srebrenicaAvatar border
TS
srebrenica
Sejarah Terbentuknya bangsa Jerman Menuju sebuah kebersatuan
Setelah melalui banyak rintangan akhirnya ane dapat nyelesain thrid ini ini kelanjtan dari thred ane seblomnya, ane buat untuk kamu yang mau tau tentang negri jerman lebih jauh lagi



Pembukaan
Dimanakah tempat tinggal bangsa ras jerman?? , di republik federasi jerman pastinya, eits...... gak sepenuhnya bener, Republik Austria merupakan bangsa jerman juga,
Spoiler for Jerman-Austria:
, ke dua negara tersebut menggunakan bhs Jerman sebagai bahasa resmi, dan kedua nya memakai lambang burung elang hitam sebagai lambang resmi negara, burung hitam merupakan symbol resmi bangsa jerman(seperti burung garuda pada negri kita ter cinta), nama Perancis diambil dari nama Jerman ras “Frankish” karna dulu pernah dikuasai bangsa jerman dari ras tersebut, sementara Inggris masih keturunan Jerman “Anglo-Saxon”, Dan kalau kalian ingat Spanyol pernah menjadi Kerajaan Jerman dari ras “Visi-Goth”,
Akan tetapi Perancis, Inggris & Spanyol kini sudah bukan dikategorikan bangsa jerman, Perjalanan bangsa jerman untuk bersatu tidak mudah butuh maktu 22 abad lamanya untuk membentuk kesadaran membangun suatu negara dengan satu suku bangsa, bangsa jerman dan satu bahasa, yaitu bahasa jerman. Ane akan jelasin ringkasan dikit perjalanannya dan hubungan nya dengan sejarah negri kita tercinta indonesia.

Terbagi dalam beberapa periode :
1. Periode pembentukan kesukuan dari 750 SM-768 SM :
Pernakah kalian nonton Conan The Barbarian Yang diperankan oleh Arnold Scwarzenegger
Spoiler for Barbarian:
Itulah cerminan orang jerman di abad sebelum masehi “Barbar” itu lah julukan yang di berikan orang Romawi yang saat itu merupakan Adidaya dunia. Nama itu diberikan karna memang rendah nya budaya suku2 jerman saat itu, tempat tinggal asli mereka adalah di tepian sungai Rhein.
Spoiler for Rhein Rivers:
Romawi yang sangat berambisi menguasai dunia pastinya tak akan memalingkan mata mereka dari wilayah itu, Pada abad ke 1 M Romawi memulai serangan nya ke tepian2 sungai Rhein. perang ini memakan waktu 9 Tahun lamanya, lamanya perang dengan romawi membuat suku2 jerman pada saat itu (Cherusci, Marsi, Chatti, Bructeri, Chauci and Sicambri) menjadi mengerti taktik perang romawi,
Dan puncak nya adalah “Pertempuran Teutoburg Forest”. Yang menegaskan kekalahan Romawi, kebanyakan orang2 Romawi yang tertangkap saat itu di Mutilasi secara biadab, Dari sini lah yang membuat Romawi menyebut mereka dengan “Barbar”(tak manusiawi). Jeez padahal mereka Cuma melindungi tanah mereka, & dari sini lah titik balik suku2 kecil di jerman menuju ke arah yang lebih maju. Setelah itu suku2 jerman menetap di sepanjang tepian sungai Rhein bagian timur hingga Danube, mirip wilayah Jerman sekarang, kecuali Bavaria, Austria dan tentunya Rhein di tepian barat semua itu merupakan provinsi romawi. Pada abad ke 3 masehi Romawi bagian timur diserang oleh Bangsa Hun sebuah ras dari mongol dengan rajanya yang terkenal yaitu Atilla.
Spoiler for Hun:
. Keberadaan Suku2 jerman yang mulai membentuk kesukuan besar seperti Alamannia, Bavariia, Visigoth, Ostrogoth, Vandals (Biadab), Burgundi, Lombardi, Saxon dan Frank juga tak luput dari serangan nya oleh karna itu mereka kabur bermigrasi ke barat dan tinggal berdesak-desakan dengan warga Romawi bagian barat, budaya nya yang rendah membuat mereka sering berbuat onar, dan pada akhirnya membuat nama Caesar jatuh di mata rakyatnya.
Pada akhirnya Romawi timur berhasil lepas dari Hun setelah kematian Atilla, dan mendirikan Kekaisaran Romawi timur (Byzanthium)
Spoiler for Byzanthium:
namun sialnya di barat Romawi mulai jatuh dan terpecah ke tangan, raja -raja Jerman.

2. Pembentukan Negara-ras 4M-7M:
Setelah kejatuhan Romawi Barat Di era ini Bangsa Jerman mulai Beradab dan membangun kerajaan2 yang memiliki raja dari jerman namun mereka berusaha saling menguasai dan berperang:

Stem Duchies and Marches:
Adalah untuk pertama kalinya Suku jerman punya negri yang resmi. Stem Duchies dan marches dibangun oleh ras Alemania. Namun negri ini tak bertahan lama karna serangan dari kaum Jerman lain yakni Frankis.
Raja raja jerman mulai Masuk Kristen, dan Berikutnya ada beberapa negri kecil mulai bermunculan, seperti:
Spoiler for Negeri2 Jerman:
dan banyak negara2 kecil lain nya namun ada 2 negara besar yang mungkin kalian tau yaitu :

Kerajaan Visigothic
Spoiler for Wilayah Visigothic:

Kekalahan Romawi membuat Ras Visigoth mendapatkan wilayah Iberia (Spanyol-portugal saat ini), Mereka menjadikan Toulouse Sebagai ibu kota mereka (Sebuah kota Di perancis yang berdekatan dengan spanyol saat ini), raja terkenalnya adalah Alaric I, setelah 50 tahun dikuasai orang jerman pada akhirnya mereka terdesak oleh Orang Hispany (Spanyol) Yang memang suku asli Iberia, setelah itu Hampir tak ada orang Jerman di Visigothic, dan sejak saat itu Kerajaan ini di sebut dengan Visigoth spanyol. Raja Alaric II (Orang spanyol), berencana memperluas kekuasaan nya. Ke arah barat Yang membuat Resah tetangganya Frankis, Dan memaksakan ke dua belah pihak untuk saling berperang, perang ini di sebut “Battle of Vouillé”, namun kekalahan harus diterima Visigoth Karna, Frankish dapat bantuan dari Byzanthium, Setelah itu kerajaan Visigothic semakin melemah, ditambah lagi dengan kedatangan orang2 moor yang dipimpin Tarikh Bin Ziyad sang penakluk Iberia
Spoiler for Iberia Conqueror:
Raja terakhir Roderick tak mampu membendung kekuatan islam, Visigoth pun runtuh seiring dengan kedatangan Islam.

Kerajaan Frankish
Spoiler for Frankish Empire:

Jika visigoth dapat wilayah Iberia, ras Frank dapat wilayah Galia(perancis saat ini) dari Romawi, mulai dari abad ke 3-10 M, raja raja frank melakukan banyak perluasan, dari raja Charles Martel, Pepin Si Pendek, dan Rajanya yang paling terkenal Charlemagn, dari charlemagne lah muncul sebutan Ostrasia (austria / Negri timur) sebutan untuk ras jerman di daerah timur, kemenangan atas Visigoth spanyol memperkuat kedudukan Kerajaan Frankish, hingga dapat bertahan lebih lama dari visigoth, ditambah Keberhasilan nya dalam pertempuran menentukan “Takdir” melawan Kekalifahan Umayyah yang dimenangkan frankish dalam “Battle of Tours”
Spoiler for Battle Of Tours:
hal ini membuat terhentinya pasukan Umayyah masuk lebih jauh ke Eropa , ketakutan akan invasi muslim pun hilang, dan jadi titik balik kekuasaan islam di eropa barat karna setelah pertempuran ini, tak ada satu pun pertempuran yang bisa dimenangkan muslim di iberia.
Hal yang terjadi pada visigoth terjadi pula pada frank, suku asli Perancis Gallia & Normandy
Spoiler for Gallia:
mulai mendesak keberadaan orang2 frank, hingga pada akhirnya Louis I (orang jerman) memisahkan Orang2 franks ketimur
Spoiler for Pembagian Frankish-galia:
, pada akhirnya Gallia mengontrol seluruh frankish barat (wilayah perancis saat ini), setelah Louis I of Germany meninggal, orang2 frankish mulai banyak pergi ke timur(wilayah jerman), hanya golongan Swabia yang masih bertahan di frankish, pada akhirnya frankish barat yang di kuasai orang gallia mempertahan kan nama Frankish hingga menjadi Perancis saat ini, Sementara Frankish timur runtuh karna kemunculan Holy Roman Empire (Romawi Jerman).

Lanjut Bawah Gan.



Diubah oleh srebrenica 01-02-2013 14:41
rony25
rony25 memberi reputasi
1
27.3K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan