badgravAvatar border
TS
badgrav
Kecewa Berbelanja di Dunkin Donuts RS Fatmawati Jakarta Selatan
Kecewa Berbelanja di Dunkin Donuts RS Fatmawati Jakarta Selatan

Pada tanggal 19 Maret 2014 saya membeli 6 buah donat dan 2 botol air mineral di dunkin donuts RS Fatmawati Jakarta Selatan, ketika saya selesai membayar kemudian diberikan struk pembayaran, saya kaget karena tertulis 2 buah FC Topping Cheese (roti keju) yang tidak saya beli.Memang mereka memberikan roti keju tersebut (padahal saya tidak beli).

Saya bertanya ke pramuniaga wanita dan dijawab 2 buah FC Topping Cheese tersebut sudah termasuk harga donat 6 buah TANPA PENJELASAN sebelum saya membayar, padahal pada struk pembayaran tersebut tertulis terpisah, donat 6 buah seharga Rp 42.500 dan 2 buah FC Topping Cheese yang tidak saya beli seharga Rp 25.000.

Saya sempat berdebat dan mereka tetap bilang kalau itu sudah termasuk 1 paket (padahal di struk pembayaran rincian harganya jelas terpisah), dari cara mereka memberikan alasan dengan percaya diri terlihat kalau cara ini sudah biasa dilakukan, jelas sekali ini adalah tindakan mengelabui konsumen yang sudah direncanakan.

Perbuatan di atas dapat dikenakan pasal berlapis sebagaimana memenuhi unsur tindak pidana yang diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 9 ayat 1 huruf g, yang berbunyi "Pelaku usaha dilarang menawarkan, memproduksikan, mengiklankan suatu barang dan/atau jasa secara tidak benar, dan/atau seolah-olah: barang tersebut merupakan kelengkapan dari barang tertentu;", diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua milyar rupiah).

dan Pasal Pasal 383 KUHP Tentang Penipuan Dalam Jual Beli yang berbunyi :
"Diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan, seorang penjual yang berbuat curang terhadap pembeli:
1. karena sengaja menyerahkan barang lain daripada yang ditunjuk untuk dibeli;
2. mengenai jenis keadaan atau banyaknya barang yang diserahkan, dengan menggunakan tipu muslihat."

Setelah kejadian di atas saya mencari tahu informasi di internet dan memang ada keluhan-keluhan yang sama di outlet dunkin donuts yang lain.

Berikut di bawah ini saya lampirkan bukti struk pembayaran


Terima Kasih.
Diubah oleh badgrav 20-03-2014 19:15
0
18.8K
82
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan