scrabblemanAvatar border
TS
scrabbleman
perkembangan scrabble di Indonesia
langsung ajan gan bisa diliat

Scrabble adalah permainan papan dan permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris).
Biji permainan berupa keping berbentuk bujur sangkar yang bertuliskan huruf pada salah satu sisi. Pemain mengambil hingga sebanyak tujuh buah keping huruf dari kantong, dan berusaha menyusun kata secara mendatar atau menurun seperti teka-teki silang. Kata-kata yang dibuat harus merupakan kata yang diizinkan untuk dimainkan berdasarkan kamus standar sesuai dengan bahasa yang dimainkan. Pemain yang mengumpulkan total poin tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.
Scrabble dijual di 121 negara dalam 29 versi bahasa-bahasa di dunia. Seratus juta set permainan scrabble terjual di seluruh dunia, dan setiap tiga keluarga di Amerika memiliki satu set permainan scrabble.[1][2]
Di Amerika Serikat dan Kanada, nama Scrabble adalah merek dagang dari Hasbro, sedangkan di negara-negara lain, merek dagang Scrabble dipegang J. W. Spear & Sons. Sebelum diambil alih oleh J. W. Spear pada tahun 1993, Scrabble adalah merek dagang milik Murfett Regency di Australia. Permainan ini juga dikenal sebagai Alfapet, FUNWORDER, Skip-A-Cross, dan Palabras Cruzadas.itu sedikit historinya mau lebih lengkap bisa diliat http://id.wikipedia.org/wiki/Scrabble


nah di indonesia sekarang ini scrabble selalu ada di setiap perlombaan bahasa inggris ngga hanya debate, speech dll scrabble juga punya komunitas yg ngatur rating ky permaenan catur http://indonesianscrabble.org/ bisa langsung diliat d sono aktifitas anak2 scrabble dan juga info rating dan ada event apa yg terdekat. ada juga communitas regional dari lampung https://www.facebook.com/Lampungscra...munity?fref=ts

walaupun ini terlihat sederhana kami para Scrabble indonesia indonesia emoticon-I Love Indonesia (S) juga ikut World Scrabble Championship ya kalo istilah sepak bola ya piala dunianya Scrabble yg taon kemaren ada di checko temen ane si Fadlan Satria yg ngewakilin indonesia, dan dia dari Lampung gan, ya gw tau susahnya dia bisa sampe ngewakili indoneisa k sana diliat ada beritanya ni gan


AYO DUKUNG!: Fadlan Satria usai menerima piala dan sertifikat sebagai juara kedua pada ajang 10th Causeway Scrabble Challenge 2013 di Zon Regency Hotel, Johor Bahru, Malaysia.
Terancam Gagal Berangkat karena Tak Ada Biaya
Perhatian pemerintah atas prestasi yang diraih putra-putri bangsa ini sangat rendah. Buktinya, Fadlan Satria terancam gagal berangkat menjadi duta Indonesia pada ajang Piala Dunia Scrabble di Repulik Ceko pada 3-9 Desember mendatang karena ketiadaan biaya.
Laporan Anggi Rhaisa, BANDARLAMPUNG

SUASANA asri sangat terasa ketika Radar Lampung berkunjung ke Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) kemarin. Saat menjejakkan kaki ke kampus itu, wartawan koran ini sempat bergumam dalam hati: Pantas saja perguruan tinggi negeri terbesar di Provinsi Lampung ini dijuluki kampus hijau, sebab di kampus ini banyak berdiri pohon besar sehingga membuat kesan sejuk bagi siapa pun yang berkunjung ke sana.

Ya, kedatangan Radar ke Unila itu untuk menemui Fadlan Satria. Dia adalah mahasiswa Jurusan Agribisnis FP Unila angkatan 2011. Informasi yang diterima Radar, Fadlan adalah peraih juara kedua pada ajang 10th Causeway Scrabble Challenge 2013 di Zon Regency Hotel, Johor Bahru, Malaysia.

Pada kompetisi tersebut, ia bertarung dengan perwakilan 24 negara. Di antaranya Inggris, Amerika Serikat, Nigeria, Australia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Kejuaraan itu digelar selama lima hari sebanyak 45 round. Ia juga memenangi beberapa perlombaan di ajang provinsi dan nasional. Atas prestasinya itulah, Fadlan terpilih mewakili Indonesia di Piala Dunia Scrabble.

Karena sebelumnya sudah berkomunikasi melalui telepon seluler, Radar tidak kesulitan untuk menemuinya di gedung Jurusan Agribisnis FP Unila.

’’Saya Fadlan, Mbak,” ujar Fadlan seraya mengulurkan tangan mengajak berjabatan saat bertemu Radar. Selanjutnya, ia mengajak Radar duduk di salah satu kursi yang ada di gedung tersebut.

Karena sudah mengetahui maksud kedatangan Radar, Fadlan lantas menceritakan keluh-kesahnya yang kesulitan biaya untuk mengikuti Piala Dunia Scrabble. Kala itu, terlihat jelas dari raut wajahnya rasa gelisah dan khawatir dirinya tak bisa mengikuti ajang tersebut.

Fadlan mengatakan, Piala Dunia Scrabble adalah kejuaraan scrabble terbesar di dunia yang digelar dua tahun sekali. Pada 2009, ajang yang hampir diikuti seluruh perwakilan negara di dunia itu digelar di Mumbai, India. Kemudian 2011 di Polandia dan tahun ini di Republik Ceko.

Fadlan mengaku berbagai upaya sudah dilakukannya untuk bisa berangkat menjadi duta negara pada ajang tersebut, tetapi belum ada satu pun yang membuahkan hasil.

’’Saya sudah mengirimkan proposal bantuan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lalu Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pariwisata, namun belum ada respons,” keluhnya.

Dia juga mengaku sudah mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung dan Bandarlampung, tetapi hasilnya juga nihil. ’’Disdik provinsi maupun kota bilang tak ada dana. Saya juga sudah berupaya menemui Pak Sjachroedin Z.P. (gubernur Lampung) dan Pak Herman H.N. (wali kota Bandarlampung), tetapi sampai sekarang belum bisa ketemu,” keluhnya lagi.

Saat ini, yang bisa dilakukannya adalah berusaha mengumpulkan uang dengan berjualan alat-alat perlengkapan scrabble mulai kamus, alat, kaus, pin dan lainnya.

’’Saya juga terus menabung dari honor mengajar scrabble pada 30 sekolah di kota ini dan mengumpulkan hadiah dari perlombaan scrabble yang saya ikuti. Tetapi, saya pesimistis bisa memenuhi biaya yang saya butuhkan untuk berangkat ke Republik Ceko,” kata dia.

Sebab, minimal ia harus memiliki uang Rp25 juta sebagai biaya akomodasi dan transportasi pergi ke Republik Ceko. ’’Sementara dana yang saya punya saat ini baru 20 persen dari jumlah itu. Dana yang ada saat ini juga bakal habis untuk membuat visa,” tuturnya.

Kendati disibukkan mencari biaya, Fadlan mengaku tetap menyisihkan waktu untuk mempersiapkan diri mengikuti Piala Dunia Scrabble. Seperti berlatih memperbanyak kosakata, bermain scrabble online, dan bentuk latihan lainnya.

’’Saat ini, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bertarung di Piala Dunia Scrabble. Tetapi, saya pribadi sebagai wakil Indonesia di ajang tersebut hanyalah seorang mahasiswa yang masih memerlukan dukungan moral maupun bantuan dana. Karena itu, saya sangat berharap bantuan dari berbagai pihak,” pungkasnya. (p5/c1/whk)
ini buat alamat facebooknya gan bisa diliat poto2 waktu dia d prague https://www.facebook.com/photo.php?f...type=3&theater
ane kasih satu

ya gw si berharap kepada pemerintah ya komunitas yg sepertiini ya harus di perhatikan soalnya kami juga bisa mengharumkan nama bangsa kok gan emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

sorry kalo kasar maklum post pertama gan emoticon-Sorry emoticon-Blue Repost

Diubah oleh scrabbleman 09-02-2014 09:05
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
5.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan