..doom..Avatar border
TS
..doom..
Legenda Seorang Binaragawan Vegetarian
Quote:


Quote:


Quote:




Bill Pearl, bernama lengkap William Arnold Pearl adalah seorang atlet binaraga legendaris yang pernah memenangkan gelar Mr. Universe sebanyak lima kali (1953, 1956, 1961, 1967, dan 1971).

Berawal dari kedatangan sirkus ke kota dimana dia tinggal, Bill kecil yang berumur 8 tahun tertarik melihat pamflet-pamflet yang ditempel di seluruh kota, memperlihatkan gajah, singa, badut, dan yang paling membuatnya terpukau adalah… si perkasa. Yaitu pria kekar berotot raksasa yang mempertontonkan kekuatannya. Sejak itulah Bill kecil bermimpi menjadi seorang binaragawan.

Berbekal kaleng jagung dan kacang polong, hingga karung penuh kentang, Bill mulai berlatih pada umur 11 tahun. Dia terus memacu dirinya untuk memecahkan rekor latihan yang dia buat setiap hari. Pada umur 14 tahun dia membeli alat latihan pertamanya secara patungan dengan dua orang temannya. Mereka berlatih bersama hingga akhirnya kedua temannya mulai bosan dan berhenti berlatih. Tidak dengan Bill, dia terus berlatih tanpa memperdulikan tren anak-anak muda lain yang saat itu mulai menggemari football, lari, renang, dan gulat.



Bill Pearl masa ke masa

Maju beberapa tahun ke depan, Bill yang saat itu berada di San Diego bertemu dengan pria bernama Leo Stern dan berlatih di gym-nya. Tidak hanya mengajarkan cara berlatih, Leo juga mengajarkan Bill tentang bagaimana menjalankan bisnis gym. Dan pada tahun 1952, Bill memasuki kompetisi binaraga pertamanya, yaitu kontes Mr. San Diego. Di event itu Bill berhasil menyabet juara ketiga. Setahun kemudian, pada tahun 1953, Bill menyapu gelar Mr. Southern California, Mr. California, Mr. America, dan Mr. Universe kelas amatir sekaligus! Sejak saat itu tawaran untuk berpose di acara-acara, sesi-sesi foto, hingga tawaran bermain film berdatangan. Selanjutnya karir binaraga Bill pun terus bersinar terang.



Bill Pearl dalam cover majalah

Selama sembilan belas tahun karirnya di dunia binaraga profesional, Bill Pearl telah melatih dan mengantarkan sembilan juara Mr. America dan empat belas juara Mr. Universe. Pada tahun 1960-an ia dikontrak oleh North American Rockwell’s Aerospace Program untuk membuat pedoman latihan dan membimbing para eksekutif dan astronot di Rockwell.

Selain atlet binaraga professional, pelatih, dan konsultan, Bill Pearl juga dikenal sebagai penulis buku, dan pemilik beberapa gym terkenal di Amerika Serikat. Tetapi satu hal yang paling membuat Bill Pearl unik adalah dia seorang vegetarian! Bill Pearl membuktikan bahwa prestasi binaraganya tidak terganggu sama sekali oleh perubahan pola makannya. Bahkan dia memuji bagaimana menjadi vegetarian telah membuatnya lebih bertenaga, sehat, dan lebih berempati dengan orang-orang dan lingkungan di sekitarnya, sebagaimana tertuang dalam kutipan berikut ini:

“Dari tahun ke tahun menjalani vegetarian, saya merasa lebih baik. Saya lebih sehat, saya bisa berlatih dengan lebih banyak energi, dan saya tidak ‘sekeras’ dulu lagi. Saya menjadi lebih peduli dengan orang-orang dan makhluk hidup lain yang berbagi planet ini dengan saya. Saya telah menjadi vegetarian selama hampir 20 tahun. Kami tidak pernah makan ikan, unggas, ataupun daging-dagingan berwarna merah. Saya masih dapat mengembangkan otot yang sama dengan ketika saya memenangkan empat gelar Mr. Universe. Orang-orang sulit mempercayainya. Mereka berpikir bahwa untuk memiliki otot besar anda harus makan daging — itu adalah mitos yang berkepanjangan. Tapi dengarkanlah saya, tidak ada yang ajaib tentang makan daging yang bisa membuat anda menjadi juara binaraga. Semua yang bisa anda temukan di dalam sepotong daging, dapat anda temukan juga di makanan lain.”

Dalam wawancaranya dengan Dennis B. Weis, Bill Pearl menjelaskan bahwa dia beralih menjadi vegetarian pada saat dia menjadi konsultan di North America Rockwell’s Aerospace Program:

…Balik ke 25 tahun yang lalu, ketika saya berumur 35 tahun, saya bekerja di North American Rockwell—di program aerospace. Saya menjadi konsultan di sana untuk memastikan para astronot berada dalam kondisi terbaik mereka dalam misi penerbangan ke luar angkasa mereka berikutnya. Mereka selalu menjadikan saya contoh bagi yang lain. Kau tahu, semua orang harus seperti Bill Pearl.

Suatu hari saya menjalani tes darah, dan dokter perusahaan memanggil saya ke kantornya dan berkata, “Bill, apakah kau punya dokter keluarga?” Saya bilang “Ya, saya punya dokter keluarga,” dan dia berkata “Saya benar-benar menyarankan kamu untuk menemui dokter itu dan memintanya memasukkan kamu ke rumah sakit.” Saya berkata “Kau pasti bercanda kan.. dok,” dan dia bilang, “Tidak Bill, kalau kamu pasienku, aku pasti sudah memasukkan kamu ke rumah sakit sekarang.” Dia mengatakan bahwa tingkat asam urat, tekanan darah, trigliserida dalam darah saya sangat tinggi dan saya adalah kandidat utama untuk serangan jantung! Akhirnya saya mengunjungi dokter keluarga kami, seorang pemeluk Advent Hari Ketujuh, dia adalah orang yang sangat saya hormati. Dia mulai mengawasi pola makan saya, dan menyarankan saya untuk berhenti makan daging merah.

Awalnya saya terus mundur dan menunda, sampai pada akhirnya saya berhasil menyingkirkan daging merah sepenuhnya. Hati dan susu juga disingkirkan dari diet saya, dan akhirnya saya menjadi vegetarian. Saya telah menjalani ini dalam 25 tahun terakhir, dan saya tidak pernah berbelok dari diet ini; tetapi saya tidak disini untuk berkhotbah tentang hal ini, dan saya tidak mencoba merubah filosofi ataupun pola makan semua orang. Ini adalah yang terbaik buat saya.



Tanya: Bill, kau berkata bahwa kau tidak makan daging merah. Apakah engkau berpikir kau bisa memenangkan kontes Mr. Universe jika kau tidak makan daging merah?

Bill Pearl: Saya memenangkan dua kontes Mr. Universe terakhir tanpa makan daging merah. Pikirkan dengan cara ini, apabila kau berpikir bahwa rahasia untuk membentuk otot adalah seberapa banyak daging merah yang kau makan setiap hari, bukankah hal yang pintar untuk memakan 1-1,5kg barang itu setiap kali? Kau akan menjadi lebih besar dari siapapun di jalan. Jadi sesungguhnya daging tidak lebih dari salah satu bahan yang kau masukkan ke dalam tubuh, dan seperti protein dan karbohidrat dan mineral yang ada di dalamnya, tubuhmu akan menyerap dan menggunakannya sama halnya seperti semua jenis makanan lain. Daging benar-benar bukanlah rahasia untuk membentuk tubuh/otot.

Tanya: Kebanyakan dari atlet binaraga terkenal, selain kamu dan beberapa orang lain yang makan secara optimal, mereka memasukkan berbagai macam hal ke dalam mulut mereka yang terlihat kontraproduktif untuk kesehatan jangka panjang, tetapi mereka terlihat hebat dan bahkan mereka akan berkata padamu bahwa mereka merasa sangat hebat di kebanyakan waktu. Apakah mereka benar-benar jujur pada kita?

Bill Pearl: Untuk menggambarkan bagaimana tubuh bekerja, saya biasa menggunakan contoh ini. Apabila engkau pergi ke dokter untuk imunisasi polio, dokter akan mengambil sedikit vaksin polio dan menaruhnya di sebuah gula kubus. Kau menelannya, dan dokter akan memberitahumu untuk kembali tujuh tahun lagi untuk dosis berikutnya. Jadi sampai tujuh tahun berikutnya, kau aman. Tidak ada polio. Lihatlah ini sebagai contoh bagaimana tubuh kita mencoba menyingkirkan satu tetes kecil vaksin polio. Hal itu butuh 7 tahun!

Jadi, ketika kau memasukkan steroid anabolik, ketika kau memasukkan semuanya, kau memasukkan Coca Cola, kau memasukkan tepung dan gula dan lain lain, semua racun dari benda-benda ini harus diproses dengan cara yang sama, dan kau terus berlatih keras. Bagaimana dengan akal sehatmu kau berpikir tentang hidup yang sehat dan bahagia? Hidup sehat adalah sebuah proses berkelanjutan atau kau tidak akan pernah berhasil. Pernah seorang pria masuk ke gym saya pada suatu hari. Dia berumur 54 atau 55. Saya bertanya, “Hei, bagaimana kabarmu?” dan dia bilang, “Bill, saya baik-baik saja. saya barusan potong rambut dan saya akan keluar bersama istri saya malam ini. Saya tidak pernah merasa lebih baik dalam hidup saya.” Pria itu kemudian berjalan dua langkah untuk mengambil kartu latihannya dan tiba-tiba roboh, meninggal karena sakit jantung, BAM..! Begitu saja! Saat itu ada lima dokter medis yang juga sedang berlatih di gym, dan kita semua mencoba memompa jantung pria ini sampai mata kami hampir copot. Jadi apa kesimpulannya? Itu berarti bahwa kesehatan itu hanya di pikirannya. Dia berpikir bahwa dia sehat. Padahal pria ini sangat sakit, dua detik kemudian dia meninggal.




Bill Pearl dan Arnold Schwarzenegger

Pada tahun 1971, di usia 41 Bill Pearl mengikuti kontes Mr. Universe sekali lagi untuk membuktikan bahwa seorang vegetarian yang tidak mengonsumsi obat-obatan seperti steroid mampu menjuarai kontes binaraga kelas tertinggi, mengalahkan atlet-atlet lain yang berusia lebih muda—yang mulai mengandalkan obat-obatan untuk membentuk otot mereka. Melalui dorongan dan bimbingan pelatih lamanya Leo Stern, Bill benar-benar menjuarai Mr. Universe tahun 1971 dengan bentuk tubuh terbaik yang pernah dia miliki! Saat itu Bill memiliki berat 141kg dengan tinggi badan 178cm dan lingkar lengan mencapai 53cm!

Setelah Mr. Universe 1971, Bill kembali mengurus bisnisnya dan tidak pernah muncul dalam event-event lagi. Ditanya mengapa dia melakukan itu, dia menjawab, “Tujuan saya mengikuti kontes Mr. Universe 1971 hanyalah untuk membuktikan sesuatu, dan saya telah membuktikannya. Piala dan gelar yang saya dapat tidaklah berarti buat saya. Saya ingin itu disudahi dan dilupakan. Saya sebenarnya merasa aneh berada di atas panggung, dan saya merasa bahwa saya seharusnya ada di sana sebagai konsultan atau juri daripada sebagai seorang peserta. Hal itu mengingatkan saya pada seorang tua yang mencoba bersikap seperti anak-anak. Saya merasa bahwa saya sudah menjalani semuanya dan cukup adalah cukup. “

Bill Pearl merupakan salah satu atlet binaraga legendaris yang terus dikenang dan mendapat berbagai penghargaan hingga sekarang. Tidak hanya dari karya-karyanya di dunia binaraga, tetapi juga dari kepribadiannya, konsistensinya, dan bagaimana dia menghargai olahraga binaraga yang sehat. Seorang Bill Pearl telah membuktikan bahwa untuk membentuk otot raksasa kelas dunia tidak diperlukan steroid ataupun daging-dagingan. Yang dibutuhkan adalah kerja keras, konsistensi, dan pengetahuan yang benar tentang gizi dan latihan. Bill Pearl termasuk beberapa tokoh binaraga yang menyayangkan bagaimana olah raga binaraga saat ini hanya mengejar hasil instan, mengandalkan steroid untuk membentuk otot raksasa dalam waktu sesingkat mungkin.



Bill Pearl 56 tahun

Tetapi di atas semuanya Bill Pearl telah menunjukkan bahwa seorang binaragawan profesional yang berprestasi dapat tetap hidup sehat, bertanggung jawab, dan menghargai setiap kehidupan disekitarnya, dengan menjadi vegetarian!

Spoiler for Beberapa koleksi penghargaan Bill Pearl:


[Sumber

Quote:
Diubah oleh ..doom.. 13-03-2014 03:11
anasabila
4iinch
nona212
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
10.9K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan