antigretonganAvatar border
TS
antigretongan
[Butuh Dana Segar] MUI Wajibkan Restoran di Batam Bersertifikat Halal
ASATUNEWS - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Riau mewajibkan seluruh restoran atau rumah makan di Kota Batam yang bakal menjadi tuan rumah MTQ Nasional 2014 segera mengurus sertifikasi halal.

"Sertifikasi halal wajib. Kami minta mereka (rumah makan) segera mengurusnya sebelum penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional pertengahan tahun nanti," kata Ketua MUI Kepri, Tengku Azhari Abbas di Batam, Minggu (2/2).

Ia mengatakan, saat ini restoran, rumah makan yang ada di hotel, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat lain di Batam baru sebagian kecil yang mengurus sertifikasi halal dari MUI.

"Yang di hotel jumlahnya sudah lebih banyak dibanding rumah makan di tempat lain. Namun secara keseluruhan jumlah yang belum dilengkapi sertifikasi masih jauh lebih banyak," kata dia.

Ia mengatakan, saat penyelenggaraan MTQ Nasional pada Juni 2014 seluruh hotel di Batam akan penuh dengan kaum muslimin baik peserta atau rombongan lain.

"Kami akan memberikan sangsi berupa publikasi kepada masyarakat pada tempat-tempat yang belum bersertifikasi. Agar umat Islam tidak salah pilih tempat makan," kata Azhari.

Sertifikasi halal, kata dia, bukan hanya wajib bagi rumah makan milik masyarakat Muslim. Namun juga bagi seluruh rumah makan termasuk milik masyarakat nonmuslim.

"Bagi restoran yang dimiliki nonmuslim juga harus mengurus sertifikasi karena pelanggannya bukan hanya masyarakat nonmuslim saja. Jadi juga memiliki sertifikasi halal," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Nasional Soerya Respationo mengatakan seluruh kegiatan tersebut diperkirakan memakan anggaran Rp90 miliar.

Dana itu, kata Soerya, digunakan mulai dari pembangunan infrastruktur hingga pelaksanaan acara.

Soerya yang juga Wakil Gubernur Kepulauan Riau itu mengatakan pemerintah provinsi dan Kota Batam terus mempercepat persiapan MTQ Nasional 2014 seperti pembangunan "astaka" dan perluasan jalan di sekitar Dataran Engku Putri, tempat pelaksanaan MTQ.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga membenahi belasan ruas jalan di Kota Batam, menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2014 untuk memperlancar acara nasional itu. | ANT/MAY

Sumber: http://www.asatunews.com/berita-1938...kat-halal.html

Kalau dulu hanya sekedar dihimbau untuk mengurus, sekarang sudah WAJIB emoticon-Cape d... (S)
Rumah makan Non-Muslim juga ikut kena getahnya emoticon-Big Grin

Ancamannya sangsi nya juga ngga main2:
"Kami akan memberikan sangsi berupa publikasi kepada masyarakat pada tempat-tempat yang belum bersertifikasi. Agar umat Islam tidak salah pilih tempat makan," kata Azhari."
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Padahal alangkah baiknya jika yg dipublikasikan adalah yg sudah bersertifikat emoticon-Big Grin

Diubah oleh antigretongan 03-02-2014 08:20
0
2.9K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan