wildlokzAvatar border
TS
wildlokz
[Jawa Lagi Jawa Lagi]Metrotv --> Survei: Pasangan Jawa-Jawa Mendominasi Pilpres 2014
Metrotvnews.com, Jakarta: Etnisitas dan politik identitas masih menjadi perhatian penting berbagai kalangan. Setidaknya, hasil penelitian lembaga survey dan Polling Indonesia (SPIN) mengungkapkan etnisitas dan politik identitas masih jadi perhatian.

Hasil penelitian menyebutkan, berdasarkan angka psikologi politik, diketahui pemilih yang berlatarbelakang suku Jawa mempunyai kecenderungan untuk memilih calon pemimpin nasional pada 2014 dari suku yang sama dengan dirinya. Sedangkan pemilih luar Jawa mempunyai kecenderungan untuk membuka ruang bagi calon yang berbeda etnis dengan dirinya.

"Saat kami tawarkan komposisi pilihan pasangan yang berlatarbelakang kesukuan maka, 51.4 persen publik sangat setuju dan setuju tentang kombinasi pada pesta demokrasi 2014 adalah Jawa-Jawa," kata peneliti SPIN Danny Indrianto dalam konferensi pers hasil penelitian SPIN: Preferensi Publik Terhadap Etnis Pada Pesta Demokrasi 2014, di Jakarta, Minggu (23/2).

Beberapa pasangan Jawa-Jawa yang muncul dari hasil penelitian yakni Prabowo Subianto-Priyo Budi Santoso, Joko Widodo-Priyo Budi Santoso, Megawati Soekarnoputri-Joko Widodo, dan Joko Widodo-Puan Maharani. Nama-nama tersebut, menurut SPIN, mendapat perolehan suara sebanyak 31,9% yang mengaku setuju, 27,6% menjawab tidah tahu, 13,6% menjawab sangat tidak setuju, 7,2% menjawab tidak setuju, dan 19,5% menjawab sangat setuju.

Danny menjelaskan, lebih tingginya kombinasi Jawa-Jawa tidak dilepaskan dari beragam faktor. Pertama, jumlah pemilih suku Jawa terbanyak di antara suku-suku lainnya. Kedua, latarbelakang para calon pemimpin nasional 2014 juga kebanyakan bersuku Jawa, baik yang bertarung di kelas presiden maupun yang di wapres.

Ketiga, pemilih Jawa cukup tersebar di berbagai provinsi. Keempat, sifat suku Jawa cenderung untuk memilih calon pemimpin nasional 2014 yang memiliki latarbelakang suku yang sama dengan dirinya. Kelima, suku di luar Jawa ada kecenderungan untuk membuka ruang pada calon pemimpin nasional 2014 yang berbeda suku dengan dirinya.

"Yang menarik, ada pernyataan dari seorang tim sukses capres tertentu yang mengklaim bahwa jagonya itu memiliki keturunan raja-raja dahulu. Secara framing bahwa tidak bisa dipungkiri dalam event sekelas pilpres, etnis Jawa dalam etnopolitic menjadi isu sangat seksi," demikian Danny.

http://www.metrotvnews.com/metronews...wa-Mendominasi

lagi lagi jawa lagi, kapan daerah lain selain jawa maju emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh wildlokz 23-02-2014 11:58
0
4.3K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan