsky, written by Aronofsky and Ari Handel, and is based on the story of Noah's Ark. --> wikipedia

2. film ini tidak melanggar apa yang ditulis di Alkitab (setahu saya)

ini kejadian beribu2 tahun yang lalu, dan tidak banyak penggambaran di kitab. lalu, gimana caranya bikin film yang TEPAT PERSIS seperti kejadian aslinya? lagipula, ini film yang dibuatnya "BERDASARKAN", bukan film "DOKUMENTER", jadi tidak harus persis 100%.

selain itu, maksud saya dengan "tidak melanggar" adalah, TIDAK ADA SATUPUN TULISAN DI ALKITAB YANG MELARANG PENGGAMBARAN TOKOH ALKITAB. jangan salah persepsi ya gan emoticon-Smilie


3. tidak ada aturan yang mengatakan bahwa film di Indonesia harus disaring berdasarkan aturan sebuah agama tertentu.

salah satu alasan dilarangnya film ini adalah (maaf sebelumnya), karena dalam agama Islam dilarang menggambarkan wajah nabi. akan tetapi, ini kan film berdasarkan Alkitab. bukan Alquran. jadi menurut saya adalah hal yang aneh jika aturan yang dipakai adalah aturan di Alquran. ini sama seperti ketika tukang baso ngeyel ke tukang soto bahwa daging sapi itu untuk dibuat baso. bukan dibuat soto.

aneh kan?

agan mungkin berpendapat, "tapi kan di agama Islam ada nabi Nuh juga". ya memang, tapi harap kembali ke poin 1, ini film berdasarkan Alkitab, dan maka dari itu diperuntukkan lebih kepada pemeluk agama kristen.

4. sehubungan dengan poin 3, setahu ane, tidak ada paksaan untuk siapapun, baik manusia, hewan ataupun tumbuhan di dunia ini untuk menonton film tersebut.

nah, karna tidak ada paksaan untuk menonton, maka anehlah jika dipaksakan sebuah aturan tersebut.

ada agan yang mengatakan seperti ini, "selemah itukah imanmu, sampe segitunya goyah hanya karna film?". ini yang kita perlu pikirkan sebagai dasar. memang film ini bercerita tentang nabi Nuh. tapi tidak ada yang mengatakan kalo wajah nabi Nuh itu sama persis seperti itu. lagipula, kembali lagi ke poin 1, ini berdasarkan Alkitab, dan di Alkitab tidak ada larangan untuk hal seperti itu.

anda boleh menonton, boleh tidak. anda boleh percaya, boleh tidak, tidak ada paksaan sama sekali.

5. di mana kebebasan berekspresi?

Indonesia katanya menjunjung tinggi HAM. lalu dimana HAM itu sekarang? kenapa HAM hanya diperoleh satu pihak?

MAAF SEKALI SEBELUMNYA, tapi ini contoh dari ane:

gimana kalo agan hidup di negara, di mana hijab tidak boleh digunakan, karena tidak ada peraturan tentang memakai hijab di negara tersebut?

mau hidup di dunia seperti itu? ga mau kan? kita butuh kebebasan. seperti kebebasan berhijab di Prancis (saya tidak setuju dengan aturan larangan hijab di Prancis). agan pasti protes karena TIDAK ADA BUKTI bahwa dengan berhijab, orang Prancis akan tergoda masuk Islam. kita butuh kebebasan berekspresi. begitu juga dalam kasus ini. tidak mungkin semudah itu orang Islam akan masuk Kristen setelah nonton film ini. selemah itukah iman kita?

______________________________________________________________

agan mungkin merasa hal seperti ini tidak penting untuk diurus. karena bukan hal penting. atau mungkin karna tetap saja bajakannya bakal keluar di internet.

tapi menurut saya ini adalah hal yang sangat amat penting.

bukan masalah filmnya, karna saya ga nonton film itu juga saya tidak rugi, dan tidak akan mati.

masalahnya adalah, dengan adanya larangan bodoh seperti ini, SECARA LANGSUNG memperlihatkan betapa pemerintah kita condong pada satu agama tertentu. SAYA TIDAK MENGATAKAN bahwa agama Islam itu salah. yang saya katakan adalah, ini bukan negara agama, jadi tidak sepantasnya aturan agama tertentu dijadikan dasar peraturan. hal ini juga berlaku jika ada peraturan aneh yang condong pada agama lain (termasuk Kristen; kalo MISALNYA besok ada aturan semua harus makan babi, percayalah teman, saya akan protes paling awal).

coba bayangkan kalo di negara ini semua peraturan berdasarkan agama yang bukan agama anda. maukah? tidak kan? begitu juga dengan kami emoticon-Big Grin let's just be fair. ini negara bebas, negara demokratis, negara yang menjunjung Hak Asasi Manusia.

nah, berhubungan dengan poin di atas, saya ajak teman2 untuk mengisi polling di atas. saya ingin tahu, seperti apa jalan pikir penduduk kaskus.

jujur saya berharap ide2 seperti di atas bisa didengar pihak yang bersangkutan. agar semua orang tahu, tidak hanya kita dan kaum kita yang tinggal di negara ini.


tambahan:
Spoiler for tambahan:
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 134 suara
gimana menurut agan film NOAH ini?
biarin aja tayang..
72%
ga boleh tayang!!
16%
abstain gan..
4%
eemm.. ngomongin apa sih gan??
7%
Diubah oleh cah_imoeth 25-03-2014 08:38
0
12.7K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan