kapitriAvatar border
TS
kapitri
Foto foto Sejarah Migrasi Jawa - Suriname
Assalamualaikum gan sis.. Bismillahirrohmanirrohim , thread ini saya bikin buat belajar sejarah aja.. ga ada unsur SARA yaa.. emoticon-Kiss

Spoiler for Jawa - Suriname:


Sebagian besar dr kaskuser pasti udah pernah denger2 cerita tentang orang2 Jawa yang dibawa Belanda 'pindah' ke Suriname .. buat yang belum tau dimana Suriname.. cek google map yahh emoticon-Ngakak (S)kira2 di sebelah utaranya Brazil emoticon-Malu (S)

Migrasi orang Jawa ke Suriname berkaitan langsung dengan penghapusan perbudakan dan kebutuhan tenaga kerja perkebunan yang murah dan patuh. Pertama-tama dikontrak orang dari British India untuk bekerja sebagai buruh di perkebunan pertanian, namun tidak lama kemudian diragukan apakah mereka itu cocok untuk melakukan pekerjaannya. Lebih masuk akal untuk mengambil tenaga kerja dari pulau Jawa yang padat penduduknya. Sebagai percobaan, pada tahun 1890 sekitar 100 orang dikirim dengan kapal laut ke Suriname. Kelompok ini dipekerjakan di perkebunan yang paling besar, yaitu Marienburg. Karena percobaan ini ternyata berhasil, kemudian imigrasi pengontrak Jawa ke Suriname dilakukan secara besar-besaran.

Spoiler for :


Bekerja sebagai buruh kontrak berarti bahwa harus melalukan pekerjaan yang diperintahkan di salah satu perkebunan selama periode lima tahun, dengan gaji yang tetap ( 60 sen sehari untuk buruh lelaki dan 40 sen untuk buruh perempuan). Dengan ‘Poenale Sanctie’ pemilik perkebunan mempunyai kemungkinan untuk menghukum buruh (dengan perantaraan hakim) membayar denda atau masuk penjara, apabila orang yang bersangkutan tidak bekerja keras atau berperilaku buruk (menurut pendapat pemilik perkebunan).

Spoiler for :


Spoiler for :


Buruh kontrak yang telah direkrut, diangkut ke depot. Menyusul pemeriksaan fisik yang ringan, para buruh menunggu kapal berikut yang dicarter untuk berangkat ke Suriname. Ada buruh kontrak yang mengatakan mereka pada waktu itu diculik atau menjadi korban guna-guna, sehingga kedatangan mereka ke Suriname tidak sukarela.

Spoiler for :


Sampai di Suriname, pendatang dibawa dari Waterkant di Paramaribo ke depot kedatangan. Anggota keluarga tidak dipisahkan, namun selain itu para buruh kontrak tidak dilibatkan dalam pilihan perkebunan atau lokasi. Setelah kontrak berakhir, buruh kontrak berhak mendapat tiket pulang ke Indonesia tanpa dikenakan ongkos. Tetapi, tiket itu dapat ditukar dengan uang 100 (seratus) gulden. Pada tahun-tahun terakhir abad ke-19, pemerintah kolonial ingin mendorong kolonisasi oleh pendatang yang berasal dari Asia, dan mulai memberikan tanah kepada pendatang yang menghabiskan kontrak. Pemerintah ingin pendatang menetap di Suriname supaya dapat mengembangkan pertanian kecil.

Spoiler for :



Imigrasi orang Jawa ‘bebas’ (maksudnya bukan buruh kontrak) sekitar tahun 1930 menandai fase baru. Pendatang baru diperbolehkan tinggal di perkebunan tempat mereka diberikan sebidang tanah. Pada musim panen dan musim tanam, mereka harus bekerja di tanah perkebunan. Sistem ‘poenale sanctie’dihapuskan dan pada tahun 1935 pemakaian buruh kontrak dihentikan. Rencana yang diberikan name ‘Welter-Kielstra’ berdasarkan kolonisasi Suriname oleh petani Jawa. Petani ini akan tinggal di desa-desa yang khusus untuk mereka sendiri. Pada tahun 1939 kelompok orang Jawa yang pertama, yang terdiri dari 990 jiwa, tiba di Suriname dalam rangka rencana tersebut. Akan tetapi, pelaksanaan migrasi secara besar-besaran ini kemudian terhalang oleh pecahnya Perang Dunia Kedua. Jumlah total orang Jawa yang bermigrasi ke Suriname antara 1890 dan 1939 mencapai 32,962 jiwa. Sampai tahun 1939, 7,684 jiwa kembali ke tanah kelahiran mereka.

Spoiler for :



emoticon-Matabelo baru duduk mainan laptop aja udah ngeluh pegel.. gimana kalau dulu ikut kerja ke suriname ya?! emoticon-Berduka (S)

Kehidupan masyarakat Suriname saat ini sudah jauhhhhh lebih makmur . Masyarakat keturunan Jawa sudah banyak yang jadi anggota parlemen , mentri jg banyak.. Bahasa Jawa jadi bahasa nasional kedua selain bahasa Belanda. Lagu2 berbahasa Jawa sprti lagu2nya Gesang , Didi kempot sangat dikenal disana emoticon-I Love Indonesia (S)

kalau menurut gan sis thread ini bermanfaat ..tolong bantu rate yaa emoticon-I Love Indonesia
,buat yang mau nambahin info / koreksi mungkin saya ada salah ketik .. monggo ya, silahkan emoticon-Malu (S)

Mampir ke thread sejarah saya yang lain yaa.. emoticon-Kiss
foto foto Sejarah Masa kejayaan GAMELAN

Once Upon a Time in .. SEMARANG

cendol & rate welcome emoticon-Kiss
sumur dan ember
UPDATE
Quote:


Quote:


Quote:

Diubah oleh kapitri 21-03-2014 15:49
0
50.7K
286
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan