Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DonkpretzAvatar border
TS
Donkpretz
Survei: Singapura Kota Termahal Tahun 2014

Pemandangan malam kota Singapura.



VIVAnews - Sebuah survei yang dilakukan Economist Intelligence Unit (EIU) menunjukkan Singapura menjadi kota termahal di seluruh dunia untuk dihuni. Hal itu, lantaran beberapa produk seperti mobil dan biaya hidup sehari-hari di sana lebih tinggi ketimbang negara lainnya.

Dilansir stasiun berita Channel News Asia, Selasa 4 Maret 2014, hasil surveiini dilakukan dengan membandingkan harga produk dan layanan seperti makanan, pakaian, ongkos transportasi dan asisten rumah tangga di antara 140 kota di seluruh dunia.
Dengan hasil ini, Singapura berhasil mengalahkan dua kota di Jepang yang pada tahun 2013 menempati posisi pertama dan kedua.

Menurut EIU, Tokyo dan Osaka lengser dari dua posisi teratas karena kian melemahnya mata uang Yen. Tokyo, yang sebelumnya menjadi kota paling mahal untuk dihuni, pada tahun 2014 harus berbagi tempat di posisi keenam bersama dengan Caracas (Venezuela), Jenewa (Swiss), dan Melbourne (Australia).
Sementara itu, empat kota termahal di dunia dihuni Paris (Prancis) yang berada di posisi kedua, lalu disusul Oslo (Norwegia), Zurich (Swiss), dan Sydney (Australia).

Alasan EIU memilih Singapura di tahun ini menjadi kota termahal bukan tanpa sebab. Berdasarkan survei EIU, Negeri Singa merupakan kota termahal bagi pemilik kendaraan. Sebab, untuk bisa memiliki kendaraan, diterapkan aturan kuota dan pajak yang tinggi.

Sebagai perbandingan, sebuah
mobil dengan merk Toyota Corolla Altis, dijual dengan harga US$110 ribu atau Rp1,2 miliar. Sedangkan mobil dengan merk yang sama, hanya dijual seharga US$35 ribu atau Rp407 juta di Malaysia.

Secara keseluruhan biaya transportasi di Singapura juga tiga kali jauh lebih mahal ketimbang di New York. Kendati begitu, survei itu tidak memasukkan biaya transportasi publik yang justru kerap digunakan sebagian besar warga Negeri Singa.

Singapura pun disebut EIU, sebagai kota yang mahal untuk membeli baju di seluruh dunia. Sebab, hampir semua pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Orchard, merupakan produk mewah dan diimpor langsung dari Benua Eropa.

Tidak hanya itu, lantaran Singapura kekurangan pasokan sumber daya alam dan energi, menyebabkan negara kota itu berada di posisi ketiga untuk biaya listrik dan gas. Ukuran rumah pun, di Singapura, jauh lebih kecil ketimbang di kota New York.

Belum lagi harga rumah di sana kerap melonjak dalam beberapa tahun terakhir, di tengah-tengah serbuan warga asing dan orang-orang kaya ke Singapura. Namun, EIU tidak memasukkan biaya untuk perumahan publik.


Sementara itu, di posisi berlawanan, beberapa kota besar di India seperti Mumbai dan New Delhi, malah dinilai merupakan kota yang paling murah untuk dihuni di seluruh dunia. Kantor berita BBC melaporkan, harga-harga produk di Mumbai tetap rendah dan tidak imbang dengan jumlah pemasukan.

Banyak para pekerja di kota-kota di India yang bergaji rendah lantas membiasakan diri untuk tidak terlalu boros. Kendati mereka telah disubsidi pemerintah, bukan berarti mereka menjadi boros.

Selain kota-kota di India, Damaskus yang menjadi ibukota di Suriah juga mengalami penurunan yang terbesar dibandingkan kota lainnya. Akibat konflik perang saudara yang hingga kini masih terjadi, Damaskus duduh di posisi keempat kota termurah di dunia untuk dihuni.

Survei serupa juga pernah dilakukan oleh lembaga Mercer untuk mengetahui kota termahal yang dihuni oleh para ekspatriat. Hasilnya di tahun 2013 kemarin, Mercer menempatkan kota Luanda, Angola menjadi kota yang membuat dompet ekspatriat menjadi tipis lantaran biaya hidup di sana yang tinggi.
Sebab, untuk dapat menemukan tempat tinggal yang aman di sana cukup sulit. Belum lagi harga-harga makanan impor di sana juga mahal.
© VIVA.co.id

Indonesia (jakarta) masih murah emoticon-Busa

Quote:


Quote:
Diubah oleh Donkpretz 06-03-2014 19:19
0
5.4K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan