Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bram777Avatar border
TS
bram777
Teknologi ads-b bisa tahu posisi akhir pesawat MH370 via internet (flightradar24.com)
Beberapa hari ini, perhatian dunia tertuju dengan hilangnya pesawat Malaysia. Sebagai masyarakat awam kita penasaran dengan hilangnya pesawat tersebut. Namun saat ini sudah ada teknologi ads-b yang bisa menyajikan data pesawat secara real time, Lokasi, ketinggian kecepatan.

penggunaan teknologi ads-b, dapat kita lihat di situs www.flightradar24.com
Pesawat MH370 sudah dilengkapi dengan ads-b, sehingga posisi terakhir dapat diketahui (bukan berarti dapat ditemukan)

silahkan cek link record penerbangan MH370 / MAS370 (akses dari PC jangan dari HP)
Quote:


Data yang dimiliki Flightradar24 berasal dari Badan Otoritas Penerbangan AS (FAA) dan sistem automatic dependent surveillance-broadcast (ADS-B) di negara-negara lain. Dengan kata lain, situs ini mengumpulkan data dari dua tempat tersebut dan menyederhanakannya agar mudah digunakan bagi orang banyak.

Meski terlihat sudah lengkap, situs ini sebenarnya tidak menyajikan semua penerbangan yang ada di angkasa. Setidaknya, baru 60 persen dari total penerbangan tersaji di situs Flightradar24. Karena, hanya pesawat yang dilengkapi dengan ADS-B yang bisa dilacak di sini.


Apa itu ADS-B

ADS-B adalah pengganti untuk (atau untuk suplemen) surveillance tradisional pesawat terbang berbasis radar. ADS-B merupakan perubahan besar dalam filosofi surveillance – dari hanya menggunakan radar didarat mendeteksi pesawat terbang dan menentukan posisi mereka, namun sekarang setiap pesawat terbang dapat menggunakan GPS untuk menemukan posisinya sendiri dan kemudian secara otomatis melaporkannya kedarat.



Manfaat ADS-B

Ada tiga manfaat mendorong transisi ke ADS-B. Pertama, posisi GPS yang dilaporkan oleh ADS-B menjadi lebih akurat dibandingkan dengan posisi radar saat ini dan lebih konsisten. Ini berarti bahwa dalam IFR environment jarak antar pesawat terbang diudara dapat menjadi lebih dekat dari jarak antara (separation) yang boleh digunakan sekarang, dan ini memberikan peningkatan kapasitas yang sangat dibutuhkan di wilayah udara yang padat. Kedua, surveillance ADS-B lebih mudah dan lebih murah untuk dipasang dan dioperasikan daripada radar. Ini berarti bahwa wilayah udara yang sebelumnya tidak ada memiliki radar dan hanya layanan pemisahan prosedural (procedural separation) sekarang dapat menikmati manfaat dari layanan ATC lebih baik. Dan akhirnya, karena ADS-B adalah layanan broadcast yang dapat diterima oleh pesawat terbang selain ATC, ADS-B menawarkan pilihan bagi pesawat terbang untuk memiliki traffic awareness yang akurat dan murah akan adanya pesawat terbang lain di sekitarnya.


Bagaimana cara kerja ADS-B ?

Seperti kita ketahui, pesawat menggunakan GPS yang terhubung ke satelit untuk mengetahui posisinya. Baik itu posisi koordinatnya, ketinggiannya, kecepatan jelajahnya, cuaca, dan lainnya.

Dengan menggunakan radar ADS-B transponder yang dipasang, pesawat memancarkan data-data tersebut ke radar ADS-B di darat. Radar ADS-B di darat yang menerima data dari pesawat akan meneruskannya ke server komputer Flightradar24. Selanjutnya komputer Flightradar24 akan meneruskannya lewat internet, sehingga data-data semua pesawat bisa terpantau di website Flightradar24.com dan Flightradar24 apps.


ADS-B Antenna


Jenis-jenis pesawat yang menggunakan radar ADS-B dan terpantau posisinya, antara lain semua jenis Airbus model A300, A310, A318, A319, A320, A321, A330, A340, A350, A380; Antonov AN-148 dan AN-158, ATR 72-600 keluaran terbaru, BAe ATP, BAe Avro RJ70, RJ85, RJ100; Boeing 737, 747, 757, 767, 777, 787 ; Bombardier CS100 and CS300 ; Embraer E190 keluaran terbaru, Fokker 70 dan 100, McDonnell Douglas MD-10, MD-11, Sukhoi SuperJet 100, dan lainnya.

Sedangkan jenis pesawat yang tidak terpantau posisinya karena tidak menggunakan radar ADS-B, antara lain Air Force One, Antonov AN-124 dan AN-225, ATR 42, 72, Boeing 707, 717, 727, 737-200, 747-100, 747-200, 747SP, BAe Jetstream 31 dan 32, semua Bombardier CRJ, semua Bombardier Dash, semua CASA, semua Dornier, De Havilland Canada DHC-6 Twin Otter, Fokker 50, McDonnell Douglas DC-9, MD-8x, MD-90, semua helikopter, semua pesawat lama, dan lainnya.

Spoiler for SUMBER:


Quote:
[/youtube]
0
3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan