FurqontinoAvatar border
TS
Furqontino
[Muslim Priority] Masih berani bikin trit di kaskus?
judul semula [Muslim Priority] Masih berani bikin trit di kaskus?, namun buat yang non muslim juga penting baca ini


Memposting trit tujuan utamanya simple : berbagi, baik itu berupa tulisan. Gambar ataupun konten multimedia. Namun pernahkah agan sekalian berpikir jauh lebih kritis daripada sekedar “melepas” trit lalu menjadi artikel laris manis?

Sadar tidak sadar kehidupan modern ini sudah dibarengi dengan sistem budaya baru yang tidak melulu hanya dipengaruhi interaksi langsung sosial, media online pun pada kenyataannya bagi sebagian pihak jauh lebih menjadi “sahabat” yang sering diajak berinteraksi oleh orang-orang (bahkan terkadang kita jauh lebih betah berlama-lama online baca-baca, klik sana klik sini), daripada bertemu dengan teman, sanak saudara, rekan bisnis dll secara langsung.

Disini TS hanya ingin menyampaikan seberapa besar tanggung jawab moral kita-kita dalam hal sepele “memposting trit”. Apalagi mengingat kita tidak bisa dengan mudah menghapus trit terutama di forum kaskus ini meskipun kita sendiri yang memposting. Apakah agan sekalian pernah berpikir jika trit yang sementara agan posting sekedar untuk mencari banyaknya cendol, banyaknya rate, lucu-lucuan dll suatu saat akan mempengaruhi dan memprovokasi jalan pikiran seseorang? Nah, jika belum pernah terpikir sejauh itu maka sebaiknya mulailah dari sekarang untuk lebih berhati-hati, sebagaimana hati-hatinya seorang ibu/ayah memilih kosakata ketika berbicara di depan anak-anak mereka….

Pada realita yang sudah-sudah, memang banyak sekali trit yang sangat tidak jelas maksudnya. diingatpun ga mempengaruhi pikiran orang, namun di lain kesempatan ada pula trit yang secara halus namun mengena ternyata mempengaruhi jalan pikiran orang dan suatu saat secara sadar dan tidak sadar hal tersebut mempengaruhi sudut pandang “secara negative” seseorang tersebut dalam menilai berbagai hal termasuk yang berbau SARA. Ya, hanya yang membuat orang berpikir negative yang TS singgung disini. Karena bagaimanapun, yang namanya suatu informasi disebarkan tentulah dengan maksud dan tujuan berbagi pengetahuan, ilmu dll dalam konteks kebaikan.


Lebih mengerucut, terutama bagi saudara-saudara muslim ane yang suka bikin dan baca-baca artikel online, jangan lupa semua perbuatan, ucapan, pikiran, dan bahkan sekedar apa yang terbersit di dalam hatipun besok akan dimintai pertanggung jawabannya di Akhirat. So… bukankah jika demikian artinya menulis, dan posting trit besok juga akan dimintai pertanggunjawaban? Bagaimana tidak sedangkan hal ini sudah hubungannya dengan dunia maya yang otomatis sasaran yang mungkin turut terpengaruh tidak hanya orang se RT, se kampung , ataupun sekecamatan. Tapi sampai setiap pelosok ujung dunia…
Belum lagi jika trit tersebut melegenda dan di repost berulang –ulang sampai beberapa tahun kedepan.

Jadi agan-agan muslim yang masih ingin menjaga diri dan keluarganya dari berbagai keburukan yang mungkin ditimbulkan, bisa mulai dari diri agan-agan sendiri dengan berpikir dan menganalisa berkali-kali suatu artikel sebelum diposting. Sehingga nantinya dapat diminimalisir trit-trit buruk dari situs yang konon “the largest Indonesian community” ini. Tinggalkan orientasi ISO, Cendol, HT dsb jika untuk itu agan sekalian sembarangan memposting berbagai trit yang belum dipikirkan lebih jauh bakal bagaimana pengaruh kedepannya dan dengan sengaja mengorbankan kualitas.

Spoiler for klo aktifis FJB gimana?:

INGAT, semua akan dimintai pertanggung jawaban. Sekali lagi, Tinggalkan orientasi ISO, Cendol, HT dsb namun berorientasilah mencari pahala dan mencari kemudahan pada saat dihisab nanti. Semoga, dengan membagi ilmu yang bermanfaat dan diniati dengan semata mencari ridlo Allah SWT trit² yang kita buat bisa menjadi amal kebaikan yang dihitung sebagai amal jariyah yang terus mengalir pahalanya meski kita sudah meninggal... aamiin
Wallahua’lam
By : F16

Spoiler for Sanggahan dan masukan kaskuser buat tulisan ini::

mampir ke trit ane lainnya:
KISAH NYATA : Baru sadar setelah 1 tahun
Aku benci berJILBAB....? (Lihat ini!!!)
Jangan takut repost!
Inilah yang seharusnya ditakuti





Quote:
















.


Diubah oleh Furqontino 29-10-2014 03:54
grg.
grg. memberi reputasi
1
87K
1.5K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan