jajang100Avatar border
TS
jajang100
Capres Islam, Jusuf Kalla Teratas, Rhoma Irama Terbawah


JAKARTA, KOMPAS.com — Dari sekian banyak bakal calon presiden dari partai politik (parpol) yang berbasis Islam, Jusuf Kalla, menempati posisi paling atas. Tokoh yang disebut-sebut akan diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mendapatkan suara 17,6 persen dalam survei terakhir Political Communication (Polcomm) Institute.

Sementara itu, saingannya yang juga akan diusung PKB, Rhoma Irama, berada pada posisi buncit dengan persentase 0,7 persen. "Publik menilai potensi Jusuf Kalla ada pada kerja nyata dan kontribusinya di bidang sosial. Publik menilai, JK cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan," kata Direktur Polcomm Institute, Heri Budianto saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Minggu (23/2/2014) siang.

Pada posisi kedua, ada bakal capres dari Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa dengan persentase 10,8 persen. Bakal capres Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra berada setelahnya. Pakar Hukum Tata Negara itu mendapatkan persentase sebeasar 9,3 persen.

Bakal capres PKB lainnya, Mahfud MD, menempati peringkat keempat dengan persentase 7,3 persen. Di posisi kelima, terdapat bakal capres PKS Hidayat Nurwahid dengan 4,2 persen.

"Publik menilai, Hatta berpengalaman di pemerintahan dan dapat diterima oleh semua kalangan. Yusril dianggap bisa mengubah sistem ketatanegaraan Indonesia. Mahfud MD dinilai sebagai mantan pimpinan MK (Mahkamah Konstitusi) yang bersih. Sementara Hidayat, dinilai publik sebagai sosok yang bersih dan peduli," jelas Heri.

Untuk posisi di bawah 5 besar, Heri tidak menyebut lagi alasan responden memilih tokoh bakal capres. Di posisi keenam, ada bakal calon presiden Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali dengan 3,4 persen. Posisi ketujuh, ditempati oleh bakal capres PKS Anis Matta dengan 2,1 persen.

Bakal capres PKS lain Ahmad Heryawan berada setelahnya dengan 1,2 persen bersama ketua umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Muhaimin memang tidak pernah disebut-sebut sebagai capres. Namun, nama dia tetap kami masukkan karena dia ketua umum. Yang namanya ketua umum, menurut saya pasti punya ambisi untuk jadi capres," ujar Heri.

Survei ini dilakukan dengan mengambil sebanyak 1.200 responden dari 29 provinsi se- Indonesia. Survei dilakukan pada periode 15 Januari hingga 15 Februari 2014 lalu. Survei menggunakan metode multistage randomsampling dengan margin of error sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 96,9 persen.


http://nasional.kompas.com/read/2014...Irama.Terbawah
0
2.3K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan