myfikriAvatar border
TS
myfikri
BILLING SIMPATI LOOP KACAU, KARENA KESALAHAN PENGGUNA???
Saya sudah sebulan ini menggunakan produk telkomsel yang bernama simpati loop, selain karena harganya bersahabat, simpati juga terkenal sebagai salah satu operator dengan jaringan terbaik. Selama 1 bulan saya menggunakan paket simpati loop yang 30.000, dan tidak ada masalah setelah beberapa kali pakai. Namun ketika saya mencoba menggunakan simpati loop yang 50.000, masalah yang sangat menyebalkan muncul.

Ok, sebelum saya cerita lebih jauh, saya mau jelaskan dulu mengenai paket yang jadi masalah, nama paketnya adalah onloop holic (berdasar website resmi simpati). Berikut keterangan lengkap paketnya:

Rp 50.000
Total kuota 12,2 GB. Kuota 11 GB (00:00 - 12:00) + 600 MB di 2G/3G (00:00 - 24:00) + 600 MB hanya di 3G (00:00 - 24:00).
Keterangan :
* Prioritas Internet yang akan diserap lebih dahulu adalah kuota yang berlaku jam 00:00-09:00 dan 00.00-12.00 untuk wilayah Sumatera


Kronologis kejadian:

17 Februari 2014

Pukul 10:20
Saya mengaktifkan paket Flash Ultima Rp 50.000 dan mendapatkan sms balasan sebagai berikut:
“Selamat! Anda berhasil mengaktifkan Paket Flash Ultima Rp 50000 utk 600MB & tambahan 600 MB di 3G + 11GB (00-12)/30 hr berlaku hingga pk. 23:59 s.d tanggal 18/03/2014. Untuk deaktivasi ketik FLASH OFF kirim ke 3636.”

Catatan penting:
Saya memiliki kuota reguler dan tambahan yang berlaku selama 24 jam sebesar 1,2 gb
Kuota midnight yang saya miliki (berlaku mulai pukul 00-12) sebesar 11 gb
Terjadi masalah karena saya tidak bisa mengakses detail paket saya melalui aplikasi mytelkomsel di android, dan sudah saya ajukan ke telkomsel, namun sampai saat ini masih tetap tidak bisa saya akses


Pukul 23:59
Saya melakukan pengecekan sisa kuota saya melalui *889# (karena saya tidak bisa cek melalui aplikasi mytelkomsel), dan kuota reguler saya masih tersisa di 511 mb, dan 599 mb tambahan 3G, dengan kata lain total ada 1,1 Gb. Sementara kuota midnight saya ada 2,9 Gb (midnight sisa paket 30.000), dan 11 Gb (midnight paket yang 50.000)


18 Februari 2014

Pukul 2:54
Saya coba cek kuota saya melalui mytelkomsel namun masih tidak bisa saya akses

Pukul 9:00
Saya menggunakan akses internet saya untuk mendownload beberapa aplikasi di playstore, saya cek di penggunaan data saya menggunakan data sekitar 300 mb, tapi tidak menjadi masalah karena saya menggunakan kuota midnight (pikir saya)

Pukul 12:08
Saya mendapat sms dari telkomsel sebagai berikut:
“Pelanggan Yth sisa kuota Flash3G anda 225MB. Nikmati terus paket flash anda, untuk beli paket lain di*363#, info [url=http://www.telkomsel.com/internet”]www.telkomsel.com/internet”[/url]

Disini semuanya mulai aneh, kok bisa kuota saya yang tadinya masih ada 511 mb tiba-tiba berkurang drastis sebanyak nyaris 300 mb dalam waktu 8 menit pemakaian setelah jam 12 siang, dan lebih anehnya lagi....posisi handphone saya stand by, alias tidak ada pemakaian paket data yang besar.

Akhirnya saya cek ke *889# dan ternyata benar, kuota reguler saya berkurang nyaris 300 mb, namun yang lucu adalah KUOTA MIDNIGHT saya UTUH.

Pukul 12:30 s/d 14:00
Saya melakukan beberapa kali pengaduan ke my.telkomsel mengenai kesalahan perhitungan billing mereka. Namun hanya mendapatkan jawaban akan segera diurus maksimal 3x24 jam. Ok, saya tunggu

Pukul 14:18
Saya coba cek kuota saya melalui sms ke 3636, berikut sms balasan yang saya terima:
“Anda memiliki: 599 MB Flash, 223 MB Flash3G, 2916 MB Midnight09, 11240 MB Midnight12, Berlaku s/d 18-03-2014 pkl 23:59.”

Catatan penting:
Pada titik ini, sudah terjadi kesalahan pemotongan kuota yang seharusnya kuota midnight, tapi justru kuota reguler saya yang dipotong.

Pukul 15:27
Saya mengirimkan email pengaduan ke cs@telkomsel.co.id karena pengaduan di my.telkomsel stuck dan tidak segera ditindak lanjuti. Adapun isi pengaduan saya menceritakan kronologis kesalahan billing sehingga kuota reguler saya terpotong padahal seharusnya yang terpotong kuota malam. Saya juga mengadukan bahwa saya tidak bisa mengecek status paket saya melalui mytelkomsel.

Adapun jawaban dari email saya lagi-lagi diminta menunggu 3x24 jam

Catatan penting:
Sebelumnya di mytelkomsel, jawaban yang saya terima mencoba memberikan alasan untuk membenarkan pemotongan kuota reguler saya, dengan alasan kuota malam hanya sampai jam 8:59, padahal saya mendapatkan sms bahwa kuota malam sampai jam 12


19 Februari 2014

Pukul 8:00 s/d 8:55
Saya mendownload file sebesar 1,2 Gb, saya usahakan sebelum jam 9 pagi karena takut-takut kalau pemotongan ga jelas kaya hari sebelumnya terulang lagi.

Pukul 12:07
Saya mendapat sms dari telkomsel yang berbunyi:
“2014-02-19 12:01:51.Kuota Flash3G Anda sudah habis dan akan dikenakan tarif kelebihan pemakaian. Nikmati kembali paket flash anda di*363#, info:www.telkomsel.com/internet”

What...? Kok bisa? Saya pikir pasti ada yang kacau nih, masa 2 hari berturut turut di jam yang sama tiba-tiba kuota reguler saya terpotong dalam jumlah yang sangat besar, padahal kuota saya sebelumnya masih ada sekitar 800 mb, dan lucunya sejak jam 9 pagi sampai jam 12 itu handphone saya stand by, lalu kemana kuota saya menguap?

Akhirnya saya cek ke 3636 berapa kuota saya yang tersisa, dan mendapat sms berikut:
“Anda memiliki: 2747 MB Midnight09, 11240 MB Midnight12, Berlaku s/d 18-03-2014 pkl 23:59.”

Hmm.... Dari sini saja sudah bisa dipastikan ada yang salah dengan billing telkomsel, kalau diperjelas dari catatan-catatan sebelumnya, bisa dijabarkan sebagai berikut




Pukul 15:11 s/d 21:18
Saya balas-balasan email denga cs telkomsel, udah kaya orang pacaran yang lagi marahan. Saya jelaskan kronologis kejadian dan keluhan saya mengenai pemotongan yang gak sesuai, namun setelah berkali-kali berbalas email, cs cuma bilang pemakaian sudah sesuai, saya pakai kuota midnight, bukan reguler, jadi yang dipotong kuota midnight.

Halooow.... Sumpah, sampe sini saya ngerasa kaya orang bego, atau paling nggak dianggap bego. Saya sudah sampaikan ada kesalahan pemotongan, ko cs masih mantep bilang nggak ada, dan yg dipotong itu kuota midnight, padahal jelas-jelas kuota reguler saya yg dipotong. Kuota midnight saya....nyaris utuh, dan saya punya semua bukti smsnya.

Ok, cukup saya lelah untuk hari ini, dan katanya akan segera diurus, jadi saya sudahi perdebatan nggak nyambung ini


20 Februari 2014

Pukul 17:28
Saya akhirnya nggak tahan juga karena 2 hari keluhan saya tidak ditanggapi dengan serius, nggak ada feedback, nggak ada kabar apa-apa. Akhirnya saya putuskan untuk email lagi ke cs. Kali ini saya minta agar kuota reguler saya yang 1,1 Gb dikembalikan dan dipotng dari kuota midnight saya, karena memang saya pakainya yang midnight, bukan reguler,

Pukul 17:50 s/d 18:50
Cs telkomsel menjawab email keluhan saya dengan jawaban-jawaban yang tidak masuk akal, yang intinya memberikan alasan bahwa semuanya memang sudah benar sesuai prosedur. Cuma aja, sayangnya, dan kurang ajarnya, alasan yang dibuat semuanya mengada-ada, sekan-akan yang penting ada alasan bahwa pemotongan yang mereka lakukan benar.
Berikut alasan-alasan bodoh yang mereka kemukakan:
Pada tanggal 18/02/2014 akses data sebanyak 294 MB Flash 3G dan 611 MB Midnight09. Konsumsi sudah sesuai karena saya akses dari jam 00:11:24 s/d 07:27:57 dengan kuota Midnight09 dan jam 14:47:48 s/d 19:29:13 mengkonsumsi Flash3G. Padahal jelas-jelas saya dapet pemberitahuan kuota reguler saya terpotong JAM 12:08, kok bisa-bisanya mereka ngarang itu pemotongan untuk pemakaian jam 14:47
Mereka meminta saya memastikan saya mengakses dari jaringan 2G atau 3G, karena katanya kuota yang dipotong tergantung dari jaringannya. Disini saya bete banget, ini kan namanya pengaburan inti persoalan, masalahnya kan bukan 2G atau 3G, masalahnya saya pakai kuota midnight tapi yg dipotong kuota reguler saya, dan kuota midnight saya utuh. Kalo jaringan saya akses di HSDPA terus kelesss....capedeh

Sampe sini, saya bener-bener naik pitam, ini kok saya malah jadi kaya orang bego gini, saya lapor apa yang dibahas apa, dan ujung-ujungnya mereka mengatakan semua sudah sesuai, saya sampai harus ingatkan lagi ketentuan layanan yang mereka berikan, biar yang lain ingat juga saya coba copy lagi ketentuannya yang saya ambil langsung dari web telkom

Rp 50.000
Total kuota 12,2 GB. Kuota 11 GB (00:00 - 12:00) + 600 MB di 2G/3G (00:00 - 24:00) + 600 MB hanya di 3G (00:00 - 24:00).
Keterangan :
* Prioritas Internet yang akan diserap lebih dahulu adalah kuota yang berlaku jam 00:00-09:00 dan 00.00-12.00 untuk wilayah Sumatera
Disitu kan udah jelas kuota midnight ga ada pembagian 2G 3G, just jam 24-12 tok. Kenapa si cs jadi seakan-akan nyari pembenaran begini. Seakan-akan yang penting pokoknya jawaban ke pelanggan adalah SEMUA SUDAH SESUAI.

Lagian kan permasalahan saya bukan di 2G atau 3G tapi saya pakai kuota midnight yang dipotong kuota reguler, itu aja. Udah gitu ngasih alesannya ga sesuai semua pula, ga sesuai alasan dengan bukti-bukti sms yang terkirim ke hp saya.


Ini 4 email terakhir saya ketika saya naik pitam diputer-puter ga jelas, yang akhirnya nggak pernah dibales sama cs telkomsel:

Email 1:
dear cs, saya nggak masalah yang mana yg terpotong, yang 3g atau yang 2g, yang saya permasalahkan saya pakai kuota midnight, tapi yang terpotong kuota reguler. that's it.

tolong dong dibaca yang baik semua keterangan saya sebelumnya, jangan jadi komunikasinya muter2 ga jelas gini, saya jadi ngerasa dibego2in, kan saya udah bilang tanggal 18 dan 19 saya pakai kuota midnight, tapi yang dipotong kuota reguler saya, saya punya semua bukti smsnya, jangan lantas diputer2 masalah 2g 3g gini, kuota midnight itu kan 2g/3g sama aja, kalau jam midnight ya kuota midnight.

saya kopikan keterangan telkomsel deh:

nih yg loop 30rb
Total kuota 6 GB.
Kuota 5,4 GB di 2G/3G(00:00 - 12:00) + 150 MB di 2G/3G dan 450 MB hanya di 3G (00:00 - 24:00)

yg loop 50rb
Total kuota 12,2 GB.
Kuota 11 GB (00:00 - 12:00) + 600 MB di 2G/3G (00:00 - 24:00) + 600 MB hanya di 3G (00:00 - 24:00).

dan lagi2 saya harus bilang sebelumnya saya pakai loop 30rb ga pernah ada masalah, ok...GA PERNAH

dan please...ga usah kebanyakan ngemeng deh, balikin aja kuota reguler saya yg 1,1gb itu, trus silahkan potong sejumlah yang sama dari kuota midnight saya, karena saya memang pakainya pas midnight, ga usah alasan udah sesuai ini itu lah...jelas2 ga sesuai, cape saya dginiin terus.

Atau, diperjelas aja deh, mau balikin kuota saya ga yg reguler...itu aja. IYA, atau NGGAK, selesai, jangan lagi saya dicecer pertanyaan ga jelas lagi setelah email ini. selesai....


Email 2
dan..please, saya ga bego2 banget sampe ga tau mana itu 2g 3g, mana itu jam midnight, mana reguler, gini2 saya porgrammer, orang it, yang saya permasalahkan adalah nggak sesuai dengan ketentuan, kalo sudah sesuai sih saya ok2 aja, mau keabisan kuota kek...saya tinggal beli lagi, ini masalahnya ga sesuai...dan please ga usah pura2 bego juga deh, kalian kan tau ketentuan layanannya, mana ada pake kuota midnight di jam midnight tapi yang dipotong kuota reguler, pake bilang itu pemakaian jam 14 s/d sekian, jelas2 pemotongannya jam 12.08 2 jam sebelum pemakaian gitu? dari situ aja udah jelas kalo dipotong sebelum dipake, jangan juga buat alesan baru bahwa pak...itu maksudnya jam 14 hari sebelumnya tanggal 17, karena jam 23.59 tanggal 17 kuota saya masih 511mb bukan 225 mb


Email 3
belom lagi tanggal 19, saya jelas2 download sejumlah 1,2 gb di jam 8, itu kan waktu kuota midnight, kuota reguler saya akumulasi 2g 3g masih 800 mb, setelah kalian potong secara ga bener hari sebelumnya, masa jam 12.08 tiba2 dapet sms kuota saya habis semua yang reguler....oh...mungkin karena kalian prediksi bahwa saya bakal make sebanyak 800 mb hari itu kali ya, salah...karena mana bisa saya pake kalau udah nggak ada kuotanya, kan udah kalian potong, trus yang lucu...kuota midnight saya nggak berkurang. duh...jam billing kalian ngaco ya, itu pasti ada bug deh di programnya...segera benerin deh, ga usah lagi ada korban kaya saya, apalagi yang ga ngerti it, ntar kalian cuma bego2in lagi bilang itu semua udah sesuai


Email 4
dear cs, kesimpulan saya selama 3 hari ini komunikasi dengan siapapun di sana, kalian sedang cari2 alasan untuk membenarkan kesalahan pemotongan yang sudah terjadi, dan meyakinkan pada saya sistem kalian perfect, saya yang bego dan ga tau sistem sehingga melakukan kesalahan perhitungan. tapi saya ingetin, sekali lagi, dan terakhir kalinya, kesalahan ada di sistem kalian...ga usah lah kaya politisi2 indonesia yang kemudian nutup2in kesalahan tersebut, akui aja, memang sistem kalian ada bugnya tuh..trus balikin kuota reguler saya, potong kuota midnight saya sesuai jumlah kuota reguler saya yang salah potong kemarin...saya nggak ada masalah dengan kuota habis saya cuma permasalahkan pemotongan yang nggak sesuai


Dan kalian pasti sudah bisa tebak, kenapa saya sampai buat surat pembaca ini, ya cs dan telkomsel tidak pernah membalas dan menangani permasalahan saya.

Jujur saya sangat menyesali, kenapa operator sebesar telkomsel tidak mau mengakui kesalahannya, dan malah cenderung memaksakan kesalahan ada di pelanggan yang ga tau apa-apa mengenai penawaran mereka dan paket-paket mereka, juga nggak tau apa-apa tentang 2G atau 3G, atau nggak bisa juga bedain mana jam midnight mana bukan.

Harusnya perusahaan sekaliber telkomsel harus bisa sportif dan mengakui jika memang kesalahan ada di sistem mereka, sehingga nggak perlu ada pelanggan-pelanggan seperti saya yang dirugikan, dan dibego-begoin.

Dan akhir kata, akhirnya saya harus mengakui bahwa KESALAHAN PERHITUNGAN BILLING TELKOMSEL TERJADI KARENA KESALAHAN SAYA SEBAGAI PELANGGAN, YANG JELAS-JELAS SALAH PILIH OPERATOR, DAN MASIH SALAH JUGA NANYA-NANYA KETIKA ADA PERMASALAHAN DENGAN HARAPAN MASALAH SAYA BISA DISELESAIKAN SECARA PROFESIONAL DAN BERTANGGUNG JAWAB OLEH PIHAK TELKOMSEL.

Nyatanya, kuota saya hilang, cs ga merespon, dan janji manis operator tinggal janji.

Semoga nggak ada lagi pihak-pihak seperti saya yang dirugikan oleh pelayanan telkomsel yang JELEK ini.

Spoiler for Update:

Diubah oleh myfikri 27-02-2014 22:18
0
13K
39
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan