Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agusdonkingAvatar border
TS
agusdonking
Legenda Pulau2 Di Indonesia ( PART 1 )
Lagsung aja gan.. emoticon-I Love Indonesia
Mudah2n makin cinta Indonesia



1.Pulau Kemaro ( PULAU KEMARO - Kisah Cinta Sejati Antara Tan Bun An Dan Siti Fatimah )





( Legenda dari tanah Sumatera Selatan, Palembang )

Diceritakan gan.. Tan Bun An putra mahkota dari raja China yang bermaksud untuk membuat hubungan dagang dengan kerajaan Palembang.
Tan Bun An bertemu dengan Siti Fatimah ( anak raja palembang gan ) Akhirnya mereka pun saling jatuh cinta ketika Tan Bun An Ngajakin kimpoi gan .
raja ngasih syarat bawain 9 guci berisi emas gan..
Tan Bun An minta ama nyokap bokap nya di china..dan dikirim akhirnya ,,cm dalam perjalanan harus ditutup sama sayuran gan
biar ngga di rampok
pas nyampe palembang Tan Bun An kaget gan ngga cek tuh isi guci..dia cm liat sayuran yang udah busuk dan bau .. karena malu ama Siti Fatimah akhirnya dia lempar ke sungai musi ..
tan bun an kaget gan..pas nyadar di bawah sayuran ada emas nya
nyemur deh doski ke sungai musi dan ngga nongol lagi,, nyamoe akhir nya di situ muncul sebuah pulau kecil ditengah-tengah­ sungai Musi yang dinamakan Pulau Kemaro.,.kagak tau gan kenappa bisa muncul ( sakti gan. )



2.Pulau komodo
( Sumbawa NTT )





Konon gan..
orang-orang pulau Komodo di Timur Indonesia percaya, kalau dulu Komodo adalah bagian dari nenek moyang mereka . Mereka percaya kalo asal-usul komodo tuh dari manusia. Jadi, dulu banget, ada manusia yang melahirkan anak kembar. Tapi pasangan kembar itu berbeda spesies. Satu manusia, satu komodo. Sayangnya, orangtua mereka kemudian membedakan perlakuan terhadap dua anak kembar itu, alias lebih sayang dan perhatian sama anak yang wujudnya manusia. Akhirnya, karena sedih, sang komodo pergi dari rumah, masuk hutan, dan menetap di sana sampai beranak pinak.



3.Pulau senua
( KEPRI )





Dulu gan..
Di Pulau Natuna, hiduplah sepasang suami istri yang miskin
namunya Baitusen
dia denger Di deket situ Pulau Bunguran kaya akan hasil lautnya. Maka, tak menunda waktu berlama-lama berangkatlah Baitusen dan Mai Lamah, istri yang dicintainya ke pulau tersebut.
an bener gan lambat laun mereka kaya karena jual hasil laut ke bahkan same china .. teripang komoditi paling bagus buat mereka ekspor gan..
Waktu berganti gan.. Akhir nya mereka kaya dan mulau merubah gaya hidup nya gan..
sampe mereka di jauhi tetangga nya gan..
dan pada saat istrinya mau melahirkan .. ngga ada yang bantu..
maka berangkatlah Baitusen mengantar istrinya gan.. pake perahu ke pulau lain .. tp karena ngga nyampe2 gan.. Baitusen
terdampar di timur pulau bunguran..saat itu ujan dan petir gan.. seolah marah sama kelakuan mereka yang conkak gan..
Akhirnya Mai Lamah yang berbadan dua tersambar petir berkali-kali hingga mengubah tubuhnya menjadi batu.
BAtu tersebut semakin besar dan menjadi sebuah pulau,,yang dinamakan Senua..



4.Pulau Lombok
( Nusa Tenggara Barat )




Lombok dan Sasak adalah dua nama yang tidak bisa dipisahkan. Nama Lombok untuk sebutan pulaunya, nama Sasak untuk sebutan suku bangsanya. Lombok berasal dari bahasa Sasak; “lombo,” artinya “lurus”. Sasak sebenarnya berasal dari “sak-sak” yang artinya “perahu bercadik”.



5. Pulau Catu
( Bali )






Ini menerut ceritanya karena perjanjian petani sama tuhan gan..
Pada zaman dahulu kala, ada sebuah desa di Bali. Orang-orang bekerja sebagai petani. Salah satunya adalah jurna.
Ia petani yang rajin. Ia selalu mendapat panen yang baik. Bagaimanapun ia tidak pernah puas. Ia ingin mendapat panen yang lebih lagi.“aku berjanji kepada tuhan . jika mereka membari panen yang lebih banyak dari hari ini, aku akan membaginya kepada tetanggaku.” Kata jurna kepada istrinya.“aku setuju. Tapi ingat, kau harus menepati janji,” kata istrinya.
akhirnya terkabul gan..
tapi sifat manusia ngga pernah puas.. Malah dia mau bikin beras yang dia punya mirip sama tanah gundukan besar di sawah nya..
Gini ceritanya...
Suatu hari, jurna pergi ke sawahnya. Ketika ia sampai, ia melihat segundukan tanah . itu terlihat saeperti catu. Catu trerbuat dari tempurung kelapa. Orang-orang menggunakan catu untuk mengukur beras. Di rumah, jurna berbicara tentang tanah yang terlihat seperti catu kepada istrinya. Ia mempunyai ide.
“ayo buat catu dari beras,”katanya. Jurna setuju. Lalu mereka menyusun beras seoerti catu. Di hari beikutnya, jurna pergi ke saqwah. Ia melihat gundukan tanah catu menjadi lebih besar.
Jurna menjadi arogant. Di hari berikutnya, jurna pergi ke sawahnya. Ia berharap gundukan tanah catu tidak bertambah besar lagi.tapi ia salah. Bukit catu bertambah besar.
“jangan khawatir, aku punya banyak beras. Aku dapat membuat catu beras lebih besar,” kata jurna dengan sombong. Ketika ia sedang membuat catu beras, ia sedang berpikir bagaimana tetangga-tetangganya akan memujinya.
Dan keinginananya menjadi kenyataan. Semua tetangganya memuji ukuran catu beras yang dibutnya. Mereka semua berkata bahwa jurna sangat kaya. Jurna menjadi lebih arogant.Lalu jurna pergi ke sawahnya. Ia berharap gundukan tanah akan berhenti tumbuh. Tapi ia salah. Lagi, tanah itu menjadi lebih besar dari sebelumnya. Jurna sedih. Ia membuat catu beraas lebih besar dari sebelumnya. Itu terjadi seperti sebelumnya. Tanah catu menjadi lebih besar dan lebih besar. Persediaan berasnya makin sedikit. Istrinya memintanya untuk berhenti untuk menghambur-hamburkan beras.
Tapi jurna tidak menghiraukannya. Jurna hanya berpikir bagaimana membuat tetangganya memujinya. Dengan cepat ia kehilangan berasnya. Disaat yang bersamaan, tanah catu itu menjadi sangat besar. Itu seperti bukit. Orang-orang lalu menamainya menjadi bukit catu.



Sekian Dulu gan... ngantuk juga ane..emoticon-Sorry
Mending kalo banyak yang komen ..emoticon-Malu (S)

Tapi ngaa apa gan ..
asal bermanfaat dan ane ngga di emoticon-Hammer2
Indonesia Keren gan.. emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh agusdonking 21-02-2014 17:36
nona212
adrian.rizki13
adrian.rizki13 dan nona212 memberi reputasi
2
2.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan