Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

funkywildeyesAvatar border
TS
funkywildeyes
Harga Tiket GARUDA lewat Website Online lebih mahal dari Website Travel?
Teman2, mohon ijin buat share yah. (Momod, kalo salah Tempat mohon bantu dipindahin yah).

Permasalahan: Harga Tiket Garuda Indonesia lewat website Online yang lebih mahal dari Website Travel (Trave*oka.com, H*tels.com)

Kronologis:
1. Pagi ini (Sabtu, 22 Feb'14) istri saya membeli Tiket Penerbangan Pulang Pergi Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan GA512 (Jakarta-Pontianak) dan GA515 (Pontianak Jakarta). Harga yang tertera adalah Rp.2.1 Juta. Karena saya beserta istri saya yang membeli tiket, maka harga yang kami bayarkan adalah sebesar 4.2 juta.


2. Setelah melakukan pembayaran online lewat kartu kredit istri saya, mendapatkan kode booking [sensor], tiba2 teman istri saya mengabari bahwa harga yang kami terima sangat mahal, mengingat bahwa di website travel seperti Traveloka, harganya jauh lebih murah, yaitu sebesar 1.5 juta per orang, dengan waktu dan nomor penerbangan yang sama. Penasaran, satu jam kemudian saya mengecek website tersebut, dengan rate harga yang jauh lebih murah. Istri saya juga mengecek ke website lain, dan memang benar harganya sebesar 1.5 juta per orang.


3. Kecewa dengan Garuda, karena bagaimana mungkin membeli langsung lewat website Garuda Indonesia malah mendapatkan rate yang lebih mahal dari membeli lewat website pihak ketiga, karena seharusnya direct sales lebih murah atau minimal sama dengan rate ke website travel, maka saya menelpon ke Call Center Garuda.

4. Diterima oleh Mbak Winny (CS Garuda Indonesia) yang menjelaskan kepada saya bahwa ada dua Tiket Promo Garuda, yaitu tiket Promo Tango (rate Rp.2.1 Juta per orang PP) dan Tiket Promo Viktor (rate Rp.1.5 juta per orang PP), dan bahwa kemungkinan yang saya buka di website Garuda adalah tiket promo Tango, sedangkan yang ada di website travel adalah tiket promo Viktor. Menurut penjelasan Mbak Winny juga, bahwa kemungkinan besar tiket Promo Viktor sudah habis di website Garuda, sehingga saya hanya memperoleh Tiket Promo Tango.

5. Menurut saya, penjelasan ini sangat tidak masuk akal, karena hal-hal berikut:

a. Karena setahu saya pembelian Tiket lewat Traveloka juga akan langsung dikonfirmasi (redirect) ke website Garuda, sehingga penjelasan bahwa tiket Promo Viktor sudah habis juga tidak masuk akal. Apalagi saya sampai saat ini membuka Traveloka dan Tiket Promo Viktor (rate Rp.1.5 juta per orang PP) juga masih ada.

b. Saya sebagai pelanggan merasa dirugikan, karena saya tidak mengetahui Tiket Promo Viktor dan Tango sebelum saya melakukan pembelian. Saya mengetahui Tiket Promo Viktor dan Tango adalah setelah saya mengajukan complain. Pembelian lewat website Garuda Indonesia hanya menyebutkan Tiket promo Economic Value (tanpa ada keterangan Viktor dan Tango), sehingga saya sama sekali tidak mendapat informasi bahwa ada Tiket Promo Viktor yang harganya Rp.1.5 Juta per orang PP, melainkan langsung dibebankan Rp.2.1 juta per orang PP (Tiket Promo Tango). Sebagaimana saya tunjukkan pada screenshot website Garuda tersebut, pembelian GA 512 dan GA515 langsung menunjukkan biaya di bawah website tersebut.

c. Merasa tidak mendapat penjelasan yang memadai dari Mbak Winny, saya berusaha untuk minta dihubungkan dengan Supervisornya. Setelah menunggu 20 menit, ternyata Supervisornya tidak ada yg On Duty. Artinya saya menghabiskan 20 menit untuk hal yang sia-sia.

d. Dengan model bisnis seperti ini, bahwa tanpa adanya pemberitahuan bahwa ada tiket yang memiliki harga berbeda (dimana tanpa complain ke Garuda saya tidak pernah tahu ada tiket Promo Viktor dan Tango), karena oleh Website Garuda langsung dimasukkan harga tanpa ada pilihan Viktor dan Tango, saya sebagai konsumen merasa dibohongi oleh Garuda Indonesia. Saya merasa tidak mendapat informasi yang memadai dari Garuda Indonesia. Dan saya merasa digiring untuk membeli Tiket yang lebih mahal, karena ternyata ada tiket yang lebih murah di Website lain, tanpa adanya informasi yang jelas di website resmi Garuda Indonesia. Menurut saya, hal ini sangat mengganggu saya sebagai konsumen, karena pricing dari Tiket Garuda sama sekali tidak transparan.

e. Sebelumnya, saya adalah pelanggan setia Garuda Indonesia yang selalu mengecek harga Tiket Garuda di Website resmi dengan Website Travel. Rata-rata penerbangan saya adalah ke Semarang, dimana harga Tiket Garuda di Website Resmi selalu SAMA dengan Website Travel. Untuk kali ini, saya harus kecewa karena ada selisih yg cukup besar, kira2 25% dari harga tiket.

f. Hal ini membuat saya jera untuk langsung membeli tiket di website Garuda Indonesia. Lebih baik saya membeli tiket menggunakan website Travel lainnya saja, karena informasi yang saya terima dari pihak Garuda mengenai harga tiket cenderung ditutup-tutupi dan berbeda dari website lain.

g. Untuk apa Garuda Indonesia membuat website bagus, tanpa adanya transparansi informasi kepada pelanggan? Contoh website penerbangan lain, yang secara jelas menunjukkan tiket promo mereka, walaupun sudah habis pun tetap didisplay. Harganya pun tidak berbeda antara Website resmi dengan Website Travel.

Untuk teman2 yg ingin membeli Tiket Garuda, lebih baik cek dari Website Travel dulu, jangan sampai kejadian yang menimpa saya ini juga terjadi pada kalian. Sungguh sangat disayangkan, nama baik Garuda Indonesia yang begitu besar harus tercoreng karena hal seperti ini.
nona212
nona212 memberi reputasi
1
14.5K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan