Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aldiwweAvatar border
TS
aldiwwe
Lima Hal Wajib Tahu di Hari Pertama Kerja
Halo agan2 semua! Ane mau share artikel yang ane ambil dari blog ane sendiri emoticon-Malu (S)
Spesial nih buat agan2 yang fresh graduate dan baru masuk dunia kerja

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------



Hari pertama kerja biasanya identik sama kebingungan – dari awal dateng bingung meja kerja dimana, bingung ini siapa itu siapa, dan yang paling mematikan adalah bingung mau ngapain emoticon-Cape d... (S). Sungguh pelik. Hal ini kayanya wajar buat karyawan baru, apalagi fresh graduates yang baru masuk dunia kerja; seperti yang saya alamin di hari pertama, tepat dua tahun lalu di 6 Februari 2012.Well, lain halnya sih kalo hari pertama langsung masuk program pengenalan. Kalo ngga? Nah lho. Bingung kan. Tapi setelah dipikir-pikir sebenernya ngga bingung kok, kita bisa mulai mengenal beberapa hal -yang menurut saya- mesti kita tahu di hari pertama kerjaemoticon-Cool

1. TAHU PERUSAHAANNYA
Apa kata dunia kalau kamu ngga tau perusahaan tempat kamu kerja gerak di bidang apa. Lebih-lebih kalo ngga tau nama perusahaannya emoticon-Ngakak. Di hari pertama kamu bisa baca website perusahaan dan buku pengenalan kalo ada, atau bisa juga tanya langsung ke karyawannya – sekalian kenalan dan ngobrol. Kamu bisa mulai kepo-in visi misinya, bisnisnya, organisasinya, pesaingnya, dsb. Ngga usah berlebihan – sekilas aja. Saat kebanyakan karyawan baru di hari pertama belum tahu apa-apa, kamu anti-mainstream dengan udah tahu tentang perusahaan.

2. TAHU ORANG DAN BUDAYANYA
Kamu bisa mulai kenalan sama orang-orang di kantor. Namanya karyawan baru sewajarnya kamu yang inisiatif kenalan emoticon-Shakehand2 Biasanya kenalan sama banyak orang dalam tempo sesingkat-singkatnya ujung-ujungnya lupa nama juga sih; tapi minimal kamu inget yang se-departemen sama kamu d̶a̶n̶ ̶y̶a̶n̶g̶ ̶c̶a̶n̶t̶i̶k̶ ̶(̶b̶u̶a̶t̶ ̶n̶e̶m̶e̶n̶i̶n̶ ̶m̶a̶k̶a̶n̶ ̶s̶i̶a̶n̶g̶)̶. Ngga kalah penting, kamu mesti kenal budayanya juga. Dulu hari pertama masuk saya pakai setelan rapi klimis bak karyawan bank… dan mulai sadar salah dresscode setelah liat sang direktur pake jeans. Jadi, kenali budayanya: mulai dari cara berpakaian, jam masuk/pulang informal, dsb.

3. TAHU BOSNYA
Di poin sebelumnya kita udah kenalan sama orang-orang secara menyeluruh, sekarang kita mengerucut ke satu orang: the boss alias atasan alias N+1 emoticon-Takut. Gimana pun juga, pasti kamu bakal banyak interaksi sama bos di kantor. Makanya mesti kenal dulu biar bisa nge-klik. Nah, biar kenal, kamu bisa mulai ngobrol sama bos mulai dari topik serius tentang kerjaan di kantor sampai topik santai, misalnya apa tempat makan favorit dia di deket kantor, a̶p̶a̶ ̶d̶i̶a̶ ̶l̶e̶b̶i̶h̶ ̶s̶u̶k̶a̶ ̶E̶d̶w̶a̶r̶d̶ ̶a̶t̶a̶u̶ ̶J̶a̶c̶o̶b̶, dsb. Jangan lupa juga nanya ke temen se-departemen tentang bos kamu – pasti kamu bisa gali info lebih banyak.

4. TAHU PEKERJAAN DAN JALUR KERJANYA
Hari pertama memang wajar bingung mau ngapain; tapi ngga berarti secara kontinu bingung di depan meja sambil menatap layar komputer berhari-hari kan? Baiknya dari hari pertama kamu udah tahu jobdesc – bisa tanya HR atau langsung ke bos kamu. Setelah tahu apa yang kamu bakal lakuin di posisi sekarang, cari tahu juga posisi yang bisa kamu tempatin di masa mendatang. Dengan tahu jalur kerja, kamu bakal lebih semangat kerja biar cepet promosi. Kalau ngga ada jalur kerja? Wah, lebih baik kamu pikir-pikir lagi sebelum stagnan di posisi yang sama emoticon-Bingung (S).

(nb: “jalur kerja” disini bisa kamu ganti jadi “jalur karir” – mungkin lebih familiar. Setelah baca [URL="http://www.S E N S O R/book/show/7906940-your-job-is-not-your-career"]buku Rene Suhardono yang ini[/URL] saya ngga tega mengatasnamakan jalur karir emoticon-Stick Out Tongue)

5. TAHU KEBIJAKANNYA
Kebijakan alias policy perusahaan memang ngga bisa satu hari langsung hapal di luar kepala - kecuali IQ kamu supertinggi. Seengganya kamu udah megang buku PKB (perjanjian kerja bersama) dan tahu dimana bisa nge-akses kebijakan umum perusahaan. Dengan ini kamu bisa tahu benefit, perks, sampai ke peraturan perusahaan. Jangan sampai suatu hari kamu kena SP, misalnya, karena ngga tahu kalo di PKB tercantum n̶y̶a̶n̶y̶i̶ ̶l̶a̶g̶u̶ ̶M̶i̶l̶e̶y̶ ̶C̶y̶r̶u̶s̶ ̶d̶i̶ ̶k̶a̶n̶t̶o̶r̶ merokok di lingkungan kantor itu pelanggaran berat.

That’s it! Kalo kamu bisa tahu kelima hal di atas di hari pertama berarti kamu… keren emoticon-Cool Oke. Sebenernya saya bingung apa manfaatnya kalo kamu baca dan praktekkin tulisan ini. Intinya biar kamu bisa menyingkirkan bingung dan memberantas gabut di hari pertama kerja dengan hal yang positif. Semoga bermanfaat buat agan2 semua.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jangan lupa di-rate ya gan kalo bermanfaat emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh aldiwwe 06-02-2014 12:30
0
2.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan