AditiyagitaAvatar border
TS
Aditiyagita
Yang Harus Dibaikin Saat Semester Senja


deritakampus.com - Buat Mas Broh atau Mba Sis yang sudah menyandang predikat "Mahasiswa Basi" tentunya sedang merasakan sulitnya menjadi mahasiswa. Mulai dari bimbingan, birokrasi, serta persyaratan lainnya untuk menunjang kelulusan. Tentunya dengan semua itu menjadi penghambat terbesar Mas Broh atau Mba Sis.

Selain faktor teknis, faktor non teknis juga sangat berpengaruh bagi kemulusan jalannya kesuksesan Mas Broh atau Mba Sis. Salah satu trik nya adalah mengenal orang-orang yang berpengaruh besar dalam kelangsungan hidup penyelesaian masa kuliah. Tak kenal maka tak sayang, begitulah pepatah mengatakan. Oleh karena itu kenalilah orang-orang yang berpengaruh tersebut. Jika Mas Broh atau Mba Sis mengenal baik, maka segala macam urusan akan lebih ringan.

Lantas siapa saja yang harus dikenali dan saling mengenal? Lebih baiknya Mas Broh atau Mba Sis mengenal baik dan akrab dengan orang-orang tersebut. Mari simak siapa saja yang harus dibaikin saat semester senja

Let's Cekibrott



Satpam

Pertama... yang harus dibaikin saat semester senja adalah Pak Satpam. Kenapa? karena biasanya Pak satpam sering nongkrong dengan dosen-dosen maupun mahasiswa. Pak satpam tau betul hal-hal yang sedang in dalam kampus maupun berita-berita mengenai dosen. Informasi-informasi yang begitulah yang dibutuhkan Mas Broh atau Mba Sis. Pak Satpam bahkan bisa mengetahui simana dosen sering nongkrong, gimana kriteria dosen itu (killer apa malaikat?), dan yang penting tau dosen yang dicari ada apa engga.

Tukang Parkir
Yang harus dibaikin saat semester senja selanjutnya adalah tukang parkir. Tukang parkir disini merupakan tukang yang berjaga di daerah Fakultas atau Jurusan. Biasanya tukang parkir itu satu tongkrongan sama si Pak Satpam. Kenapa tukang parkir harus dibaikin? Alasan yang pertama adalah karena satu tongkrongan sama si Pak Satpam, sehingga informasi yang didapat relevan jikalau Pak Satpam tidak ditempat. Lalu alasan kedua adalah Tukang parkir ini suka markirin dosen-dosen yang bawa mobil mau markir. Alhasil, tukang parkir tau betul update kehadiran sang dosen. Jangan lupa tanya plat nomer dosen biar gampang dipantaunya kalau mau bimbingan ya Mas Broh atau Mba Sis

Bagian Akademik
Nah orang yang ketiga ini yang biasanya ngeselin. Ngelayanin setengah hati, muka ditekuk, manyun mulu kaya ngga dapet jatah dari suami #eehh.. Yang paling ngeselinnya ngelayanin dengan nada jutek. Yang lebih ngeselin, kalau mau ngurus apa-apa udah dijutekin tapi berkas yang diurus malah ilang. Alhasil progress ngaret seminggu. Tentunya Mas Broh atau Mba Sis ngga mau ngalamin hal-hal tadi kan? Oleh karena itu orang ini harus dibaikin dan dihadapi dengan cara yang sabar, Jika saja mengenal dengan baik dan alangkah baiknya akrab dengan bagian akademik. Maka kemudahan dalam ngurus apa-apa pun semulus paha Pevita Pearce. emoticon-Big Grin

Dosen Pembimbing
Inilah dewa dari para dewa dalam kampus. Bisa jadi lebih dewa dari rektor bagi Mas Broh atau Mba Sis karena nasib Mas Broh atau Mba Sis ada di tangan beliau. Dosen Pembimbing merupakan inti dari segala inti yang harus dibaikin. Gunakan segala macam jurus pendekatan untuk menarik hati Dosen Pembing, jiah udah kaya pdkt aja.

Bayangkan jika Dosen Pembimbing Mas Broh atau Mba Sis sudah ilfeel sama kalian, sms ngga dibales, telepon ngga diangkat, dan dicari ngga ketemu-ketemu. Tentunya proses bimbingan akan terhambat dan alhasil garapan skripsi macet total. Bimbingan susah ditemuin, sampai dengan skripsi Mas Broh atau Mba Sis tak kunjung di acc. Jangan sampai hal kampret itu terjadi pada Mas Broh atau Mba Sis. Oleh karena itu maka jangan sekali-kali membuat Dosen Pembimbing kesal apalagi tersinggung. Lakukan bimbingan secara berkala perminggu, dan jangan sekali-kali bimbingan kalau memang belum siap bimbingan. Jika ingin menjadi anak emas dosen maka pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tips-tips menjadi anak emas dosen.

Kajur
Yang terakhir adalah kajur atau kaprod. Memang Mas Broh atau Mba Sis tidak sering bertemu langsung dengan kajur atau kaprod. Akan tetapi peran dari kajur terkadang dibutuhkan untuk memperlancar urusan Mas Broh atau Mba Sis. Contohnya aja kalau Dosen Pembimbing udah ilfeel dan males ngebimbing, sampai-sampai mempersulit mahasiswa. Salah satu jalannya adalah melalui kajur. Kajur mempunyai wewenang dalam penunjukan dosen pembimbing. Selain itu Mas Broh atau Mba Sis mau engga mau berurusan sama tanda tangan Sang Kajur. Minta tanda tangan Kajur itu lebih sulit dari tanda tangan artis. Oleh karena itu kenal lah dengan baik kajur Mas Broh atau Mba Sis.

Artikel Lain Gan:
Akibat Salah Jurusan

Hal Positif Flappy Bird Bagi Mahasiswa

Sumur : deritakampus.com
0
1.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan