Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kotakbulat33Avatar border
TS
kotakbulat33
Pengen Tau gk gaji Sultan Hamengku Buwono Raja Keraton Yogyakarta
Maaf newbie mau bikin thread tolong jangan di bata ya agan2 . .

kali ini ane mau bahas mengenai gajai Sultan Hamengku Buwono dan para abdi dalem . .

sebelum mulai lebih lanjut . monggo di lihat dulu sumbernya biar gk salah paham
Quote:




Gaji abdi dalem dibawah UMR
Honor Sultan Hamengku Buwono cuma Rp 1,8 juta per bulan



Kepastian pemberian honor tambahan bagi Raja Keraton Yogyakarta dari Danais (Dana Keistimewaan) DIY akhirya jadi kenyataan.

Sri Sultan Hamengku Buwono X sekaligus Gubernur DIY akan dapat honor tambahan dari Danais sekitar Rp 1,8 juta per bulan.

“Sudah ada kesepakatan antara Kementerian Keuangan dengan Sultan HB X bahwa dirinya bisa mendapatkan honor tambahan dari Danais. Ada honor bagi Sultan selaku ketua atau pemangku adat,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan DIY, GPBH Yudhaningrat yang ditemui sebelum menggelar rapat koordinasi Keistimewaan DIY di Gedhong Wilis, Kepatihan, Selasa kemarin.

Sesuai Rincian Kegiatan Anggaran (RKA) yang diajukan ke Kemenkeu RI, besaran honor Sultan HB X sebesar Rp 1,8 juta hingga Rp 2 juta perbulan. Sedangkan untuk Sri Paduka Paku Alam IX yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur DIY akan mendapatkan jatah sekitar Rp 1,4 juta perbulan.

Selain Sultan, para abdi dalem juga akan mendapatkan kenaikan honor dari Danais. Untuk abdi dalem dengan pangkat terendah, yakni abdi dalem jajar, honornya Rp 600 ribu. Sedangkan besaran honor bagi abdi dalem lainnya beragam sekitar Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta tergantung pangkat. “Yang jelas abdi dalem gajinya di bawah Upah Minimum Kota (UMK),” kata GPBH Yudhaningrat.

Sebenarnya Sultan HB X maupun para penghageng keraton lainnya sebenarnya sudah menerima honor sejak beberapa tahun silam. Namun, honor itu didapatkan dari subsidi pemerintah pusat.

“Kalau Sultan itu sekitar Rp 200 ribu perbulan, dari subsidi total Rp 60 juta perbulan untuk kegiatan Keraton. Terserah mau digunakan untuk apa saja,” tambah Gusti Yudho panggilan akrab GPBH Yudhaningrat.

Tapi proses pencairan Danais untuk honor Sultan HB X dan para abdi dalem masih menunggu proses pendataan yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan DIY. Hasil pendataan terakhir ada 3.000 abdi dalem terdiri dari 2.500 abdi dalem Keraton Kasultanan Yogyakarta dan sekitar 500 abdi dalem dari Pura Pakualaman.

Sebagai Pegawai negeri Sipil (PNS) sekaligus kerabat keraton yang menduduki jabatan penghageng, Gusti Yudha juga mendapatkan honor dari Danais. Sesuai persetujua pusat, para abdi dalem yang sudah menjabat sebagai PNS tetap bisa mendapatkan honor dari Danais seperti halnya Sultan. “Honor sebagai penjaga kebudayaan, buka gaji,” tambah Gusti Yudha.

Namun, ia belum mau menyebutkan berapa honor yang diterimanya sebagai Penghageng Tepas Krido Mardowo dan keprajuritan Keraton (Manggala Yudha).

Terpisah, Penghageng Tepas Tandha Yekti (pusat data dan informasi Keraton Kasultanan Yogyakarta) KRT Yudha Hadiningrat mengatakan, hasil pendataan jumlah abdi dalem berikut kepangkatannya sudah ia serahkan ke Dinas Kebudayaan DIY sejak akhir Nopember lalu. Jumat (29/11) pecan lalu

Quote:


emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0
12.3K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan