Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

matacantik7Avatar border
TS
matacantik7
ibadah ko di pamerin
malem gan, maaf y kalo tritnya berantakan ane mau sedikit cerita tentang kelakuan temen2 di sosmed.NO SARA ya gan...pamer di jejaring sosial mungkin sudah umum seperti memamerkan pacar baru, hape baru, pamer makanan dan gak jarang juga yang pamer kebaikan. ane cuma kesel aja liat temen2 di FB, twitter atau BBM yang sering banget bikin status pamer ibadah. mungkin agan juga gak jarang liat temen agan yang suka ngtwitt "alhamdulillah udah sholat tahajud hati jadi tenang" atau "yukk kita bersedekah" terus pake di fotoin segala tuh amplop yang isinya duit yg mau di bagiin. ada lagi yang pamer baca Al- Qur'an "alhamdulillah udh juzz 30 bentar lg khatam nih"
-"besok mau puasa sunah, sahurnya sama apa ya?"
- adem banget udah baca Al-Qur'an

bukannya sok bener ya gan, ane juga masih sering bikin salah tapi liat orang2 kayak gini ane jadi risih. mau negur juga kadang gak enak soalnya temen deket sendiri.padahal kan gan yang namanya ibadah itu urusan kita dengan Tuhan,sebaiknya ibadah itu di tutup rapat agar pahalanya tidak berkurang dan cukup Tuhan saja yang tau . Mungkin di antara mereka juga ada yang gak sadar kalo itu jatuhnya jadi pamer, atau mungkin maksud mereka ngajakin orang lain supaya berbuat baik seperti mereka..Wallahu A'lam entahlah niat mereka itu apa, cuma Allah yang tau.tanpa di sadari yang mereka lakukan seperti itu timbulnya jadi riya.
Yang dimaksud riya’ adalah melakukan suatu amalan agar orang lain bisa melihatnya kemudian memuji dirinya.

Hukum Riya’

Riya’ ada dua jenis. Jenis yang pertama hukumnya syirik akbar. Hal ini terjadi jika sesorang melakukan seluruh amalnya agar dilihat manusia, dan tidak sedikit pun mengharap wajah Allah. Dia bermaksud bisa bebas hidup bersama kaum muslimin, menjaga darah dan hartanya. Inilah riya’ yang dimiliki oleh orang-orang munafik. Allah berfirman tentang keadaan mereka (yang artinya), “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka . Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An Nisaa’:142).

Adapun yang kedua adalah riya’ yang terkadang menimpa orang yang beriman. Sikap riya’ ini terjadang muncul dalam sebagian amal. Seseorang beramal karena Allah dan juga diniatkan untuk selain Allah.

makasih gan yang udah nyempetin baca.sekali lagi maaf kalo berantakan nulisnya di HP
sekali lagi makasih gan udah nyempetin koment pro atau kontra.makasih juga yang udah ingetin ane, mungkin ane yang terlalu berlebihan menanggapi status kyak gitu karna ane akui masih dangkal bgt dalam masalah agama gan. bener itu semua tergantung niatan mereka mungkin niatnya baik yaitu mengingatkan sesama manusia untuk beribadah. CMIIW

Rasulullah juga bersabda

"amalan itu tergantung niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan"
Diubah oleh matacantik7 03-03-2014 23:29
0
15.2K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan