flinttimAvatar border
TS
flinttim
Mengapa Sulit Tidur Saat Jatuh Cinta?
Ane malah ga bisa tidur sama sekali emoticon-Ngakak , tp malah tambah semangat emoticon-Malu . Gimana nih pengalaman agan2?

Pernahkah Anda merasakan jatuh cinta hingga membuat tidur di malam hari jadi sulit? Ternyata hal itu bukan semata karena hati terlalu berbunga-bunga, tetapi juga terkait dengan hormon tertentu di otak yang lebih banyak diproduksi.

Seperti yang kita ketahui, jatuh cinta melibatkan banyak perasaan, mulai dari gembira, bergairah dan euforia. Apalagi jika orang yang Anda cintai memiliki gairah yang sama. Tapi, jika orang yang Anda cintai tak merasakan hal yang sama, perasaan ini berubah menjadi putus asa dan patah hati.




Kembali pada jatuh cinta. Saat kita sedang mabuk cinta, kita memiliki energi berlebih, konsentrasi dan fokus kita pun terus tertuju kepada si belahan hati. Energi yang meroket membuat kekuatan konsentrasi meningkat dan pikiran jadi terus menerus ke orang yang Anda sukai. Saat jatuh cinta, ketika otak dipindai menggunakan Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI) terlihat aktivitas yang tinggi dan mengandung banyak dopamin.

Dopamin adalah neurotransmiter yang berkaitan dengan sistem ganjaran alami. Area otak ini akan memberikan sensasi kesenangan, terutama yang terkait dengan survival, misalnya makan, minum dan lain-lain. Dopamin juga dihasilkan lebih saat kita mengonsumsi obat-obatan.

Ketika kita jatuh cinta, otak dalam keadaan senang tak seperti kasus pada orang kecanduan obat-obatan seperti kokain. Ada perubahan neurobilogis lain yang terjadi ketika Anda sedang jatuh cinta, termasuk peningkatan hormon tertentu yang terlibat dalam respons stres (kortisol). Dan ini yang terlibat dengan ikatan bersama pasangan Anda (vasopresin dan oksitosin).

Peningkatan hormon tersebut membuat otak berada dalam kondisi mirip hipomanik (peningkatan mood dan energi) sehingga kebutuhan tidur pun berkurang.

Namun, meski durasi tidur berkurang, tetapi kualitasnya meningkat. Karena itu tak perlu khawatir dengan gejala insomnia sementara ini. Nikmati saja peningkatan kadar dopamin alami yang sedang terjadi.

Sumber:Kesekolah.com
Diubah oleh flinttim 18-02-2014 04:47
0
2.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan