DragonityAvatar border
TS
Dragonity
[Hot & Non-sara]10 MISKONSEPSI MASYARAKAT BARAT TENTANG ISLAM [+gambar]
Maaf kalau therad ane ada yang menyinggung agan-agan sekalian. Ane cuma berbagi info saja
Sebelum baca thread ini, ada baiknya ente-ente sekalian mengunjungi sumber artikel ini di sini
Sumbernya bahasa inggris gan, disusun oleh JAMIE FRATER. Artikelnya ane terjemahin sendiri dan ane pernah posting di Old Kaskus. Mohon untuk kritikan terejamahan ane yang masih belum sempurna. Dan tolong juga dikoreksi
Dan dijamin no repost gan, ane udah search sendiri. Buktinya:
Spoiler for No Repost:

Langsung aja gan, cekibroooot

Dalam tulisan jurnalis dan penulis Swiss, Roger Du Pasquier "Dunia barat, baik kristen maupun non kristen, sebenarnya tidak terlalu paham mengenai Islam. Bahkan sejak mereka tel menonton perkembangan dunia terkini di TV, tidak sedikit orang kristen di barat yang tidak pernah berhenti menghina dan memfitnahnya hanya untuk menjadikan pembenaran untuk ajang perdebatan kepada islam. Citra yang jelek sudah tertanam dan membekas terus di kebanyakan pikiran orang-orang eropa. Hingga sekarang, banyak orang barat yang mengkonsepkan islam sebagai tiga hal: Fanatisme, Fatalisme dan poligami. Dan tentu saja, hal-hal tersebut tertanam di pikiran mereka dan menjadikan mereka berpikir bahwa islam merupakan agama yang cacat; Juga masih ada segelintir orang yang tahu bahwa kata islam tidak lain berarti "pengabdian kepada tuhan". Salah satu contoh kesalahpahaman masyarakat barat akan islam yang menjadi pemikiran umum kebanyakan eropa ialah, Allah hanya tuhan bagi kaum muslim, bukan bagi kaum kristen maupun yahudi; banyak orang yang kaget mendengarnya, dan berusaha untuk menyelesaikan masalah pemahaman mereka. "Allah" berarti "Tuhan", bahkan Orang arab yang kristen tahu bahwa tidak nama lain yang mencitrakan tuhan selain dari kata "Allah".

10. UMAT MUSLIM ADALAH ORANG ARAB
Miskonsepsi: Semua muslim adalah orang arab
Spoiler for Gambar:

Citra umum seorang muslim ialah Orang arab berkulit hitam dan berjanggut panjang. Padahal citra ini merupakan citra untuk muslim minoritas. Orang Arab hanya menyumbang 15% dari populasi muslim di dunia. Faktanya, asia tenggara-lah yang paling banyak menyumbang populasi yaitu sebesar 69% dan yang kedua ialah Afrika sebanyak 27%. Miskonsepsi lainnya ialah, orang arab itu sudah pasti beragama islam, padahal persentasi muslim arab sebanyak 75%. Sisanya terdiri dari berbagai agama termasuk yahudi dan kristen.

9. MUSLIM DAN YESUS (ISA)
Miskonsepsi: Kaum Muslim membenci Yesus (Isa)
Spoiler for Gambar:

Ada banyak persamaan sejarah dalam agama islam dan kristen. Banyak orang yang takjub dalam menemukan kepercayaan kaum muslim, Yesus (Isa) merupakan salah satu nabi kaum muslim. Seseorang tidak akan disebut muslim jika tidak mempercayai kelahiran tanpa ayah dan keajaiban nabi isa. Isa juga banyak dijelaskan dalam banyak versi di dalam Al Qur'an yang mana definisikan sebagai seorang yang saleh dan berkarakter baik. Gambar di atas ialah lukisan nabi isa yang menjadi nabi penghakiman di akhir jaman.

8. HAK ANAK
Miskonsepsi: Anak-anak tidak mempunyai hak
Spoiler for Gambar:

Anak, dalam hukum islam, mempunyai banyak hak. Salah satu haknya ialah hak untuk dirawat, dibesarkan, dan dididik. Islam mendorong orang tua untuk membesarkan anaknya menjadi seseorang yang baik. Ketika memberikan hadiah finansial kepada banyak anak, tidak ada perbedaan pemberian untuk tiap anak. Anak diizinkan menikmati harta kekayaan orangtuanya secara wajar serta diharuskan untuk menahan dirinya jika orangtuanya itu mengalami kemiskinan. Islam sangat melarang seorang anak untuk memukul orang tuanya biarpun hanya dengan sebatang pensil.

7. INTOLERANSI BERAGAMA
Miskonsepsi: Islam tidak toleran terhadap agama lain
Spoiler for Gambar:

"Bunuh orang kafir" adalah frasa yang dipercayai oleh banyak orang bahwa itulah ideologi muslim terhadap non muslim. Penggambaran ini tidak benar dalam hukum islam. Islam memberikan respek dan kebebasan untuk orang non muslim dalam memilih agama sesuai dengan keyakinannya. Salah satu contohnya ialah kalifah umar yang memerintah Yerusalem pada tahun 634 sampai 644. Umar memberikan kebebasan dan keamanan untuk semua komunitas agama dalam beribadah. Umar bahkan membuat halaman berkumpul untuk para komunitas-komunitas itu. Ketika umar mau mengunjungi tempat-tempat suci kristen, dia selalu meminta izin kepada pemimpin keagamaaan kristen, Sophronius (gambar di atas) untuk menemaninya.

6. JIHAD ISLAM
Miskonsepsi: Jihad berarti pertempuran fisik atas nama tuhan
Spoiler for Gambar:

Konteks bahasa arab kata jihad ialah "perjuangan". Dalam artian islam mengartikan jihad sebagai "perjuangan atas nama tuhan". Banyak jenis dari jihad ini, tapi yang paling penting ialah Jihad al-nafs (jihad dalam diri), jihad bil-lisan (jihad melalui ucapan), jihad bin yad (jihan melalui aksi), dan jihad bin saif (jihad melalui pedang). Setiap jihad mempunyai tingkatan berbeda. Yang paling penting dalam jihad ialah seorang muslim seharusnya bisa berjuang melawan nafsu dalam dirinya sendiri daripada jihad peperangan. Miskonsepsi lain ialah seseorang yang menjadi bom bunuh diri. Meninggal sewaktu naik haji di mekah, meninggal sewaktu melahirkan atau meninggal sewaktu perjalanan ke mesjid lebih baik daripada meninggal karena menjadi seorang bom bunuh diri.

5. PERNIKAHAN DINI
Miskonsepsi: Nabi Muhammad adalah seorang pedofil
Spoiler for Gambar:

Itu benar kalau Nabi Muhammad menikahi seorang gadis berumur 9 tahun tapi tidak bisa dikatakan ia seorang pedofil. Dalam sejarah, pada umur segitulah wanita sudah mengalami pubertas dan siap untuk dinikahi. Ini juga diperkuat dalam injil, dan masih digunakan sampai sekarang sebagai batas umur dalam pernikahan pada sebagian besar wilayah di dunia. Wanita yang dinikahinya sudah melewati masa pubertas tiga tahun sebelum pernikahan. Selama sudah mengalami masa pubertas, pria maupun wanita, secara sah bertanggung jawab terhadap perbuatannya dalam hukum islam. Dalam poin ini, mereka diperbolehkan untuk membuat keputusannya sendiri dan bertanggung jawab atas pilihan hidupnya. Dalam islam juga, sangat melarang seseorang memaksa wanita untuk dinikahi jika wanita itu belum mau untuk menikah. Tidak ada indikasi kritisi dalam kemasyarakatan pada saat itu karena menikahi wanita muda. Yang juga ditentang ialah, pernikahan yang terjadi karena paksaan keluarga wanita dan atas ijin dari komunitas besar saat itu.

Lanjut Di halaman 7Gan...

WOW! Makasih agan-agan yang memberikan ane cendol
Spoiler for Cendols:


Beberapa tanggapan kaskuser tentang thread ini bisa dilihat di Post ke 7
Diubah oleh Dragonity 15-05-2013 07:01
0
17.2K
169
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan